Semenjak populer pada tahun 2019 lalu, minat masyarakat pada kayu bajakah sangat tinggi. Bahkan sempat membuat tanaman langka ini memiliki harga yang selangit. Sementara kini, banyak produsen menggunakan kayu bajakah sebagai bahan baku obat herbal. Mengemasnya secara cantik dalam bentuk teh atau madu bajakah dan dibanderol dengan harga yang bersahabat.

Namun, sebelum jauh membahas tentang madu bajakah. Apakah Anda tahu apa itu kayu bajakah? Bila belum, mari kami beritahu tentang kayu yang populer karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh ini!

Mengenal Kayu Bajakah Asal Kalimantan

Kayu bajakah merupakan tanaman endemik Kalimantan. Tanaman ini tumbuh secara merambat, meski begitu bajakah memiliki batang yang keras. Bahkan kayu ini bisa merambat hingga ketinggian 5 meter.

Sebenarnya kayu bajakah memiliki beberapa jenis spesies. Namun, yang memiliki khasiat untuk obat herbal yakni kayu bajakah tempala. Yang mana memiliki nama latin Spatholobus littoralis Hassk.

Tanaman ini tergolong langka dan hanya bisa ditemukan di pedalaman hutan Kalimantan. Sehingga saat tanaman ini populer dan dicari banyak orang demi mendapatkan khasiatnya. Masyarakat sekitar merasa was-was bila terjadi eksploitasi besar-besaran. Sehingga bisa saja membuat tanaman yang memiliki banyak manfaat ini punah.

Selain langka, ada kisah menarik dari kayu bajakah yang perlu Anda tahu. Sebelum sepopuler sekarang, kayu bajakah sudah digunakan sebagai obat herbal oleh suku Dayak sejak dulu. Karena khasiatnya yang bisa mengobati beberapa penyakit sekaligus, membuat tanaman yang satu ini sempat dianggap kayu mistis.

Akan tetapi, setelah  penelitian dari siswa SMAN 2 Palangkaraya memenangkan lomba World Invention Creativity Olympic pada bulan Juli 2019. Membuat pandangan semua orang berubah. Sampai banyak yang menjual-belikan. Tragisnya dulu harga sepotong kayu bajakah bisa sampai 2 juta.

Hal ini sampai membuat pemerintah Kalimantan Tengah sempat melarang pengiriman kayu bajakah ke luar kota. Demi menjaga kelestarian kayu bajakah dari penjarahan liar.

Khasiat Madu Bajakah untuk Kesehatan

Madu Bajakah adalah salah satu hasil produk herbal dari kayu bajakah. Yang mana menggabungkan komposisi madu dan kayu bajakah. Demi menciptakan khasiat yang lebih baik untuk kesehatan.

Dalam Madu Bajakah, selain ada protein, mineral, vitamin B, zinc, dan zat besi. Juga mengandung senyawa-senyawa yang kaya akan antioksidan yaitu flavonoid, tannin, dan saponin. Selain kaya akan antioksidan, ketiga senyawa tersebut mempunyai sifat antibakteri. Yang membuat Madu Bajakah memiliki khasiat yang lebih daripada madu biasa.

Supaya lebih mengenal dan mengerti apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan dari Madu Bajakah. Mari simak dulu rangkuman dari kami mengenai khasiat Madu Bajakah.

1. Bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, merupakan penyakit yang tergolong silent killer. Hal ini karena tak ada banyak gejala yang terdeteksi. Namun, bisa saja saat diketahui sudah dalam keadaan yang buruk.

Penyakit ini juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Melansir dari Mayo Clinic, bila tekanan darah terus tinggi, ini akan menyulitkan kerja jantung. Sehingga sangat rentan menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Meskipun hipertensi sulit diketahui gejalanya. Namun, masih bisa dideteksi bila Anda sering memeriksakan diri ke dokter. Caranya tentu saja dengan membaca tekanan darah sistolik dan diastolik. Bila tekanan sistolik lebih dari 130 mmHG dan diastolik lebih dari 80 mmHG, maka dinyatakan tinggi.

Pengobatan hipertensi, selain dengan konsumsi obat. Juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat. Seperti rajin olahraga, tidak sering stres, dan mengatur pola makan; tidak makan daging dan garam.

Penderita hipertensi sering disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Seperti halnya Madu Bajakah. Karena antioksidan terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan risiko diabetes

Selain darah tinggi, diabetes adalah salah satu penyakit kronik yang sulit untuk disembuhkan. Hanya bisa dilakukan pengobatan untuk tidak memperparah keadaan. Terlansir dari Healthline, bila sudah parah diabetes dapat merusak saraf mata, ginjal, dan organ lain.

Diabetes terjadi bila gula darah dalam tubuh tinggi. Dalam keadaan normal, gula darah akan disimpan dalam sel melalui hormon insulin sebagai energi. Namun, bila kadar terlalu tinggi dan hormon insulin tidak mencukupi. Hal itulah yang menimbulkan diabetes.

