Obat herbal kini tersedia dengan banyak varian, terutama dalam kemasan madu. Hal ini karena madu sendiri juga obat alami yang sudah dimanfaatkan secara turun-temurun. Namun, tak jarang madu akan ditambah dengan campuran ekstrak tanaman herbal lain. Seperti Madu Bajakah demi mendapat manfaat yang maksimal.

Madu Bajakah adalah madu herbal yang mendapat ekstrak kayu bajakah. Di mana kayu ini banyak mengandung antioksidan dan antibakteri. Dua kandungan zat yang sangat berpengaruh untuk kesehatan.

Kayu bajakah yang berasal dari pedalaman hutan Kalimantan ini sudah terkenal khasiatnya. Bahkan sudah digunakan secara turun-temurun oleh suku Dayak sebagai pengobatan. Karena banyak manfaatnya, kayu bajakah juga sempat disebut sebagai tanaman mistis.

Hingga pada tahun 2019 kemarin, ketika 3 siswa dari SMAN 2 Palangkaraya mengadakan proyek penelitian kayu bajakah. Lalu mereka menemukan senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk pengobatan kanker dan memenangkan olimpiade di Korea Selatan. Pandangan mistis pada kayu bajakah pun hilang.

Kini banyak orang yang memburu khasiat dari kayu yang satu ini. Bahkan banyak juga produk-produk olahan kayu bajakah. Salah satunya Uhat Bajakah yang memiliki dua produk olahan dari kayu bajakah dalam bentuk teh dan madu.

Lalu apa yang membedakan Madu Bajakah dengan madu biasa atau produk lain? Supaya Anda lebih paham, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dalam Madu Bajakah

Tercipta dari kayu bajakah, tentu membuat Madu Bajakah berbeda dengan madu biasa. Madu biasa mengandung vitamin, mineral, fruktosa, enzim polifenol dan flavonoid.

Sementara Madu Bajakah memiliki kandungan nutrisi flavonoid, tannin, serta saponin. Yang mana memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Supaya lebih jelas lagi, Anda perlu menyimak fungsi dari ketiga zat di atas.

Flavonoid

Sebenarnya flavonoid adalah senyawa yang serupa dengan antioksidan. Berfungsi sebagai zat yang membantu tubuh untuk melawan molekul yang berbahaya. Menemukan senyawa ini tak susah, karena flavonoid banyak ditemukan dalam buah-buahan dan tumbuhan.

Flavonoid juga bisa dikatakan sebagai pemasok antioksidan bagi tubuh. Meskipun tubuh bisa menghasilkan antioksidan sendiri. Mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid masih sangat dianjurkan. Terlebih untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan diabetes.

Menurut beberapa studi, konsumsi flavonoid dengan kadar tinggi bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan bagi penderita diabetes, flavonoid berguna meringankan hubungan makanan pemicu diabetes tipe 2

Bahkan menurut lansiran dari Healthline, dalam Journal of Translational Medicine, mengonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi menurunkan risiko kardiovaskular. Selain itu, efek antioksidan dan anti-inflamasi pada flavonoid juga membantu menghambat tumbuh kembang sel kanker.

Tannin

Dalam Madu Bajakah, juga mengandung tannin. Zat ini termasuk ke dalam senyawa polifenol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya senyawa ini di temukan dalam tanaman. Contohnya saja teh, anggur, kopi, dan coklat, dan kayu bajakah.

Di dalam tanaman, tannin memiliki fungsi untuk pertahanan alami dari hama. Serta memberikan rasa pada tanaman. Sementara fungsinya bagi tubuh, tannin dapat mempercepat pembekuan darah. Juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar lipid serum, menyebabkan nekrosis hati, dan memodulasi respons imun.

Agar mendapat manfaat tersebut, Anda perlu memerhatikan jenis tannin serta dosisnya. Karena terlalu banyak tannin juga tak baik. Bisa mengiritasi perut sehingga menyebabkan rasa mual. Pun bisa mengganggu penyerapan zat besi.

Saponin

Saponin atau juga disebut glikosida triterpen, merupakan zat kimia pada tanaman yang memiliki rasa pahit. Nama saponin diambil dari kemampuannya yang berbusa bila dilarutkan dalam air. Senyawa ini banyak terdapat dalam kacang dan polong-polongan.

Senyawa saponin sangat menarik para peneliti, karena sifatnya yang beragam. Dari yang bermanfaat untuk tubuh manusia, juga efek sampingnya. Manfaat bagi kesehatan, saponin dapat menurunkan risiko kanker dan respons glukosa. Konsumsi saponin juga dapat menghambat karies gigi dan agregasi trombosit. Serta mampu menjadi obat untuk keracunan timbal akut.

Meski begitu, penggunaan secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping. Salah satunya diare. Bahkan bila sampai dosis yang berlebihan bisa mengakibatkan sakit lambung dan kerusakan hati.

