Obat herbal adalah alternatif pengobatan yang sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Terutama penyakit-penyakit kronis seperti darah tinggi. Hal ini karena penyakit tersebut tak bisa sembuh sepenuhnya. Lalu akhir-akhir ini ada obat herbal yang terkenal. Karena memiliki manfaat untuk pengobatan kanker yaitu kayu bajakah.

Kayu bajakah asli dari hutan Kalimantan ini adalah tanaman merambat yang bertekstur keras. Ia bisa merambat sampai setinggi 5 meter. Bahkan mampu melampaui tinggi tanaman lain.

Melansir dari Tempo, kayu bajakah memiliki banyak jenis. Yang mana tak semua jenis bajakah memiliki manfaat untuk pengobatan kanker. Salah satu jenis kayu bajakah yang memiliki banyak manfaat yakni kayu bajakah tampala. Di mana kayu ini merupakan varietas langka.

Supaya Anda tak salah mengira dan tahu benar tentang kayu bajakah dan manfaatnya. Terutama manfaat kayu bajakah tampala, mari simak penjelasan kami di bawah ini.

Mengenal Kayu Bajakah Tampala

Semakin populernya pengobatan dengan kayu bajakah membuat banyak orang memburunya. Namun, masalahnya adalah banyak orang yang salah kaprah tentang kayu bajakah ini. Hanya kayu bajakah langkalah yang mempunyai manfaat. Terutama dalam hal pengobatan kanker.

Varietas langka ini memiliki nama latin Spatholobus littoralis Hassk atau lebih dikenal dengan nama kayu bajakah tampala. Kayu ini tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan dan cukup sulit untuk menemukannya.

Jauh sebelum sepopuler sekarang, manfaat kayu bajakah sebagai obat herbal sudah digunakan sejak dulu oleh masyarakat suku Dayak. Namun, yang menarik, karena bisa mengobati berbagai macam penyakit membuat kayu bajakah sempat memiliki julukan tanaman mistis.

Manfaat kayu bajakah tampala karena akar kayu ini mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Seperti halnya flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiga senyawa itu pula yang menjadikan tanaman ini terkenal akan khasiatnya menjadi obat herbal kanker.

Populer akan khasiatnya untuk obat kanker membuat kayu bajakah jenis ini diburu banyak orang. Tak hanya dari negeri tercinta, tetapi juga dari kalangan internasional. Namun, karena varietas langka, kepopuleran ini juga sering membuat masyarakat resah.

Pasalnya kayu bajakah tampala hanya tumbuh di pedalaman hutan hujan. Belum diketahui cara untuk bisa membudidayakannya. Selain itu, bila sudah dibudidayakan belum tentu juga akan memiliki khasiat. Hal ini karena faktor tanah dan zat hara dari hutan Kalimantan.

Oleh sebab itu, masyarakat khawatir bila kayu bajakah tampala bisa punah akibat eksploitasi secara berlebih. Sampai pada masa viralnya di tahun 2019, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membuat larangan pengiriman ke luar kota. Demi menjaga kelestarian kayu sejuta manfaat ini.

Cerita Populernya Kayu Bajakah dengan Sejuta Manfaat

Kayu bajakah viral pada tahun 2019, karena penelitian siswa SMAN 2 Palangkaraya. Penelitian dengan mencari tahu hubungan antara kayu bajakah dengan kesembuhan kanker ini memenangkan medali emas pada Invention Creativity Olympic tahun 2019. Yang mana ajang tersebut diadakan di Seoul, Korea Selatan.

Awal dari penelitian

Terlansir dari Kompas, bermula dari keluarga salah satu siswa penelitian, yakni Yazid. Dulu sang nenek pernah menderita kanker payudara dengan kondisi yang memprihatinkan. Namun, dengan meminum rebusan kayu bajakah tampala setiap hari, kondisi beliau mulai membaik.

Lantas Yazid pun ingin mengenalkan khasiat kayu bajakah ini melalui proyek penelitian di sekolahnya. Pada awalnya ia ditolak oleh sang ayah, sebab beliau takut akan terjadi perusakan hutan akibat rahasia kayu bajakah terungkap. Namun, dengan keyakinan ingin menyelamatkan banyak orang, sang ayah akhirnya memberikan izin.

Dengan bimbingan guru biologinya Yazid, Anggina, dan Aysa melakukan penelitian dengan dua tikus mencit putih. Tikus tersebut terlebih dulu di suntik dengan senyawa pertumbuhan sel kanker. Sel kanker yang telah berkembang ditandai dengan adanya benjolan di tubuh tikus. Setelah kanker berkembang, tikus mencit pun diberi larutan ekstrak kayu bajakah.

Selanjutnya tikus ini diamati dalam kurun waktu hampir 3 bulan. Tepatnya di hari kelima puluh, tikus mencit yang diberi minum ekstrak kayu bajakah sehat. Sementara tikus yang hanya diberikan obat penawar dari bawang dayak mati.

Penelitian menuju kompetisi dunia

Setelah penelitian dengan tikus selesai. Selanjutnya mereka melakukan penelitian dengan menggandeng laboratorium milik Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Dari hasil penelitian tersebut ternyata kayu bajakah tampala mengandung senyawa yang tinggi antioksidan. Yang mana lebih tinggi daripada kandungan antioksidan tanaman lain. Senyawa yang ditemukan dari hasil uji coba tersebut yakni tannin, saponin, flavonoid, steroid, serta alkonoid.

Senyawa seperti flavonoid dan tannin ini yang bermanfaat dalam pengobatan kanker. Karena bisa melepaskan zat hidroksil yang mana akan berikatan dengan senyawa kanker. Sehingga bisa menghambat proses berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Setelah yakin akan penelitiannya dan sempat menang juga pada lomba di UPI, Bandung, kedua teman Yazid membawa penelitian mereka ke kompetisi dunia di Seoul, Korea Selatan. Meski awalnya kurang yakin, tetapi mereka mampu membuat peserta lain dan para dewan juri terperangah dengan hasil penelitian kayu bajakah.

Jadi, semenjak saat itulah kayu bajakah begitu populer di kalangan obat herbal. Baik itu di dalam negeri, maupun kancah internasional. Karena khasiatnya yang tak main-main.

Manfaat Kayu Bajakah Asal Kalimantan

Tanaman yang tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan ini benar-benar memiliki banyak manfaat. Tak salah bila suku Dayak menjadikan kayu bajakah salah satu ramuan dalam metode pengobatan herbal mereka.

Selain untuk pengobatan kanker. Ekstrak kayu bajakah banyak digunakan dalam pengobatan herbal beberapa penyakit. Hal ini tak lain karena kandungan antioksidan yang dimiliki kayu ini sangat tinggi.

Bila Anda ingin tahu tentang apa saja manfaat pengobatan dari kayu bajakah, berikut kami rangkum khusus untuk Anda!

1. Penyembuhan luka

Manfaat pertama yakni untuk penyembuhan luka. Kayu bajakah memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka karena memiliki senyawa flavonoid, tannin, serta saponin.

Ketiga senyawa tersebut terkenal dengan sifat angiogenesis. Yang mana merupakan sebuah proses terbentuknya pembuluh darah baru. Sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kayu bajakah juga memiliki sifat antibakteri. Di mana akan memberikan perlindungan pada luka agar tak terkena infeksi.

2. Mengurangi masalah keputihan

Bagi tubuh wanita, keputihan adalah hal yang amat sangat wajar. Apalagi bagi yang sudah menstruasi. Sebab ini adalah cara tubuh untuk melindungi vagina dari bakteri maupun virus. Namun, kondisi keputihan juga bisa menjadi tanda bila terjadi sesuatu dalam organ intim wanita. Yang mana bisa dilihat dari warna, tekstur, dan bau keputihan.

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan keputihan, seperti kanker rahim. Bisa juga akibat infeksi jamur atau bakteri vaginosis. Nah, karena memiliki efek antibakteri serta pengobatan kanker. Membuat kayu bajakah memiliki manfaat untuk mengurangi keputihan pada wanita.

3. Kayu bajakah memiliki manfaat menurunkan risiko penyakit kronis

Penyakit kronis adalah sebuah penyakit yang diderita lebih dari setahun. Bisa dikatakan juga sebagai penyakit yang susah untuk sembuh. Jadi, penderitanya akan merasakan efek sakit tersebut seumur hidup. Sebab pengobatan penyakit kronis bukan untuk menyembuhkan. Hanya meringankan untuk memberi harapan hidup lebih lama.

