Manfaat kayu Bajakah Selain Kanker. Beberapa tahun yang lalu, pernah tersebar berita gempar terpaut manfaat kayu bajakah untuk kanker. Saking viralnya, tumbuhan ini sampai diburu banyak pembeli dari bermacam wilayah di Indonesia.

Kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) ini merupakan tumbuhan yang berasal dari pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah. Tanaman ini memang sudah lama digunakan oleh suku Dayak buat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di luar itu, tumbuhan ini belum sempat dibudidayakan sebab belum banyak orang yang mengetahui seputar khasiatnya.

Bajakah ialah salah satu tumbuhan yang berkembang di pedalaman Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah. