Akar bajakah adalah tanaman asal Kalimantan yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai obat untuk penyakit kronis seperti kanker dan asam urat.

Tanaman ini memiliki beberapa jenis yang tumbuh subur di hutan hujan, seperti halnya hutan Kalimantan. Biasanya oleh masyarakat sekitar akar bajakah menjadi penolong kala haus di saat masuk hutan. Namun, akar bajakah yang belakangan ini populer bukanlah bajakah biasa. Melainkan varietas langka yakni akar bajakah tampala.

Bajakah tampala adalah varietas langka yang hanya hidup di pedalaman hutan. Sebenarnya bentuknya juga sama dengan bajakah yang lain. Berbatang tunggal dengan tekstur keras dan merambat pada pohon. Yang mana tinggi rambatan ini bisa mencapai 5 meter. Namun, bedanya adalah kandungan senyawa dalam akar bajakah ini bermanfaat untuk obat kanker.

Sebenarnya sebelum ini, akar bajakah sudah sangat dikenal baik sebagai obat herbal bagi suku Dayak. Yang mana sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Hal ini karena akar bajakah memiliki senyawa yang memiliki sifat angiogenesis. Sifat ini bisa memicu sel untuk membuat pembuluh darah baru.

Senyawa-senyawa dalam akar bajakah tersebut adalah tannin, saponin, dan flavonoid. Yang juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari penyakit akibat paparan radikal bebas ataupun infeksi bakteri seperti asam urat.

Antioksidan yang tinggi bisa mengurangi senyawa purin dalam tubuh, yang mana merupakan penyebab utama dari asam urat. Supaya lebih tahu tentang penyakit asam urat dan alasan akar bajakah bisa menjadi obat herbalnya, silakan Anda simak penjelasan berikut.

Pengertian Asam Urat

Gout alias radang sendi adalah salah satu penyakit akibat penimbunan senyawa asam urat dalam tubuh. Sebenarnya asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin. Bukanlah nama penyakit. Nah, apabila ginjal tak bisa mengeluarkan asam urat melalui urine. Lantas kadar asam urat tinggi, maka hasilnya akan menumpuk di persendian serta ginjal.

Bila tak ditangani secara serius, penumpukan asam urat ini bisa menyebabkan gagal ginjal. Seperti yang terlansir dari Healthline, gejala gout adalah rasa nyeri pada area persendian. Lalu pada area tersebut juga akan terjadi pembengkakan.

Penyebab asam urat

Penumpukan asam urat terjadi karena kadar purin dalam tubuh juga banyak. Purin ini sebenarnya adalah senyawa hasil dari sel yang rusak. Baik rusak secara alamiah alias normal, maupun rusak akibat penyakit atau radikal bebas.

Selain dari dalam tubuh, purin juga bisa didapat dari makanan sehari-hari. Purin banyak ditemukan dalam produk hewani seperti daging sapi. Juga dalam makanan laut, pun dalam tumbuhan misalnya kacang-kacangan. Namun, menurut penelitian terbaru purin dalam tanaman tak memiliki peran penting dalam penumpukan asam urat.

Selain dari penumpukan purin, kondisi tubuh yang menderita penyakit yang berkaitan dengan ginjal bisa menjadi salah satu sebab. Contohnya adalah penyakit batu ginjal atau masalah dengan kelenjar tiroid. Penyakit ini juga berisiko bagi penderita penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi ataupun diabetes.

Tips pengobatan asam urat

Jika tak diobati, asam urat akan menyebabkan radang sendi. Terlebih bila sudah sangat parah bisa mengakibatkan batu ginjal hingga gagal ginjal. Pengobatan asam urat tak lebih dari meminum obat anti inflamasi non steroid seperti aspirin. Selain itu, dokter selalu menyarankan untuk hidup dengan sehat.

Hidup sehat ala penderita asam urat tak lebih dari olahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan mengatur pola makan. Seperti yang sudah Anda ketahui bila makanan menjadi faktor utama menumpuknya kadar asam urat dalam tubuh karena banyaknya kandungan purin. Menghindari makanan yang memiliki kadar purin tinggi memang paling baik.

