Bila bicara mengenai obat herbal. Tak akan lengkap jika tak membahas teh herbal. Sebab sejak dulu sampai sekarang teh masih terkenal dengan khasiatnya sebagai minuman berkhasiat. Bahkan kini masih dijual dengan harga tinggi, karena terbuat dari bahan yang langka seperti Teh Bajakah.

Memang di Indonesia konsumsi teh masih kurang populer bila dibandingkan kopi. Namun, metode menggunakan teh sebagai obat sudah populer sejak dulu. Terutama di Asia Timur seperti Tiongkok dan Jepang.

Selain menggunakan tanaman teh atau dalam bahasa latinnya Camellia sinensis. Teh herbal juga sering diolah dari bahan lain. Terutama bahan yang memiliki senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti senyawa flavonoid, tannin, dan saponin yang ada di dalam kayu bajakah tempala.

Sesuai namanya, Teh Bajakah dibuat dari ekstrak kayu bajakah. Yang mana kayu dari pedalaman hutan Kalimantan ini tergolong langka. Tanaman merambat berbatang keras ini populer sejak penelitian yang dilakukan siswa SMAN 2 Palangkaraya. Yang mana penelitian tersebut memenangkan lomba pada olimpiade di Seol, Korea Selatan.

Dalam olimpiade tersebut, mereka menguji manfaat kayu bajakah untuk pengobatan kanker. Penelitian tersebut terbukti. Di dalam kayu bajakah ternyata ada sekitar 40 senyawa yang bisa mengobati kanker. Contohnya yakni flavonoid, tannin, dan saponin.

Menariknya ketiga senyawa tersebut adalah kandungan utama dalam Teh Bajakah kami. Bila Anda ingin tahu apa fungsi dari ketiga senyawa tersebut. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Kandungan Senyawa dalam Teh Bajakah

Teh herbal yang terbuat dari ekstrak kayu bajakah ini memiliki kandungan senyawa flavonoid, tannin, dan saponin. Yang mana ketiga senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi maupun paparan radikal bebas.

Selain itu, senyawa-senyawa ini pun ternyata masih memiliki peran yang lebih dari itu. Apa saja? Mari simak penjelasannya.

1. Flavonoid

Sebenarnya flavonoid adalah kumpulan senyawa yang kaya akan antioksidan. Menemukan senyawa ini tak begitu susah, karena bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Misalnya saja pada anggur, cokelat, dan teh.

Pembentuk utama senyawa flavonoid ada enam. Terlansir dari Healthline, berikut ini enam subbagian dari senyawa flavonoid.

  1. Flavonol, senyawa flavanoid yang terkenal akan sifat antioksidannya. Sehingga dapat membantu penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan jantung. Banyak ditemukan dalam teh, selada, dan bawang.
  2. Flavon, merupakan senyawa yang membantu tubuh untuk melawan peradangan. Senyawa ini banyak ditemukan dalam sayuran atau buah yang memiliki bunga warna biru dan putih. Salah satu contohnya yakni seledri.
  3. Flavanols, senyawa ini terdiri dari tiga senyawa yakni, katekin, dimer, dan polimer. Ketiganya memiliki manfaat masing-masing. Seperti mengobati sindrom kelelahan kronis dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa ini dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk teh; putih, oolong, hitam, dan hijau. Serta pada apel dan stroberi.
  4. Flavanones, senyawa satu ini bisa dikatakan sebagai sumber dari kemampuan flavonoid dalam anti-inflamasi. Dengan sifat tersebut, flavanones bermanfaat dalam mengatur berat badan dan kolesterol. Banyak ditemukan dalam berbagai macam buah jeruk.
  5. Isoflavon, memiliki sifat yang bisa mengatur keseimbangan hormon membuat senyawa ini bermanfaat untuk kanker hormonal. Misalnya seperti kanker payudara. Senyawa ini dapat ditemukan dengan mudah dalam kacang kedelai serta legum.
  6. Antosianin, senyawa ini banyak ditemukan dalam buah beri. Seperti anggur, cranberry, blueberry, dan stroberi. Karena bagian dari senyawa flavonoid, antosianin memiliki banyak antioksidan. Yang mana dapat membantu mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

