Akar Bajakah Asli Kalimantan – Selain obat-obatan konvensional atau obat medis resep dokter, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kesembuhan dan tubuh yang senantiasa sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan, vitamin atau suplemen berbahan dasar herbal. Di tengah keberagaman jenis tanaman herbal, akar kayu Bajakah asli Kalimantan menjadi salah satu pilihan.

Seiring berjalannya waktu, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memfasilitasi manusia untuk terus mencari penemuan baru yang berguna bagi sesama. Seperti dalam bidang ekonomi, sosial, maupun kesehatan.

Berkembangnya zaman juga ditandai dengan perkembangan gaya hidup yang bermacam-macam. Namun, tidak semua gaya hidup membawa kebaikan. Ada juga gaya hidup yang memberi dampak buruk bagi kesehatan manusia dengan mendatangkan berbagai penyakit berbahaya sebagai efek sampingnya. Untuk itu, akar kayu tanaman Bajakah asli Kalimantan menjadi penemuan terbaru yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang kesehatan.

Obat Herbal untuk Masyarakat Indonesia

Obat dengan berbahan tumbuhan berkhasiat atau obat herbal sudah sangat erat penggunaannya dengan masyarakat Indonesia sejak zaman Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya ukiran pada Candi Borobudur yang mengemukakan bagaimana masyarakat di zaman itu meracik dan menggunakan obat herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit.

Obat herbal juga erat kaitannya dengan kerajaan-kerajaan di Indonesia, salah satunya kerajaan di Jawa Tengah. Ditemukan banyak buku yang berisi resep ramuan herbal atau jamu yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Para raja dan keturunan bangsawan juga menggunakan obat herbal dalam menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Hal ini terus berlanjut hingga zaman modern, yakni seperti saat ini.

Di pasaran, kita masih dengan mudah menemukan obat herbal yang diracik dan dikemas dalam berbagai kemasan yang lebih modern dan lebih mudah dikonsumsi seperti teh dan madu uhat bajakah. BPOM RI juga telah menetapkan tiga jenis obat tradisional yang aman dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, seperti fitofarmaka, jamu, serta obat herbal terstandar.

Contoh dari obat herbal yang masih dikonsumsi oleh masyarakat hingga saat ini adalah Tolak Angin dan Antangin sebagai obat and suplemen yang meredakan masuk angin hingga pegal linu, dan Dulcolax yang dipercaya sebagai obat penyembuh diare. Bentuk dan pengemasan obat herbal yang lebih modern ini juga membantu masyarakat lebih mengenal obat herbal sebagai salah satu budaya asli Indonesia. Dengan begitu, generasi yang akan datang dapat terus mengonsumsi dan menikmati khasiat dari tanaman herbal asli Indonesia untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Apa Itu Tanaman Bajakah?

Tanaman Bajakah adalah tanaman asli Kalimantan yang dapat dimanfaatkan bagian-bagian tanamannya, seperti akar dan kayu. Bajakah sudah lama dimanfaatkan sebagai obat kanker oleh nenek moyang dan masyarakat suku Dayak secara turun-temurun.

Tanaman ini umumnya tumbuh pada lahan gambut di pedalaman Kalimantan. Bentuknya memiliki batang bersulur dan berukuran cukup besar. Bajakah tumbuh dengan merambat pada permukaan atau tanaman lain dan mempunyai batang berukuran besar dan kuat.

Lebih lanjut, tanaman Bajakah dapat merambat pada ketinggian lima meter hingga mencapai puncak pohon lain yang menjadi media rambatan. Karena hidup dan tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan, Bajakah hanya dapat hidup pada lokasi rimbun yang minim sinar matahari.

Tanaman Bajakah terbilang susah untuk dibudidayakan lebih lanjut karena beberapa hal. Pertama, tanaman ini hanya bisa tumbuh dengan iklim dan habitan hutan hujan seperti di kawasan asalnya, yakni Kalimantan.

