Kayu bajakah adalah obat herbal asli Kalimantan yang mulai populer sejak ditemukannya senyawa penyembuh kanker. Kini banyak orang yang mencari tahu manfaat serta cara mengonsumsi kayu bajakah demi mendapatkan kesembuhan. Bila Anda adalah salah satunya, mari simak artikel ini hingga akhir

Sebelum populer di kalangan masyarakat, kayu bajakah sudah lebih dulu menjadi obat turun-temurun bagi suku Dayak. Salah satunya digunakan sebagai obat dalam penyembuhan luka.

Perlu Anda tahu juga, bila kayu bajakah memiliki banyak jenis. Yang mana setiap varietas memiliki kandungan senyawa yang berbeda dalam pengobatan. Kayu bajakah yang populer pada penelitian di tahun 2019 lalu adalah jenis kayu bajakah tampala. Kayu ini termasuk dalam tanaman langka dan hanya bisa ditemukan di pedalaman hutan.

Anda perlu hati-hati dalam memilih kayu bajakah. Karena kayu ini memiliki lebih dari 200 jenis. Di mana ada jenis yang mengandung racun.

Melansir dari Intisari, kayu bajakah yang beracun yaitu berjenis tuba. Yang mana kulitnya lengket, bila dikerik susah, dan guratannya halus. Sementara yang tak beracun kulitnya rapuh, mudah dikerik, dan memiliki guratan jelas. Oleh karena itu, lebih baik Anda membeli kayu bajakah pada orang yang lebih tahu luar dalam mengenai kayu ini.

Meski ada yang beracun, sebenarnya Anda tak perlu begitu khawatir. Karena sekarang ini banyak kayu bajakah yang telah dibuat obat herbal dalam bentuk teh atau madu. Yang mana tentunya sudah melalui proses penelitian laboratorium. Sehingga lebih aman untuk kesehatan. Uhat Bajakah adalah salah satu produk dari kayu bajakah yang dikemas dalam bentuk madu dan teh.

Walaupun sudah diolah dalam bentuk yang baru, Anda tak perlu khawatir mengenai khasiatnya. Sebab minuman herbal yang satu ini mengandung senyawa flavonoid, tannin, dan saponin yang merupakan kandungan senyawa utama pada kayu bajakah. Senyawa-senyawa tersebut juga telah banyak digunakan untuk pengobatan dan pencegahan beberapa penyakit kronis.

Manfaat Mengonsumsi Kayu Bajakah

Bukan jadi rahasia lagi bila kayu bajakah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini tentu tak lepas dari kandungan senyawa yang ada dalam kayu bajakah. Bahkan menurut penelitian ada sekitar 40 senyawa yang bermanfaat bagi tubuh salah tiganya yang sudah tersebut di atas.

Efek kandungan senyawa-senyawa dari kayu bajakah

Kayu bajakah memiliki banyak kandungan senyawa yang baik bagi tubuh. Nah, di bawah ini adalah beberapa macam efek dari senyawa flavonoid, tannin, dan saponin bagi kesehatan.

a) Antioksidan

Terlansir dari Medical News Today, antioksidan adalah sifat senyawa yang bisa mencegah atau memperlambat kerusakan sel. Yang mana kerusakan tersebut terjadi akibat tubuh terkena paparan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri yakni molekul yang bersifat merusak bagi tubuh. Molekul ini bisa dihasilkan oleh tubuh sendiri karena penggunaan oksigen. Namun, radikal bebas juga bisa datang dari luar tubuh salah satunya adalah polusi udara.

Bila tubuh terus terkena paparan radikal bebas, maka akan mengakibatkan stres oksidatif. Sebuah kondisi di mana jumlah radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan. Sehingga memicu kerusakan sel. Yang mana pada akhirnya membuat tubuh mengalami mutasi genetik. Lalu saat tubuh terus-menerus mengalami mutasi genetik. Inilah yang bisa memicu adanya sel kanker.

Senyawa flavonoid dalam kayu bajakah memiliki sifat antioksidan. Yang mana ini berasal dari enam penyangga utama dari flavonoid.

b) Antibakteri

Di dalam kayu bajakah juga memiliki kandungan antibakteri. Yang memiliki manfaat untuk membuat tubuh terhindar dari infeksi bakteri penyebab penyakit. Sehingga membuat imun tubuh lebih kuat dan tak mudah sakit.

c) Anti inflamasi

Anti inflamasi adalah senyawa yang memiliki peran untuk melawan peradangan pada tubuh. Yang mana inflamasi sebenarnya adalah cara tubuh untuk melawan bakteri, jamur, dan virus.