Setelah tahu kandungan utama yang terdapat dalam Madu Bajakah. Anda juga perlu tahu khasiat dari Madu Bajakah. Oleh karena itu, mari simak beberapa manfaat dari Madu Bajakah di bawah ini.

Manfaat Madu Bajakah untuk Kesehatan

Dengan kandungan utama seperti flavonoid, tannin, dan saponin Madu Bajakah tentu memiliki banyak manfaat. Bukan hanya sekedar madu yang memberikan kebutuhan nutrisi dan pengganti gula. Namun, menjadi obat herbal dengan khasiat yang tinggi untuk kesehatan.

Nah, hanya untuk Anda, kami telah merangkum beberapa manfaat pengobatan yang dapat disembuhkan dengan Madu Bajakah.

1. Mengobati maag

Maag adalah penyakit yang menyerang lambung, membuat perut terasa panas dan nyeri. Penyebab dari penyakit ini beragam, mulai dari pola hidup yang salah. Juga bisa akibat dari makan dengan cara yang serampangan.

Penyakit maag sebenarnya umum terjadi, tetapi bila sudah parah juga berbahaya. Sebab bisa menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, agar tak semakin parah Anda perlu menjaga pola makan. Juga mengatur apa saja yang akan masuk dan diolah lambung. Hal ini tak lebih demi menjaga dinding lambung Anda tak semakin luka.

Banyak makanan yang bisa meringankan gejala maag. Salah satu contohnya buah-buahan yang tak terlalu masam. Seperti apel, pir, melon, dan semangka. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi obat herbal seperti Madu Bajakah. Karena di dalam Madu Bajakah terdapat antibakteri yang mampu mempercepat pemulihan luka lambung.

2. Menjadi obat herbal amandel

Amandel sebenarnya kelenjar kecil yang ada dalam tenggorokan. Organ ini memiliki fungsi untuk mencegah infeksi, terutama pada masa kanak-kanak. Namun, seiring bertambahnya usia, kelenjar amandel akan menyusut. Hal ini karena perannya akan tergantikan.

Namun, jika kelenjar amandel terkena virus atau infeksi, maka akan menimbulkan peradangan. Umumnya hal ini terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, tak jarang orang dewasa juga bisa mengalami infeksi.

Pengobatan amandel dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bila tak begitu parah, selain operasi cukup dengan mengonsumsi obat dari dokter. Bisa juga dengan meminum seteguk Madu Bajakah.

Dengan kandungan kayu bajakah yang memiliki kandungan antibakteri; flavonoid, tannin, dan saponin. Tentu senyawa tersebut akan membantu tubuh untuk melawan infeksi yang berada di kelenjar amandel.

3. Mengurangi penumpukan asam urat

Asam urat terjadi akibat penumpukan zat asam urat dalam tubuh. Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin. Yang mana purin ini merupakan zat yang biasa terkandung dalam daging, kacang-kacangan, dan seafood.

Selain dari makanan, purin juga dihasilkan dari dalam tubuh. Sebagai zat dari sel yang rusak. Baik yang rusak dengan kondisi alami tubuh atau rusak akibat penyakit lain.

Sehingga bila purin menumpuk, berarti kadar asam urat dalam tubuh juga menumpuk. Bila asam urat tak bisa dikeluarkan oleh tubuh, maka akan terjadi penumpukan di dalam pembuluh darah atau persendian.

Tumpukan asam urat di persendian inilah yang menyebabkan rasa nyeri. Pengobatan untuk asam urat selain konsumsi obat, juga perlu mengontrol pola makan. Dengan menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung purin seperti daging dan makanan laut lainnya.

Sementara manfaat Madu Bajakah untuk asam urat, hal ini karena adanya kandungan flavonoid. Zat ini mampu mengurangi sel rusak akibat dari radikal bebas. Sehingga bisa mengurangi kadar purin dalam tubuh.

4. Mengatasi masalah batu ginjal

Batu ginjal, penyakit yang satu ini bisa disebut sebagai tingkatan dari asam urat. Bila asam urat terus menumpuk dalam tubuh, selain di sendi dan pembuluh darah, asam urat juga akan mengendap dalam ginjal. Yang mana mengakibatkan batu ginjal.

Selain dari tumpukan asam urat, beberapa zat yang bisa menumpuk di ginjal yakni kalsium dan asam oksalat. Sementara untuk pengobatan secara alami bisa dengan memperbanyak konsumsi air. Juga dengan memakan makanan yang kaya akan antioksidan dan polifenol seperti Madu Bajakah. Yang mana zat-zat tersebut memiliki efek baik terhadap kinerja ginjal.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit yang juga dikenal dengan nama tekanan darah tinggi ini menjadi pembunuh dalam senyap. Karena tak ada gejala yang muncul, tetapi bila sudah muncul biasanya sudah tahap parah.