Kedua, tanaman dengan beragam manfaat dan khasiat ini kemungkinan besar tidak dapat dibudidayakan karena kandungan dalam tanaman akan berbeda hasilnya dengan Bajakah yang tumbuh dan hidup di habitat asli. Hal ini dikarenakan oleh struktur dan zat hara yang berbeda antara habitat asli dengan habitat buatan dalam proses budidaya.

Meski mempunyai beragam manfaat, ternyata tanaman Bajakah tumbuh dalam jumlah yang terbatas. Hal ini berbeda dengan tanaman herbal lainnya yang dapat dibudidayakan sendiri oleh masyarakat dan memiliki jumlah yang terus meningkat asalkan dikelola dengan baik dan benar.

Dengan keterbatasan yang ada, masyarakat setempat cukup waswas dengan kemungkinan tanaman Bajakah akan semakin langka akibat eksploitasi berlebihan dari para pencari obat. Dari serangkaian uji laboratorium, ditemukan bahwa tanaman Bajakah memiliki kandungan 40 zat penyembuh kanker. Misalnya sperti fenolik, steroid, alkonoid, tannin, saponin, serta terpenoid.

Kepopuleran Tanaman Bajakah dan Khasiatnya

Tanaman Bajakah mulai dilirik sebagai obat herbal setelah munculnya penelitian Bajakah sebagai obat kanker. Penelitian ini dilakukan oleh tiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dengan membawa tanaman asli wilayah, ketiganya berhasil menyabet juara dunia.

Anggina Rafitri, Aysa Aurealya Maharani dan Yazid berhasil menemukan obat kanker dengan bahan tunggal sebagai bahan utama, yakni tanaman Bajakah. Berawal dari informasi Yazid mengenai tumbuhan asli wilayah mereka yang dapat menyembuhkan kanker, maka penelitian berjalan dibawah bimbingan Helita selaku guru Biologi.

Setelah berhasil memenangi Youth National Science Fair 2019 atau YNSF yang dihelat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, ketiganya meyakinkan diri mengikuti perlombaan tingkat internasional, yakni World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan. Meski awalnya merasa tidak yakin, pada akhirnya, ketiga siswa SMA tersebut berhasil memenangi perlombaan dengan membawa medali emas dan mengalahkan saingan dari 22 negara yang turut menjadi peserta lomba pada saat itu.

Apa Saja Manfaat Akar Kayu Bajakah Asli Kalimantan?

Selain sebagai obat penyembuh kanker, akar kayu Bajakah asli Kalimantan juga memiliki khasiat lainnya yang baik bagi tubuh manusia. Apa saja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

a. Antioksidan

Manfaat pertama yakni akar kayu Bajakah asli Kalimantan sebagai sumber antioksidan.

Yang dimaksud dengan antioksidan yakni suatu senyawa yang memiliki kegunaan untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. Terlebih mereka yang diakibatkan paparan radikal bebas. Senyawa antikoksidan dalam tanaman Bajakah cukup bervariasi. Yakni tannin, alkaloid, terpenoid, fenolik dan saponin.

b. Memiliki Sifat Antibakteri

Selain sebagai antioksidan, tanaman Bajakah juga bersifat sebagai antibakteri Hal ini berdasar pada penelitian yang dilakukan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Dari penelitian yang ada ditemukan bahwa tanaman Bajakah memiliki saponin, tannin dan flavonoid yang dapat berfungsi mencegah dan menghancurkan berbagai jenis bakteri yang akan masuk dalam tubuh mansuia. Dengan begitu, tanaman Bajakah juga memiliki kemungkinan sebagai penyembuh infeksi.

c. Meningkatkan Imunitas

Di masa pandemi seperti sekarang ini, memiliki imunitas yang tinggi menjadi salah satu cara menghalau virus COVID-19 untuk masuk ke dalam tubuh. Ternyata, akar kayu tanaman Bajakah dapat digunakan sebagai peningkat imunitas, loh.