Selain itu, melansir dari Live Science, dalam Jurnal Diabetic Medicine yang terbit tahun 2013. Flavonoid memiliki pengaruh pada kinerja pembuluh darah penderita diabetes tipe 2 dalam beberapa waktu. Serta dalam Journal of Translational Medicine, flavonoid yang ada dalam teh bisa meringankan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Saponin

Senyawa ini merupakan bio-organik alami yang memiliki ikatan glikosidik antara aglikon dan oligosakarida. Saponin banyak ditemukan dalam kacang-kacangan dan legum. Senyawa ini memiliki ciri yang unik, yakni akan berbusa bila larut dalam air.

Manfaat dari saponin dalam tubuh mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi penyakit kanker. Selain itu, terlansir dari Science Direct, menurut sebuah studi epidemiologi, saponin memiliki peran penting dalam pencegahan kanker.

3. Tannin

Tannin, merupakan senyawa jenis polifenol yang banyak ditemukan dalam teh. Selain itu, tanin juga bisa ditemukan dalam kulit pohon, seperti halnya dalam kayu bajakah.

Senyawa yang satu ini kaya dengan sifat antioksidan. Sehingga memiliki manfaat dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit kronis. Selain itu, tannin juga memiliki sifat antibakteri. Yang mana membuat senyawa ini memiliki peran dalam penyakit infeksi akibat bakteri.

Itu tadi manfaat dari senyawa utama yang ada dalam Teh Uhat Bajakah. Lantas apa saja penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah dengan konsumsi Teh Bajakah? Langsung baca lagi penjelasannya di bawah ini.

Penyakit yang Bisa Diobati dengan Teh Bajakah

Dengan kandungan senyawa yang kaya akan antioksidan serta dilengkapi dengan sifat antibakteri. Tentu membuat Teh Bajakah memiliki banyak manfaat bila digunakan sebagai obat herbal. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah dengan konsumsi Teh Bajakah.

1. Asam Urat

Pertama, ada asam urat atau dalam istilah medis disebut gout. Karena asam urat adalah zat hasil metabolisme tubuh yang menjadi penyebab gout. Yang mana bila kadar asam urat tinggi dan tubuh tak bisa mengeluarkannya, maka asam urat akan menumpuk di persendian. Hal inilah yang menyebabkan nyeri sendi alias gout.

Melansir dari Mayo Clinic, asam urat terbentuk karena hasil metabolisme purin. Sementara purin adalah senyawa yang bisa didapat dari konsumsi produk hewani. Terutama daging merah dan makanan laut seperti kerang, ikan teri, dan sarden. Selain itu, purin juga dihasilkan oleh tubuh. Ini terjadi akibat sel yang rusak akan menghasilkan purin.

Manfaat Teh Bajakah untuk asam urat yakni untuk mencegah penumpukan purin dalam tubuh dengan khasiat antioksidannya. Yang mana kerusakan sel akibat paparan radikal bebas seperti polusi bisa berkurang. Jadi, purin yang disebabkan kondisi tubuh berkurang.

Tentunya ketika mengonsumsi Teh Bajakah, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat. Karena akan percuma bila Anda bisa mengatasi purin dari sel rusak. Namun, menumpuk purin dari hasil konsumsi daging sapi.

2. Diabetes

Kedua, ada diabetes yang merupakan salah satu penyakit kronik dan susah untuk disembuhkan. Penyakit yang satu ini terjadi karena terlalu banyak kandungan gula dalam darah. Yang mana gula ini seharusnya disimpan sebagai energi dalam sel menggunakan hormon insulin.

Namun, karena terlalu banyak atau akibat kualitas insulin yang buruk. Membuat gula tak bisa disimpan dalam sel. Masalah yang terjadi bila kondisi tersebut dibiarkan akan merusak organ tubuh yang lain. Misalnya saja saraf mata dan ginjal.