Makanan yang mengandung purin tinggi yakni:

  1. Produk hewani, terutama daging sapi dan binatang liar.
  2. Seafood seperti ikan teri, sarden, dan udang.
  3. Alkohol.
  4. Makanan atau minuman dengan pemanis buatan. Sebab mengandung fruktosa, yang mana bila dipecah akan menghasilkan purin.

Sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti ceri, seledri, dan kayu bajakah. Sebab antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa mengatasi radikal bebas penyebab kerusakan sel. Sehingga bisa mengurangi penumpukan purin dalam tubuh.

Manfaat Akar Bajakah untuk Asam Urat

Akar bajakah adalah tanaman asli dari Kalimantan yang sudah dipercaya khasiatnya selama ini oleh suku Dayak. Pun sudah digunakan untuk penyembuhan banyak penyakit oleh masyarakat sekitar. Bahkan baru-baru ini akar bajakah populer untuk pengobatan kanker.

Hal ini karena akar ini memiliki beberapa senyawa yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Juga berguna untuk menangkal penyebab mutasi genetik yakni radikal bebas.

Selain itu, kandungan flavonoid, tannin, dan saponin ini juga kaya akan antioksidan, anti bakteri serta anti inflamasi. Lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan Akar Bajakah Tampala

Ada banyak senyawa yang ada dalam akar bajakah. Namun, ada tiga senyawa yang sangat berperan penting dalam pengobatan beberapa penyakit. Terutama penyakit-penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, maupun asam urat. Ketiga senyawa itu adalah flavanoid, tannin, dan saponin.

Senyawa flavonoid

Melansir dari Live Science flavonoid termasuk ke dalam kelompok senyawa fitonutrien yang bisa ditemukan dalam sayur, buah-buahan, dan kulit kayu. Senyawa ini merupakan kelompok fitonutrien terbesar karena memiliki sub-tipe lebih dari 6000.

Namun, ada enam senyawa flavonoid yang termasuk ke dalam kelas polifenol. Yang mana senyawa polifenol ini sudah terkenal sejak dulu dan telah lama digunakan untuk pengobatan herbal aryuweda.

Salah satunya flavon, senyawa ini dikenal kaya dengan antioksidan dan kemampuan untuk mengurangi pengaruh obat. Lalu ada flavonones yang memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk relaksasi dan pengobatan kardiovaskular.

Sisanya yakni isoflavones yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker hormonal seperti kanker payudara. Lalu antosianin yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan serta pencegahan diabetes. Selanjutnya ada flavonols yang juga memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang berguna untuk pengobatan penyakit kronis.

Kemudian yang terakhir ada flavanols yang terdiri dari tiga senyawa utama yakni monomer, dimer, dan polimer. Yang mana masing-masing dari senyawa tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Untuk monomer, senyawa ini memiliki manfaat untuk pengobatan kardiovaskular. Sementara dimer bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat.

Dengan gabungan senyawa yang memiliki banyak manfaat membuat flavonoid bisa menjadi obat beberapa penyakit. Terutama penyakit kronis seperti kardiovaskular, diabetes, asam urat. Serta mampu untuk pencegahan kanker. Hal ini karena flavonoid memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, serta anti bakteri.

Senyawa tannin

Tannin adalah senyawa yang banyak ditemukan dalam teh. Namun, selain di dalam teh tannin juga banyak ditemukan di dalam kulit pohon seperti akar bajakah. Senyawa ini merupakan salah satu kelompok polifenol. Tannin juga sering disebut dengan asam tanat.

Melansir dari Decanter, tannin merupakan senyawa yang akan berikatan dengan protein yang bisa menghasilkan astringen. Yang mana astringen ini memiliki manfaat untuk perawatan kulit. Selain itu, tannin sering pula digunakan untuk pengobatan seperti herpes dan ruam popok. Hal ini karena di dalam tannin juga memiliki sifat anti bakteri dan antioksidan.