Selain untuk menjaga diri dari wabah, konsumsi Bajakah dapat menghindarkan kita dari penyakit autoimun. Jenis penyakit ini sangat berbahaya karena imun dalam tubuh manusia berbalik menyerang dan melumpuhkan kinerja organ dalam tubuh.

d. Penyembuh Luka

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanaman Bajakah mengandung senyawa yang dipergunakan sebagai antibakteri. Suku asli Kalimantan, yakni suku Dayak, memanfaatkan akar kayu Bajakah asli Kalimantan ini sebagai penyembuh luka yang dapat menghentikan pendarahan pada kulit manusia. Dengan senyawa yang bersifat angiogenesis – yakni tannin, fenolik serta flavonoid, tanaman Bajakah bisa memicu pembentukan pembuluh darah baru agar luka dapat segera sembuh.

e. Meringankan Pegal

Manfaat kelima yakni akar kayu Bajakah asli Kalimantan sebagai pereda rasa pegal. Air rebusan kayu Bajakah dipercaya sebagai ramuan pereda pegal bagi masyarakat Kalimantan. Dengan begitu, kita dapat mengurangi konsumsi obat-obatan dan berganti ke ekstrak Bajakah untuk meringankan rasa pegal pada tubuh.

f. Mencegah Penuaan Dini dan Menghaluskan Kulit

Untuk manfaat yang satu ini, tanaman Bajakah bisa jadi menjadi favorit para wanita. Dengan kandungan senyawa fitokimia serta antioksidan yang tinggi, akar kayu Bajakah asli Kalimantan dapat membawa efek baik bagi kesehatan kulit kita. Senyawa fitokimia dan antioksidan yang tinggi dalam Bajakah mampu memicu produksi kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi kolagen yang terbentuk, maka semakin tinggi pula tingkat pencegahan penuaan dini dan membuat kulit semakin halus.

g. Obat Disentri

Manfaat lain dari Bajakah yakni sebagai obat penyakit disentri. Masyarakat Kalimantan juga memanfaatkan kayu Bajakah sebagai penyembuh penyakit disentri. Yang dimaksud dengan disentri adalah adanya peradangan pada usus dengan disertai diare berdarah. Kandungan antibakteri yang tinggi pada tanaman Bajakah mampu membantu menyembuhkan penyakit disentri.

h. Obat Kanker dan Tumor

Manfaat yang terakhir ini merupakan manfaat yang paling dicari oleh masyarakat dari tanaman Bajakah, yakni sebagai obat penyembuh kanker dan tumor yang dapat membahayakan nyawa manusia. Senyawa fitokimia dan antioksidan dalam Bajakah dapat membantu melawan sel-sel kanker dan tumor. Hal ini pula yang telah dibuktikan oleh ketiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya yang membuat mereka berhasil menyabet medali emas dalam perlombaan tingkat dunia.

Fakta-Fakta Akar Kayu Bajakah Asli Kalimantan, Apa Saja?

Selain manfaat-manfaat yang telah dijelaskan di atas, ternyata ada beberapa fakta lain seputar tanaman Bajakah yang perlu kalian ketahui. Apa saja?

1. Dianggap Tanaman Mistis

Fakta pertama yakni akar kayu Bajakah asli Kalimantan yang banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis atau supranatural.

Sebelum dibeberkan khasiat asli dari tanaman Bajakah oleh ketiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya, tanaman ini seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis oleh masyarakat setempat. Tanaman Bajakah sendiri sudah lama digunakan oleh masyarakat suku Dayak sebagai tanaman obat kanker secara turun-temurun.

Kini, tanaman Bajakah lebih dikenal sebagai tanaman banyak manfaat dibandingkan dengan tanaman mistis.

2. Rahasia Jenis Tanaman Bajakah yang Dijadikan Obat Kanker

Meski telah dijadikan sebagai tanaman obat, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa tanaman Bajakah memiliki beberapa jenis dalam habitat asalnya.

Dilansir dari cermati.com, terdapat tiga jenis tanaman bajakah yang ditetapkan secara resmi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Antara lain:

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis tanaman ini memiliki akar yang kaya akan senyawa tannin, saponin, fenolik serta flavonoid. Dimana senyawa-senyawa tersebut mampu memicu pertumbuhan kolagen dengan cepat serta mempercepat pembentukan epitel baru.