Pengobatan penyakit ini ada beberapa macam, seperti dengan minum obat dan suntik insulin. Selain itu juga menjaga pola hidup sehat dengan mengatur asupan makanan, olahraga rutin, dan tidak stres. Ditambah lagi dengan mengonsumsi Teh Bajakah, yang mana akan menurunkah tingkat keterkaitan penyakit ini dengan penyebabnya.

3. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi, penyakit ini bisa menyerang siapa saja meski si penderita tak merasakan gejala apa-apa. Tanpa sebab dan tahu-tahu setelah ada masalah pada bagian vitalnya akibat hipertensi. Sebab itulah penyakit yang satu ini sering disebut dengan pembunuh dalam senyap atau sillent killer.

Mirisnya lagi, penyakit ini sering dianggap sepele. Padahal tekanan darah tinggi adalah penyakit yang bersangkutan dengan kinerja jantung. Semakin keras tinggi tekanan darah, semakin keras pula jantung bekerja. Bila jantung memompa darah terlalu keras bisa menyebabkan penyempitan pada arteri. Hingga akhirnya timbul penyakit jantung koroner.

Oleh sebab itu, penyakit yang satu ini perlu diwaspadai. Karena meskipun gejalanya jarang terlihat, hipertensi masih bisa diketahui dengan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Bila tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmHG, sementara diastoliknya lebih dari 80 mmHG, maka dinyatakan tekanan darahnya tinggi.

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa cara untuk merawat hipertensi. Pertama dan yang paling utama adalah mengubah pola hidup. Terutama pola makan. Hindari makanan penyebab hipertensi seperti alkohol, natrium, dan lemak jenuh pada daging. Lalu memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan layaknya Teh Bajakah.

4. Amandel

Amandel adalah penyakit yang terjadi karena peradangan pada kelenjar yang ada pada tenggorokan. Kelenjar tersebut sebenarnya memiliki fungsi antibakteri pada anak-anak. Namun, setelah beranjak dewasa fungsi tersebut perlahan hilang. Sebab terganti oleh sistem imun tubuh.

Meski begitu, amandel juga tetap bisa terjadi pada orang dewasa. Hal ini karena biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sehingga membuat kelenjar amandel membengkak.

Terlansir dari WebMD, pengobatan penyakit yang satu ini tergantung penyebabnya. Bila terjadi akibat infeksi bakteri, maka akan diberikan obat antibiotik. Bila karena akibat virus, makan imun tubuh yang akan melawannya. Anda hanya perlu makan-makanan yang lembut, sering minum air hangat demi meredakan sakitnya.

Sementara manfaat Teh Bajakah bagi amandel, karena memiliki sifat antibakteri bisa membantu pengobatan infeksinya. Namun, bila amandel terjadi akibat serangan virus bisa menjadi obat herbal yang meningkatkan imun tubuh. Sehingga membuat radang amandel segera sembuh.

5. Kanker

Melansir dari Medical News Today, kanker adalah suatu kondisi di mana terjadi pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya disebabkan oleh mutasi genetik akibat paparan radikal bebas yang tinggi. Namun, kanker bisa juga terjadi karena infeksi virus seperti halnya virus hepatitis B.

Ada berbagai macam pengobatan kanker. Anda sendiri pasti juga sudah sering mendengarnya. Misalnya seperti kemoterapi, operasi, dan radioterapi. Selain itu, ada juga transplantasi, imunoterapi, terapi hormon, dan targeted drug therapy.

Dalam pengobaran targeted drug therapy, Amda akan diberi obat-obatan yang bisa menghambat proses mutasi genetik. Efek ini sama halnya dengan cara kerja senyawa dari Teh Bajakah dalam menangani kanker. Sifat antioksidan yang tinggi bisa mencegah paparan radikal bebas penyebab mutasi. Sehingga akan memperlambat mutasi.

6. Ginjal Kronis

Penyakit ini bisa dijelaskan sebagai hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Terlansir dari Mayo Clinic, penyebab ginjal kronis terjadi karena faktor komplikasi penyakit lain. Contohnya diabetes, hipertensi, batu ginjal, dan beberapa jenis kanker. Bila hal ini dibiarkan maka tubuh akan mengalami kerusakan akibat racun dalam tubuh tak bisa dikeluarkan melalui urine.

