Sejak dulu teh telah menjadi andalan pengobatan. Terlansir dari Medical News Today, menurut Prof. Victor Henry Mair, di dalam bukunya The True History of Tea. Bila teh menjadi terkenal karena manfaatnya sebagai obat. Hal ini tentu sejalan dengan Teh Bajakah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh Bajakah adalah minuman sehat yang dibuat dari ekstrak kayu bajakah. Kayu ini tergolong langka. Berasal dari pedalaman hutan Kalimantan. Yang mana telah digunakan sebagai metode pengobatan sejak dulu dan diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat suku Dayak.

Sebagai tanaman yang kaya akan manfaat, kayu bajakah sempat dianggap tanaman mistis. Ini akibat dari khasiatnya yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Namun, setelah penelitian dari SMAN 2 Palangkaraya tentang kayu bajakah sebagai obat kanker menang pada olimpiade  di Korea Selatan. Pandangan itu berubah. Sekarang banyak orang yang mencarinya.

Teh bajakah sendiri merupakan salah satu produk yang tercipta dari populernya kayu bajakah. Dengan mengambil kandungan nutrisi dari kayu bajakah, tentu membuat Teh Bajakah semakin kaya akan nutrisi. Bila penjelasan di atas masih membuat Anda kurang puas, di bawah ini akan kami jelaskan manfaat Teh Bajakah secara lebih rinci.

Kandungan Nutrisi Teh Bajakah

Dibuat dengan ekstrak kayu bajakah yang kaya akan antioksidan dan antibakteri. Membuat Teh Bajakah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa itu antioksidan dan anti bakteri? Apa fungsinya untuk tubuh?

Antioksidan

Antioksidan merupakan efek dari sebuah senyawa yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh terlindungi dari banyak penyakit. Sementara radikal bebas adalah senyawa yang bisa menyebabkan kerusakan DNA dan mutasi genetik.

Bila kadar radikal bebas dalam tubuh tinggi, ini akan menimbulkan banyak penyakit. Salah satunya tumbuhnya sel kanker dan tumor. Serta penyakit diabetes dan asam urat. Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menjaganya dari serangan radikal bebas.

Antioksidan bisa ditemukan dalam produk makanan. Salah satunya ialah teh. Kandungan antioksidan dalam teh termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan dalam kayu bajakah terdapat banyak senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Seperti flavonoid, tannin, alkaloid, terpenoid, fenolik, dan saponin.

Supaya Anda lebih tahu lagi mengenai manfaat senyawa-senyawa di atas, berikut kami merangkum penjelasannya.

1. Flavonoid

Melansir dari Live Science, senyawa yang satu ini termasuk polifenol kelompok fitonutrien. Sebuah senyawa yang memiliki sifat antioksidan dengan efek anti-inflamasi dan peningkatan imun tubuh. Sehingga memiliki peran penting dalam kesehatan.

Dalam pengobatan aryuveda, flavonoid juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah gula darah, hipertensi, serta perawatan kulit. Hal ini karena efek antioksidan dan anti-inflamasi dari senyawa flavonoid.

Ada enam jenis senyawa utama dari flavonoid, yakni:

a) Flavonol

Flavonol adalah sub-unit dari flavonoid yang memiliki kandungan kuersetin dan kaempferol. Kedua senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Sementara kuersetin sendiri adalah senyawa yang terkenal untuk menurunkan demam dan meredakan gatal.

Cara mendapatkan manfaat dari flavonol juga mudah. Bahkan senyawa ini banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari. Misalnya saja pada bawang merah, daun bawang, brokoli, apel, dan tentu saja teh.

b) Flavon

Anda dapat menemukan senyawa ini dalam seledri, peterseli, dan cabai. Flavon memiliki sifat antioksidan dan efek menunda pemrosesan obat dalam tubuh.

c) Flavanol

Flavanol memiliki tiga tipe senyawa utama, yakni monomer (katekin), dimer, serta polimer. Yang mana ketiga senyawa ini memiliki manfaat untuk penyembuhan penyakit. Monomer atau katekin mempunyai peran penting untuk mengobati sindrom kelelahan kronis, kardiovaskular, dan kesehatan neurologis. Sementara dimer, berperan dalam menurunkan kolesterol.

Menemukan senyawa ini tak sulit. Karena ada di beberapa buah yang biasa masyarakat Indonesia konsumsi. Seperti halnya anggur, kelapa, dan apel. Selain itu, flavanol juga bisa ditemukan dalam teh.

d) Flavonones

Kandungan senyawa yang satu ini banyak ditemukan dalam buah jeruk. Dengan kandungan hesperetin, eriodictyol, dan naringenin, flavonones memiliki manfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Juga bermanfaat untuk relaksasi.

e) Antosianidin

Antosianidin bermanfaat untuk kesehatan jantung. Efek antioksidan yang terdapat di dalamnya juga memiliki manfaat menurunkan obesitas dan mencegah diabetes. Anda dapat menemukan senyawa ini dalam buah delima, plum, dan anggur ungu.

f) Isoflavon

Kalau senyawa yang satu ini bisa ditemukan dalam kacang kedelai dan legum. Manfaat isoflavon bagi tubuh yakni menurunkan risiko kanker hormonal seperti kanker payudara, endometrium, serta prostat.

Itu sedikit penjelasan tentang kandungan senyawa flavonoid dan manfaatnya. Yang mana memang memiliki manfaat untuk kesehatan dan sering juga digunakan sebagai salah satu nutrisi dalam suplemen.

2. Tannin

Tannin banyak di temukan dalam teh, kopi, coklat, dan kayu bajakah. Senyawa yang termasuk ke dalam jenis polifenol ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mempercepat pembekuan darah. Lalu menurunkan tekanan darah tinggi. Juga meningkatkan respons imun tubuh.

3. Saponin

Saponin merupakan senyawa yang akan berbusa bila dilarutkan dalam air dan memiliki rasa pahit. Senyawa ini terdiri dari steroid yang terkait dengan satu gugus oligosakarida. Saponin banyak ditemukan dalam kacang-kacangan dan rempah-rempah.

Melansir dari Science Direct, saponin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Sementara menurut studi secara in vivo yang baru, dalam senyawa ini memiliki sifat antikarsinogenik, antioksidan, antidiabetik, antivirus, serta antitumor. Selain itu, dalam studi epidemiologi saponin juga memiliki peran penting dalam mencegah kanker.

Dengan gabungan senyawa antioksidan yang memiliki banyak kandungan lain yang tak kalah baik untuk kesehatan. Pasti membuat manfaat dari Teh Bajakah semakin baik. Apalagi bahan yang dipilih memiliki kualitas grade A.

Antibakteri

Teh bajakah juga memiliki sifat antibakteri. Yang mana ini berfungsi untuk membuat tubuh terhindar dari infeksi yang menyebabkan beberapa penyakit seperti amandel dan wasir. Sifat antibakteri ini tak lain berasal dari senyawa tannin, flavonoid, dan saponin.

Ketiga senyawa tersebut selain memiliki sifat antioksidan juga memiliki efek antibakteri yang mampu melindungi tubuh dari virus maupun infeksi. Sehingga selain bisa mengobati beberapa penyakit kronis. Teh Bajakah juga bisa untuk meningkatkan imun tubuh.

Nah, itulah kandungan nutrisi dari Teh Bajakah. Untuk manfaatnya bagi kesehatan, Anda bisa melihat pembahasan selanjutnya di bawah ini.

Manfaat Teh Bajakah sebagai Obat Herbal

Terbuat dari akar kayu bajakah asal Kalimantan dengan kandungan senyawa seperti saponin, tannin, dan flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Tentu membuat Teh Bajakah memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan tubuh Anda dapatkan bila konsumsi Teh Bajakah.

1. Mengurangi penumpukan limbah asam urat di dalam tubuh

Asam urat sebenarnya merupakan limbah hasil metabolisme purin. Sementara purin adalah zat yang dihasilkan akibat rusaknya sel. Selain, kerusakan sel, purin juga didapat dari makanan hewani seperti daging dan makanan laut.

Penumpukan purin, menyebabkan asam urat yang juga menumpuk. Bila sudah banyak, asam urat akan mengumpul di sekitar persendian sehingga menyebabkan gout. Yang mana membuat persendian seperti di kaki dan lutut mengalami nyeri atau pembengkakan.

Mengonsumsi Teh Bajakah bisa menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan asam urat. Hal ini karena kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sehingga bisa mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan polusi. Maupun kerusakan akibat penyakit diabetes atau kanker.

2. Mengurangi risiko sakit liver

Melansir dari WebMD, hati atau liver berfungsi sebagai penyaring darah dan mendetoksifikasi bahan kimia serta obat-obatan dalam tubuh. Hati juga menghasilkan protein untuk membekukan darah. Sehingga organ yang satu ini sangat penting bagi tubuh.

Namun, ada banyak hal yang bisa membuat hati mengalami kerusakan. Salah satunya infeksi virus seperti hepatitis. Atau akibat komplikasi dari penyakit lain dan kanker. Nah, dengan Teh Bajakah yang kaya akan kandungan antioksidan dan antibakteri. Tentu akan berperan untuk mengurangi risiko sakit liver.

3. Meredakan infeksi jamur penyebab keputihan

Keputihan sebenarnya hal yang normal bagi seorang perempuan. Karena keputihan adalah salah satu cara vagina untuk berlindung dari bakteri. Namun, ada beberapa keputihan yang tak wajar. Karena bisa saja itu adalah infeksi jamur atau bakteri vaginosis.

Terlansir dari Healthline, warna dan tekstur keputihan akibat jamur seperti keju cotage. Vagina juga akan terasa gatal serta memiliki bau menyengat. Teh Bajakah yang memiliki manfaat antibakteri tentu akan bermanfaat untuk menangani masalah keputihan. Karena bisa melawan infeksi akibat jamur maupun bakteri vaginosis.

4. Mencegah faktor risiko stroke

Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah di otak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

Manfaat Teh Bajakah untuk stroke karena bisa mencegah risiko penyakit yang menjadi masalahnya. Seperti tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan antioksidan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Juga bisa mengurangi keterkaitan makanan penyebab diabetes.

5. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh tubuh yang tidak bisa mengontrol gula darah. Sehingga menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat tajam. Hal ini bisa terjadi akibat dari hormon insulin yang tidak berfungsi dengan baik atau tak cukup banyak.

Penyebab diabetes bermacam-macam. Misal seperti bawaan genetika, penyakit autoimun, juga bisa jadi akibat pola hidup yang salah. Namun, ini juga tergantung pada tipe diabetes yang diidap penderita, apakah itu tipe 1 atau tipe 2. Karena dua tipe dari diabetes ini memiliki efek kerusakan yang berbeda pada tubuh.

Meski begitu, karena diabetes merupakan penyakit kronis yang tergolong lama. Selain konsumsi obat-obatan dan suntik insulin, cara agar tak memperparah penyakit ini dengan memulai pola hidup sehat. Seperti sering olahraga, mengelola stres dengan baik, juga mengatur makanan yang akan masuk ke perut.

Memulai hidup sehat dengan meminum Teh Bajakah tentu menjadi solusi yang baik untuk Anda. Ini karena di dalam Teh Bajakah mengandung antioksidan yang mampu mengurangi keterkaitan antara pemicu diabetes.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi sering disebut sebagai penyakit yang membunuh dalam senyap. Ini tak lepas akibat dari tak ada tanda-tanda serius sebelum penderita mengalami serangan  darah tinggi. Bahkan untuk mengetahui apakah tubuh menderita hipertensi, perlu dilakukan pengecekan tekanan darah secara rutin.

Terlansir dari Healthline, seseorang didiagnosis menderita hipertensi bila tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmHG. Sementara pengukuran tekanan diastolik lebih dari 80 mmHG.

Pengobatan tekanan darah tinggi juga selalu berkaitan dengan pola hidup sehat. Seperti menghindari pemakaian garam dalam makanan, mengurangi konsumsi daging merah yang berlemak. Juga memperbanyak makanan yang memiliki potensi menurunkan tekanan darah tinggi seperti Teh Bajakah.

Di dalam Teh Bajakah mengandung banyak senyawa antioksidan yang berguna untuk menurunkan darah tinggi. Sehingga akan sangat cocok bila menjadi teman untuk mengawali hidup sehat Anda.

7. Teh bajakah mampu mengobati kanker

Anda pasti sering mendengar tentang khasiat dari kayu bajakah yang dapat mengobati kanker. Tak bisa dipungkiri memang banyak senyawa dalam kayu bajakah yang bisa menjadi obat untuk penyakit yang disebabkan mutasi genetik. Sehingga membuat tubuh memiliki sel yang abnormal.

Flavonoid, tannin, dan saponin. Ketiga senyawa yang menjadi bahan utama pembuatan Teh Bajakah sangat berkontribusi dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini karena ketiga senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Salah satu pemicu utama kanker. Serta sifat antibakterinya yang mampu mencegah sel kanker tumbuh dengan cepat.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari Teh Bajakah selain yang tertulis di atas. Contohnya seperti mengurangi peradangan pada ambeien dan meredakan nyeri sakit maag.

Cara Mendapatkan Manfaat dari Teh Bajakah

Sekarang ini banyak orang yang mencari manfaat dari kayu bajakah sebagai obat herbal. Karena memang khasiatnya tak hanya bisa mengobati satu atau dua penyakit. Namun, banyak sampai tak bisa ditulis dalam satu artikel ini.

Karena banyak orang yang kini tahu akan khasiat dari kayu bajakah, Uhat Bajakah memberikan solusi mudah untuk Anda. Tentunya juga praktis. Sebab Anda tak perlu lagi menumbuk serpihan akar kayu bajakah demi mendapatkan khasiatnya. Ini karena kami telah menyediakan produk dari kayu bajakah dalam bentuk teh dan madu.

Baca juga: Manfaat Madu Bajakah sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan

Dalam kemasan teh, Anda tinggal menyedu dan menikmatinya tanpa perlu repot. Cara mendapatkannya pun cukup mudah. Karena Anda bisa memesan melalui nomor Whatsapp berikut, 0821-1616-4170. Selain itu, bila masih ingin mengetahui seputar produk dari Uhat Bajakah, Anda bisa langsung konsultasi di sini secara gratis.

Bagi Anda yang ingin tahu mengenai paket Uhat Bajakah lebih lanjut, bisa klik link berikut, produk-produk Uhat Bajakah!