Senyawa saponin

Ketiga adalah senyawa saponin. Senyawa ini banyak terdapat dalam tanaman. Selain itu, saponin juga terdapat dalam hewan laut seperti teripang dan bintang laut. Saponin memiliki sifat anti bakteri, maka dari itu dalam medis saponin digunakan untuk formula vaksin.

Sebenarnya saponin juga sering Anda temui dalam produk kebersihan sehari-hari. Memiliki sifat antibakteri dan bila diberi air akan larut dan berbusa membuat senyawa ini menjadi bahan utama sampo dan sabun mandi. Sementara dalam pengobatan penyakit, saponin dipercaya bisa menurunkan kolesterol, mengurangi stres oksidatif, dan menghambat pertumbuhan tumor.

Selain itu, karena memiliki sifat anti mikroba membuat saponin bermanfaat untuk menjaga tubuh dari jamur, bakteri, dan infeksi. Yang mana dalam hal ini juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh dari infeksi virus.

Saponin juga memiliki sifat antioksidan. Yang tentu berguna untuk mengobati penyakit kronis dan menangkal radikal bebas.

Manfaat Akar Bajakah sebagai obat asam urat

Dengan kandungan senyawa flavonoid, tannin, dan saponin yang memiliki sifat anti inflamasi, anti mikroba, antibakteri, serta antioksidan. Tentu membuat akar kayu bajakah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Terutama dalam penyembuhan penyakit kronis seperti asam urat.

Manfaat akar bajakah sebagai obat asam urat ini tak lain karena adanya sifat anti inflamasi dan antioksidan. Sifat anti inflamasi dalam akar bajakah mampu untuk meredakan nyeri di dalam persendian. Sementara antioksidan akan menangkal radikal bebas yang mana merupakan penyebab dari kerusakan sel.

Kerusakan sel inilah penyebab terjadinya purin dalam tubuh. Terlalu banyak sel yang rusak bisa menyebabkan purin menumpuk. Yang akibatnya juga membuat kadar asam urat tinggi hingga terjadi penumpukan di persendian dan mengakibatkan gout.

Selain itu, akar bajakah juga mampu menurunkan faktor risiko lain dari asam urat. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko diabetes dan kolesterol. Hal inilah yang membuat pengobatan dengan akar bajakah bisa sangat efektif untuk penyakit asam urat.

Cara mendapatkan Akar Bajakah asli Kalimantan

Karena populer, akar bajakah bisa ditemukan dengan mudah di pasar online. Namun, belum tentu juga yang dijual adalah akar bajakah tampala. Jadi, Anda harus berhati-hati.

Selain itu, sekarang juga banyak obat herbal dari akar bajakah yang dikemas dalam bentuk teh dan madu. Sama seperti Uhat Bajakah yang mengemas manfaat akar bajakah dalam bentuk teh dan madu. Tentunya dibuat demi Anda supaya tak lagi kerepotan untuk mengonsumsi herbal turun-temurun dari suku Dayak ini.

Uhat Bajakah memiliki dua varian yakni Teh Bajakah dan Madu Bajakah. Yang mana sama-sama memiliki kandungan antioksidan tinggi dari senyawa flavonoid, tannin, dan saponin. Untuk masalah kualitas, Anda tak perlu khawatir. Sebab Uhat Bajakah sudah memiliki sertifikat laboratorium dari LIPI.

Bila Anda ingin mendapatkan produk Uhat Bajakah bisa langsung saja ke laman Produk Uhat Bajakah berikut. Lalu silakan pilih varian produk yang diinginkan. Lantas klik pesan melalui Whatsapp, maka Uhat Bajakah dari akar bajakah asli Kalimantan akan segera menuju ke rumah Anda.

Bila Anda masih ingin bertanya seputar produk kami. Maupun seputar manfaat akar bajakah, kami siap menyediakan jasa konsultasi gratis. Yang mana bisa Anda akses melalui link Konsultasi Bajakah.

Nah, itulah manfaat dari akar bajakah untuk pengobatan asam urat. Semoga artikel ini membantu Anda untuk menemukan pengobatan asam urat.