Ada beberapa cara untuk mengobati diabetes yakni dengan konsumsi obat atau suntik insulin. Selain itu, juga mengatur pola hidup sehat. Menghindari makanan atau minuman yang memakai pemanis buatan. Serta mengonsumsi obat herbal seperti Madu Bajakah. Peran Madu Bajakah dalam pengobatan diabetes ini karena adanya senyawa saponin yang memiliki sifat antidiabetik.

3. Mengatasi penyakit wasir

Wasir atau ambeien adalah suatu kondisi di mana terjadi pembengkakan pada bagian bawah rektum dan anus. Melansir dari WebMD, ada beberapa penyebab wasir, salah satunya akibat dari sering mengejan saat buang air besar.

Pengobatan alami untuk wasir tak lebih dari konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Seperti apel, pisang, pir, dan alpukat. Selain itu juga mengubah kebiasaan saat buang air besar, tidak mengejan dan nongkrong lama di dalam toilet.

Sementara itu, khasiat Madu Bajakah dalam pengobatan wasir yakni karena kandungan antibakterinya. Yang mana bisa berguna dalam meredakan peradangan pada anus.

4. Menurunkan kadar asam urat dalam tubuh

Banyak orang yang sering mengatakan penyakit gout dengan nama asam urat. Memang tak salah. Namun, asam urat adalah senyawa hasil metabolisme tubuh. Yang mana bila menumpuk akan menyebabkan gout atau nyeri sendi.

Penyakit asam urat adalah akibat dari senyawa asam urat yang tinggi dan tak bisa dikeluarkan dari tubuh. Sehingga menyebabkan penumpukan pada persendian. Maupun menumpuk pada ginjal, sehingga menyebabkan penyakit batu ginjal.

Cara menurunkan asam urat dalam tubuh selain menggunakan obat anti-inflamasi. Pengobatan asam urat juga dilakukan dengan pola hidup sehat. Hal ini demi mengurangi penumpukan purin dalam tubuh.

Purin sendiri merupakan senyawa yang bila dimetabolisme menciptakan asam urat. Senyawa ini banyak terkandung dalam makanan laut dan daging merah. Selain itu, purin juga dihasilkan oleh tubuh akibat dari kerusakan sel. Baik itu rusak secara alami, maupun rusak akibat penyakit atau paparan radikal bebas.

Khasiat Madu Bajakah dalam asam urat ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi. Di mana antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas yang membuat sel rusak. Sehingga penumpukan purin dalam tubuh akibat kerusakan sel bisa berkurang.

5. Membantu mengobati amandel

Amandel merupakan penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pada kelenjar kecil di tenggorokan. Yang mana dua kelenjar ini berfungsi sebagai pencegah infeksi bagi anak-anak. Sebenarnya penyakit ini biasanya menyerang anak-anak. Namun, tak jarang juga orang dewasa bisa mengalaminya.

Melansir dari Medical News Today, pengobatan dari amandel bisa menggunakan antibiotik. Hal ini karena amandel sering terjadi karena infeksi. Penggunaan Madu Bajakah juga bisa membantu meredakan radang amandel. Sebab Madu Bajakah memiliki kandungan antibakteri.

6. Mencegah infeksi penyebab keputihan

Keputihan sebenarnya bukan penyakit berbahaya. Karena ini hal yang wajar bagi perempuan yang sudah menstruasi. Keputihan adalah efek dari tubuh untuk melindungi vagina dari infeksi maupun bakteri. Namun, ada juga beberapa keputihan yang berbahaya. Yang mana ini bisa dilihat dari warna, tekstur, dan bau keputihan.

Melansir dari WebMD, keputihan yang disebabkan oleh jamur akan berwarna putih, tebal, dan berbau menyengat. Keputihan akibat infeksi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam situasi. Namun, yang paling sering karena minimnya pengetahuan dalam perawatan bagian intim.

Pengobatan keputihan akibat infeksi biasanya menggunakan obat antijamur seperti salep yang dimasukkan ke dalam vagina. Atau juga obat antibiotik bila infeksi akibat bakteri vaginosis. Anda juga bisa mengonsumsi Madu Bajakah, karena di dalamnya juga mengandung senyawa antibakteri.

7. Madu Bajakah bisa menjadi obat maag

Melansir dari Healthline, maag atau gastritis adalah penyakit yang terjadi karena dinding lambung mengalami peradangan. Ada banyak penyebab dari maag. Seperti infeksi dari bakteri Helicobacter pylori, yang mana bakteri ini menginfeksi perut.

Selain itu, bisa juga akibat pola hidup yang tak sehat. Karena minum alkohol, mengonsumsi narkoba, dan pola makan yang tak teratur. Bisa juga akibat dari gangguan penyakit autoimun.

Maag bisa sembuh sendiri bila golongan ringan. Namun, bila berat biasa diobati dengan obat antibiotik, antasida, dan antidepresan. Sedangkan manfaat Madu Bajakah untuk maag berguna untuk meredakan infeksi dengan kandungan antibakterinya.

8. Menurunkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit yang cukup membuat banyak orang khawatir. Pasalnya penyakit ini sulit untuk disembuhkan. Bahkan bila sudah sembuh, masih bisa muncul jenis kanker baru. Penyakit ini juga merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia.

Terlansir dari Mayo Clinic, penyebab dari kanker akibat dari adanya mutasi genetik pada DNA. Sehingga menyebabkan sel menjadi abnormal. Sel yang abnormal ini tumbuh dan bisa menyerang sel normal.

Mutasi genetik ini bisa terjadi karena banyak macam. Salah satunya akibat dari paparan radikal bebas. Radikal bebas ini bisa dicegah oleh antioksidan. Sementara dalam Madu Bajakah ada banyak senyawa antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Selain itu, senyawa seperti flavonoid, tannin, dan saponin juga berguna dalam pengobatan kanker.

9. Mempercepat kesembuhan luka

Khasiat lain dari Madu Bajakah adalah mempercepat penyembuhan luka. Sebab madu yang satu ini mengandung tannin dan flavonoid yang memiliki sifat angiogenesis. Yang mana bisa mempercepat pembentukan pembuluh darah. Sehingga luka dapat sembuh dengan cepat.

Selain itu, sifat antibakteri dari senyawa flavonoid dan tannin bisa mengurangi timbulnya infeksi pada luka. Jadi, luka memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami infeksi yang parah.

Nah, itulah khasiat dari Madu Bajakah yang bisa Anda dapatkan. Banyak, bukan?

Berapa Harga Madu Bajakah?

Banyaknya manfaat dari kayu bajakah, membuat banyak orang seakan berlomba mencari untuk dijual-belikan. Di pasar online saja banyak yang menjual kayu bajakah dalam bentuk serpihan. Bahkan sekarang saja banyak produsen obat herbal membuat produk dengan kayu ini. Salah satunya dikemas dalam bentuk madu.

Hal ini tak lain demi mempermudah cara mengonsumsinya. Karena kalau dijual masih dalam bentuk serpihan kayu, pembeli masih perlu menumbuknya. Atau juga harus direbus. Harganya juga cukup mahal. Sementara jika dalam bentuk madu, tinggal mengonsumsinya saja dan harga masih sangat bersahabat di kantong.

Namun, karena banyaknya yang menjual produk Madu Bajakah. Lantas berapakah harga Madu Bajakah ini? Apakah lebih mahal dari kayu bajakah?

Harga Madu Bajakah di pasaran

Madu Bajakah sekarang sangat mudah ditemukan. Apalagi dalam lapak jual beli online. Harganya pun bervariasi. Tergantung dari kemasan isi serta kualitasnya. Untuk yang dalam  isi 200 ml ada yang dibanderol dengan harga Rp135.000,00.

Harga Madu Bajakah dari Uhat Bajakah

Memanfaatkan khasiat kayu bajakah yang bisa mengobati berbagai penyakit. Uhat Bajakah hadir dalam kemasan madu. Dengan kualitas bahan yang memiliki grade A, serta telah mendapatkan sertifikasi LIPI. Tentu khasiat dari madu yang satu ini tak perlu diragukan lagi.

Ada dua varian madu Uhat Bajakah yang bisa Anda pilih.

  1. Madu Uhat Bajakah yang berisi 250 ml dibanderol dengan harga Rp225.000,00. Namun, sekarang kami memiliki promo potongan harga hingga 50%. Jadi, Anda bisa mendapatkan Madu Uhat Bajakan dengan harga Rp125.000,00.
  2. Sedangkan Madu Uhat Bajakah dalam kemasan 500 ml bisa Anda dapatkan dengan harga Rp450.000,00. Namun, dengan promo 50% dari kami, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Yakni Rp225.000,00.

Cara Mendapatkan Madu Uhat Bajakah

Cukup mudah bagi Anda untuk bisa mendapatkan Madu Uhat Bajakah. Karena Anda hanya perlu pergi ke laman produk Madu Uhat Bajakah, lalu klik pesan melalui Whatsapp. Atau juga bisa mengirim pesan Whatsapp secara langsung melalui nomor berikut +62 821-1616-4170.

Anda tak perlu khawatir dengan pengiriman. Karena Madu Uhat Bajakah bisa melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia. Belum lagi sekarang juga masih ada promo menarik. Bila Anda memesan 3 Madu Uhat Bajakah, maka akan ada potongan gratis ongkir Rp30.000,00. Selain itu, kami juga melayani sistem COD atau bayar di tempat.

Bagi Anda yang masih khawatir tentang khasiat dari Madu Bajakah atau bingung dengan cara konsumsi. Kami juga menyediakan jasa konsultasi gratis. Jadi, Anda bisa bertanya sepuasnya mengenai produk kami.

Itu tadi harga Madu Bajakah beserta khasiatnya bagi kesehatan. Semoga manfaat sehat yang Anda cari ada dalam artikel kali ini.