Namun, inflamasi bisa juga terjadi akibat dari gangguan autoimun. Ini merupakan sebuah kondisi yang membuat pertahanan tubuh menyerang diri sendiri bukan kuman. Dengan anti inflamasi, peradangan dalam tubuh tak semakin parah dan bisa cepat sembuh.

d) Penyembuhan luka

Senyawa dalam kayu bajakah juga memiliki efek dalam penyembuhan luka. Hal ini karena tannin yang terkandung di dalamnya akan berikatan dengan protein. Di mana ini menyebabkan suatu kondisi angiogenesis yang bisa memicu pertumbuhan pembuluh darah baru.

Penyakit yang bisa diobati dengan cara mengonsumsi ekstrak kayu bajakah

Kandungan senyawa seperti flavonoid, tannin, dan saponin menjadikan tanaman yang satu ini kaya akan sifat kimia yang baik bagi tubuh. Yang mana bisa mengobati beberapa penyakit seperti di bawah ini.

1. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi akibat glukosa yang menumpuk pada darah. Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak jaringan tubuh seperti saraf mata dan ginjal. Melansir dari NHS, kadar gula darah ini disebabkan oleh beberapa hal. Namun, masalah utamanya tetap ada pada hormon insulin yang tidak cukup untuk menyimpan glukosa dalam sel.

Pengobatan diabetes selalu hanya dengan cara minum obat dan suntikan insulin. Juga mengatur kebiasaan makan. Sementara manfaat madu bajakah dalam penyakit ini karena bisa untuk menurunkan risiko penyebab diabetes. Karena memiliki senyawa flavonoid yang bisa mengatur berat badan, salah satu pemicu diabetes.

2. Asam urat

Penyakit ini memiliki nama medis gout atau radang sendi. Sedangkan asam urat adalah nama untuk senyawa hasil akhir dari metabolisme purin. Terlansir dari Mayo Clinic, purin adalah zat yang muncul akibat terjadinya kerusakan sel.

Selain dari dalam tubuh, purin juga ada dalam makanan apa pun itu. Namun, yang paling harus dihindari ialah daging sapi, daging binatang liar, dan aneka seafood. Tumbuhan seperti kacang-kacangan sebenarnya juga mengandung purin tinggi. Akan tetapi, tak begitu berarti karena memiliki kandungan lain yang juga bermanfaat untuk menurunkan asam urat.

Pengobatan asam urat juga tak lebih dari minum obat dan mengatur pola hidup sehat. Penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi. Layaknya kayu bajakah.

Hal ini tak lain untuk membuat tubuh memiliki imunitas yang kuat. Selain itu, antioksidan juga punya manfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.

3. Hipertensi

Hipertensi, penyakit yang tak memiliki gejala berarti ini merupakan pembunuh dalam senyap. Sebab diam-diam ia merusak kinerja pembuluh darah dan jantung. Hal ini akibat dari tekanan darah tinggi membuat dinding arteri semakin menebal. Sehingga bisa menimbulkan jantung koroner.

Terlansir dari Healthline, hipertensi biasa disebabkan oleh keturunan genetik, penuaan, dan gaya hidup buruk. Seperti misalnya suka minum alkohol, sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan suka dengan makanan asin.

Tekanan darah tinggi juga merupakan penyakit kronis. Tak bisa disembuhkan, tapi bisa diminimalisir. Salah satu caranya tentu dengan gaya hidup yang sehat. Mengonsumsi kayu bajakah bisa menjadi alternatif untuk memulai hidup sehat. Sebab di dalamnya ada senyawa yang bisa mengatur berat badan dan menurunkan tekanan darah.

4. Gagal ginjal

Penyakit kronis yang satu ini termasuk yang cukup kompleks. Melansir dari Medical News Today, gagal ginjal merupakan penyakit yang menyebabkan menurunnya fungsi ginjal secara perlahan. Ada banyak faktor penyebab dari penyakit ini, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan asam urat yang menyebabkan kencing batu.

Penyakit ini bila tak ditangani dengan serius akan membuat tubuh keracunan. Karena limbah metabolisme yang tak bisa disaring oleh ginjal kembali diedarkan ke seluruh tubuh. Pengobatan untuk ginjal ini juga tak menyembuhkan hanya memperbesar angka harapan hidup. Seperti misalnya cuci darah.