Ada banyak penyakit kronis yang bisa diobati dengan ekstrak kayu bajakah. Salah satunya diabetes. Dalam kayu bajakah mengandung senyawa tannin yang memiliki efek antidiabetik. Yang mana bisa mengurangi ikatan faktor-faktor penyebab gula darah naik.

Selain diabetes, penyakit kronis lain yang bisa diobati dengan kayu bajakah yaitu si silent killer alias hipertensi. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam kayu bajakah bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

4. Mengobati kista

Kista merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh memiliki benjolan pada bagian bawah kulit. Benjolan ini biasanya berisi cairan atau zat lain. Kista bisa tumbuh di bagian mana saja tergantung jenisnya. Misalnya seperti di punggung, belakang telinga, dan payudara.

Melansir dari Healthline, kista disebabkan oleh beberapa hal salah satunya infeksi. Pengobatan kista bisa dilakukan di rumah dengan mengompresnya. Anda juga bisa meminum ekstrak kayu bajakah. Karena dengan kandungan yang kaya antioksidan bisa meningkatkan imun tubuh. Serta efek antibakteri bisa melawan infeksi penyebab kista.

Namun, Anda tidak disarankan untuk memencet atau menusuknya demi memecahkan kista sendiri di rumah. Sebab bisa mengakibatkan infeksi.

5. Menangkal radikal bebas sumber dari banyak penyakit

Manfaat yang terakhir adalah menangkal radikal bebas. Radikal bebas yaitu senyawa yang bisa merusak sel tubuh. Sehingga bisa memicu penyakit kronis seperti asam urat, diabetes, hingga gagal ginjal.

Radikal bebas sebenarnya bisa muncul sendiri di dalam tubuh. Sebagai akibat dari tubuh yang menggunakan oksigen. Namun, ada banyak sumber dari luar yang harus Anda waspadai. Sebab bila kadar radikal bebas dalam tubuh tinggi juga bisa mengakibatkan kanker.

Sumber radikal bebas dari luar di antaranya ialah polusi udara, asap rokok, alkohol serta makanan yang sudah terkontaminasi racun. Akan tetapi, bila di dalam tubuh memiliki antioksidan tinggi tak akan jadi masalah. Sebab antioksidan bisa melawan radikal bebas untuk merusak sel.

Oleh karena itu, kayu bajakah sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit. Sebab memiliki senyawa yang punya antioksidan tinggi seperti flavonoid.

Itulah manfaat dari kayu bajakah ini. Ternyata memang banyak, ya?

Cara Mendapatkan Manfaat Ekstrak Kayu Bajakah yang Asli Kalimantan

Karena banyak manfaat, membuat kayu bajakah ramai diperjual-belikan dalam pasar online. Bahkan tak hanya dijual dalam bentuk serpihan kayu. Banyak juga yang dijual dalam bentuk kemasan lain misalnya teh dan madu.

Ini tentu demi membuat pembeli tak perlu repot dalam proses konsumsi. Karena dengan bentuk teh dan madu Anda tinggal menyedunya, tak perlu lagi menumbuk atau merebus kayu bajakah.

Salah satu produsen obat herbal yang membuat kayu bajakah dalam bentuk madu dan teh yaitu Uhat Bajakah. Produk teh dan madu yang dibuat dari kayu bajakah tampala asli Kalimantan. Yang mana memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit kronis.

Kualitas Uhat Bajakah tak perlu diragukan lagi. Karena telah memiliki sertifikasi dari LIPI. Untuk mendapatkan produk ini pun sangat mudah. Cukup Anda pergi ke halaman Teh dan Madu Uhat Bajakah. Lalu klik pesan melalui Whatsaap, maka pesanan Anda akan langsung dikirim ke rumah.

Bagi Anda yang masih bingung atau ingin lebih tahu lagi tentang khasiat obat herbal Uhat Bajakah bisa melakukan konsultasi juga. Kami menyediakannya secara percuma. Silakan klik link Konsultasi Uhat Bajakah berikut. Isi nama, pesan, dan nomor telepon. Maka kami akan memberi semua jawaban yang ingin Anda ketahui.