Cara mengobati hipertensi secara alami selalu dengan menghindari natrium dan stres. Selain itu, juga menjaga pola makan. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging sapi. Serta memperbanyak makanan yang mengandung antioksidan.

Konsumsi Madu Bajakah juga mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena senyawa tannin dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

6. Madu Bajakah juga berfungsi sebagai obat tumor dan kanker

Tumor dan kanker adalah dua penyakit yang sebenarnya berbeda. Tumor sendiri adalah benjolan yang tumbuh seenaknya dalam tubuh. Yang mana tumor ini memiliki dua jenis, yaitu jinak dan ganas. Sementara kanker adalah tumor ganas yang menyebar ke tubuh dengan sangat cepat. Sehingga sangat membuat penderita was-was.

Ada beberapa penanganan yang akan dilakukan oleh dokter saat tahu Anda memiliki tumor. Seperti operasi, radioterapi, atau kemoterapi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat Madu Bajakah. Dengan kandungan herbal dari kayu bajakah, Madu Bajakah memiliki kandungan senyawa flavonoid dan tannin yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Menurunkan penumpukan gula darah

Diabetes merupakan penyakit akibat penumpukan gula darah. Yang mana disebabkan oleh pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga menyebabkan penumpukan gula darah.

Diabetes ada dua jenis, tipe satu dan tipe dua. Yang mana dibedakan dari tingkat penyebarannya cepat atau lambat. Pengobatan diabetes ada beberapa macam, tergantung tingkat keparahan.

Meminum obat herbal juga bisa menjadi alternatif pengobatan. Layaknya Madu Bajakah, yang memiliki zat-zat seperti flavonoid dan saponin. Yang mana memberikan efek baik seperti menurunkan rangkaian pemicu diabetes.

8. Mengecilkan benjolan kista

Kista adalah benjolan yang tumbuh pada tubuh. Yang mana bisa tumbuh di mana saja. Misal di kepala, kulit, leher, telapak kaki, dan rahim. Penyebabnya cukup beragam. Bisa karena keturunan, infeksi, atau tumor.

Pengobatan kista bisa dilakukan dengan cara mengompresnya. Demi mengecilkan benjolannya. Bisa juga dengan minum Madu Bajakah, kandungan antibakteri yang terdapat di dalamnya akan membantu melawan infeksi pada kista.

9. Meredakan gejala asma

Asma, penyakit jangka panjang ini sering ditandai dengan peradangan pada saluran pernapasan. Yang mana menyebabkan kesulitan bernapas. Penyebab dari asma belum diketahui secara pasti, tetapi banyak penderitanya yang sering terpicu karena debu dan asap.

Pengobatan asma memiliki dua cara, yakni menghindari paparan pemicu atau meredakan asma. Untuk yang menghindari pemicu, penderita harus mampu mengenali apa saja yang bisa memicu asmanya kambuh. Bila muncul gejala, obat yang sering direkomendasikan ialah inhaler.

Sementara bagi yang meredakan asma, bisa dengan mengonsumsi Madu Bajakah. Kandungan antibakteri bisa meringankan gejala peradangan pada tenggorokan. Sehingga asma tak akan semakin kronis.

10. Mengobati Ambeien atau wasir

Ambeien atau wasir adalah penyakit akibat pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak. Penyebabnya belum pasti, tapi yang paling mungkin karena meningkatnya tekanan pembuluh darah pada anus. Seperti kebiasaan mengejan.

Oleh karena itu, penderita wasir atau ambeien disarankan untuk tidak mengejan saat BAB. Juga memerhatikan pola makanan, menghindari makanan-makanan yang menyebabkan sembelit. Pun memperbanyak makanan yang kaya akan serat.

Selain itu juga dengan konsumsi obat-obatan atau obat herbal seperti Madu Bajakah. Yang mana memiliki efek antibakteri yang bisa meredakan peradangan pada wasir.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapat bila mengonsumsi Madu Bajakah.

Cara Mendapatkan Manfaat Madu Bajakah

Setelah tahu manfaat Madu Bajakah bagi kesehatan, Anda pasti memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Apakah perlu pergi ke Kalimantan Tengah?

Tenang, Anda tak perlu sampai menempuh jarak yang jauh. Cukup dari website ini saja Anda sudah bisa mendapatkan Madu Bajakah. Caranya Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp dari admin Uhat Bajakah yang tertera di beranda website ini. Lalu Madu Bajakah akan dikirim ke kota Anda.

Sementara bagi Anda yang masih ragu dengan khasiat Madu Bajakah atau ingin lebih tahu tentang manfaat produk kami. Anda bisa memulainya dengan konsultasi gratis di website Uhat Bajakah.

Untuk info lebih lanjut mengenai produk-produk Uhat Bajakah. Silakan Anda pergi ke tautan berikut, produk-produk Uhat Bajakah.

Terima kasih. Semoga Anda sehat selalu!