Manfaat kayu bajakah pada penyakit ini lebih bisa dikatakan sebagai pencegahan. Dengan kandungan senyawa yang memiliki antioksidan, tentu akan mengurangi tekanan darah tinggi dan asam urat.

5. Kanker

Kanker adalah penyakit yang terjadi karena aktivitas tak normal dari sel. Mengutip dari Mayo Clinic, ini disebabkan oleh tingginya paparan radikal bebas dalam tubuh penderita. Sehingga menyebabkan tubuh mengalami mutasi genetik.

Seperti yang sering Anda dengar, pengobatan kanker selalu berupa operasi, radiologi, dan kemoterapi. Yang mana juga diikuti dengan mengatur pola hidup sehat. Contohnya tak merokok, olahraga teratur, makan-makanan sehat, dan menghindari sinar ultraviolet.

Sebagai obat herbal, kayu bajakah memiliki peran untuk menangkal radikal bebas penyebab mutasi genetik. Selain itu, karena memiliki senyawa tannin dan flavonoid membuat kayu bajakah juga punya peran dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Karena keduanya akan mengeluarkan zat hidroksil yang akan berikatan dengan senyawa kanker.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi kayu bajakah.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah Asli Kalimantan

Ada banyak cara dan varian bagi Anda untuk mendapatkan manfaat sehat dari kayu bajakah. Bisa dengan cara konvensional seperti para leluhur suku Dayak. Pula ada cara yang lebih modern dan praktis dan kedua cara tersebut telah kami rangkum untuk Anda di bawah ini.

Mengonsumsi kayu bajakah dengan cara tradisional

Bila Anda menggunakan cara ini berarti, kayu bajakah yang harus dibeli adalah dalam bentuk serpihan. Bila kayu bajakah sudah sampai rumah, Anda bisa membuatnya menjadi serbuk lalu menyedunya dalam air hangat dengan takaran 1 gram banding 500 ml.

Selain itu, Anda bisa merebus satu potong kayu bajakah selama kurang-lebih 30 menit. Atau sampai air rebusan tampak seperti warna teh. Setelah itu angkat dan sajikan dalam cangkir. Obat herbal tradisional ala masyarakat Dayak siap menyehatkan tubuh Anda.

Menggunakan produk siap minum

Kedua adalah dengan cara membeli produk bajakah yang tinggal minum, seperti madu dan teh Uhat Bajakah.

Madu Uhat Bajakah

Dalam produk ini Anda akan mendapatkan manfaat kayu bajakah dengan lebih mudah. Sebab Anda hanya perlu menuangkan madu dalam sendok makan, lalu meminumnya dua kali sehari.

Namun, bila Anda ingin khasiat kesembuhan bisa digunakan tiga kali sehari. Selain dengan cara meminumnya langsung, Anda bisa membuatnya menjadi teh hanya dengan melarutkannya dalam air 180 ml.

Teh Uhat Bajakah

Dalam produk ini Anda juga akan mendapatkan cara mengonsumsi kayu bajakah dengan sangat amat mudah. Sebab hanya perlu menyiapkan segelas air panas, yang mendidih, lalu celupkan satu saset Teh Uhat Bajakah. Tunggu beberapa waktu sampai airnya berubah kecokelatan, maka teh dari kayu bajakah siap dinikmati.

Saran konsumsi, bila ingin mendapatkan manfaat pengobatan konsumsi teh ini sehari 2-3 kali. Sementara bila untuk pencegahan cukup 1 kali sehari.

Dengan menggunakan teh dan madu dari Uhat Bajakah, selain praktis, Anda tak perlu lagi ragu dengan kandungan di dalamnya. Sebab Uhat Bajakah telah memiliki sertifikasi dari laboratorium.

Kami juga menyediakan konsultasi gratis untuk Anda, bila ingin bertanya seputar penyakit maupun khasiat dari kayu bajakah. Untuk konsultasi silakan klik Konsultasi Uhat Bajakah. Lalu isi biodata Anda dalam kolom yang tersedia, maka kami akan segera menghubungi Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini bisa mengunjungi link Madu dan Teh Uhat Bajakah. Silakan klik pesan melalui Whatsapp.

Terima kasih, semoga hari Anda meyenangkan!