Ada beberapa pengobatan untuk ginjal kronis ini, seperti dialisis atau cuci darah. Pengobatan ini tak memperbaiki kerja ginjal. Namun, bisa menambah harapan hidup. Sebab racun dalam tubuh yang terperangkap dalam darah, dimurnikan melalui cara ini. Selain itu, juga ada transplantasi ginjal.

Anda juga perlu melakukan diet untuk penyembuhan penyakit ini. Dengan membatasi konsumsi kalium dan natrium. Manfaat konsumsi Teh Bajakah tak lain karena fungsinya yang berguna untuk menurunkan risiko penyebab gagal ginjal. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes.

7. Stroke

Stroke terjadi saat pembuluh darah diotak mengalami penyumbatan atau pecah. Sehingga membuat suplai darah dan oksigen tidak sampai di jaringan otak. Yang mana hal ini membuat jaringan otak rusak, sel akan segera mengalami kematian dalam beberapa menit.

Melansir dari Healthline, ada beberapa penyebabnya dan ini bergantung pada jenis stroke. Namun, penyebab yang paling sering terjadi adalah  akibat tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena pembengkakan pada dinding arteri akibat hipertensi semakin parah hingga akhirnya pecah.

Manfaat Teh Bajakah adalah mencegah tekanan darah tinggi penyebab pecahnya pembuluh darah. Sehingga bisa membantu tubuh terhindar dari serangan stroke.

Itulah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dan dicegah dengan meminum Teh Bajakah.

Harga Teh Bajakah yang Berkualitas dan Cara Mendapatkannya

Setelah tahu akan manfaatnya Anda tentu ingin tahu juga bagaimana cara mendapatkan Teh Bajakah yang berkualitas. Apalagi kayu bajakah yang digunakan sebagai obat herbal ini merupakan komoditas yang langka. Yang mana hanya bisa ditemukan dalam pedalaman hutan.

Karena langka dan memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan. Kadang membuat produsen gelap mata. Membuat teh asal dengan kayu bajakah. Bukan dari varietas langka kayu bajakah tempala. Hal ini tentu membuat Anda khawatir, bukan?

Namun, mulai sekarang Anda tak perlu khawatir karena Uhat Bajakah hadir dengan mengedepankan kualitas. Dibuat dari kayu bajakah tempala pilihan yang memiliki senyawa flavonoid, tannin, dan saponin dengan kualitas grade A. Membuat Anda tak perlu ragu untuk keasliannya. Selain itu, Uhat Bajakah sudah menerima sertifikat dari LIPI.

Harga Teh Bajakah berkualitas dari Uhat Bajakah

Harga Teh Bajakah di pasaran sangat beragam. Tergantung dengan merek dan beratnya. Serta kandungan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Untuk Teh Uhat Bajakah yang dibuat dengan bahan kayu bajakah, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp100.000,00 isi 10 saset. Namun, karena kami sedang mengadakan promo potongan harga, Anda bisa mendapatkan Teh Bajakah Berkualitas ini dengan harga Rp49.000,00.

Sementara harga Teh Uhat Bajakah yang isi 30 saset, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp185.000,00. Dengan potongan harga dari kami sekarang, Adan bisa membeli teh herbal ini hanya Rp120.000,00.

Cara mendapatkan Teh Uhat Bajakah yang asli

Supaya Anda tak ragu dalam memilih Teh Uhat Bajakah di pasaran. Kami akan memberi tahu cara mudah untuk memesan produk kami. Caranya Anda cukup klik Teh Uhat Bajakah dan Anda akan dibawa langsung ke laman pemesanan. Setelah sampai Anda bisa langsung memilih produk dan memesannya melalui Whatsapp.

Bila Anda saat ini masih ragu dengan khasiat atau keaslian tanaman bajalah yang digunakan. Anda bisa melakukan konsultasi dengan mengirim pertanyaan melalui laman Konsultasi Uhat Bajakah.

Nah, itulah daftar harga Teh Bajakah dari Uhat Bajakah. Terima kasih sudah datang. Semoga Anda menemukan kesembuhan melalui Teh Uhat Bajakah.