Jenis Bajakah Tampala erat kaitannya dengan kegunaan untuk menyembuhkan luka dan obat dari banyak penyakit lainnya.

Bajakah Lamei

Jenis tanaman Bajakah ini tumbuh di dalam hutan tropis lembab, di kawasan Kalimantan. Tanaman ini memiliki batang yang dapat menyimpan cadangan air, dan tentunya, air tersebut bisa diminum oleh manusia.

Tanaman Bajakah Lamei memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu penyembuhan penyakit diare pada manusia.

Bajakah Kalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Jenis ketiga dari tanaman Bajakah ini memiliki kandungan antibakteri dan phenol dalam akar dan kayunya. Serta ekstrak dari Bajakah Kalawit memiliki kandungan katekin yang tinggi. Dimana senyawa tersebut dipercaya dapat menghalau penyakit jantung, obesitas atau kelebihan berat badan, serta memicu pertumbuhan kolagen.

Lebih lanjut, senyawa katekin ini juga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung atau melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, yakni bisa menyebabkan penyakit kanker kulit.

Bagaimana Cara Mengolah Tanaman Bajakah menjadi Obat?

Dengan tingkat popularitas yang semakin meningkat, tanaman Bajakah semakin diburu untuk dijadikan obat herbal dari berbagai macam penyakit. Hal ini pula yang membuat harga dari akar kayu Bajakah asli Kalimantan semakin menjulang tinggi.

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman Bajakah sebagai obat melalui beberapa proses di bawah ini. Antara lain:

1. Jemur akar Bajakah di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

2. Potong-potong akar Bajakah yang sudah kering menjadi bentuk yang lebih kecil agar mudah dikonsumsi.

3. Lalu, haluskan akar Bajakah kering menggunakan blender atau mesin penghalus. Bisa juga dengan menumbuknya hingga halus.

4. Kemudian, seduh bubuk akar Bajakah ini dengan takaran 1 gram dalam 500 ml air.

5. Cara lainnya, Anda juga bisa merebus bubuk tersebut dalam larutan air selama 30 menit. Larutan ini dapat disimpan dan dikonsumsi setiap hari.

Air rebusan dari tanaman Bajakah memiliki warna yang mirip dengan teh pada umumnya. Larutan tanaman Bajakah tidak memiliki rasa atau hambar. Maka dari itu, memerlukan tambahan rasa untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman hambar.

Mengolah akar kayu Bajakah sendiri sebenarnya gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan harga akar kayu yang akan terus meningkat. Semakin jauh jarak Anda dari asal tanaman, maka semakin mahal harga yang didapatkan.

Maka dari itu, Uhat Bajakah hadir untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dengan produk berbahan dasar akar kayu Bajakah asli Kalimantan.

Apa Saja Produk Uhat Bajakah?

Sesuai dengan namanya, Uhat Bajakah menyediakan produk berbahan dasar tanaman Bajakah dengan berbagai khasiat dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Ada dua jenis produk yang dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Yakni teh dan madu Bajakah. Kedua produk tersebut memiliki khasiat yang sama besar dan baiknya bagi tubuh kita.

Dengan bentuk teh dan madu, Anda dapat mengonsumsi Bajakah tanpa dihantui rasa pahit atau hambar. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda dapat menyeduh teh dan menambahkan sedikit perasa seperti gula atau madu.

Untuk madu Bajakah, Anda dapat meminum langsung satu sendok setiap harinya atau diseduh dengan air hangat terlebih dahulu. Sangat mudah, kan?

Semua produk Uhat Bajakah dapat dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia dengan ketahanan produk yang terjamin. Teh dan madu dari Uhat Bajakah sudah mendapat sertifikat uji laboratorium serta uji dari LIPI Indonesia. Sehingga kualitas dan manfaatnya sudah terjamin aman bagi kesehatan.

Info lebih lanjut mengenai produk Uhat Bajakah bisa Anda dapatkan dari tautan berikut.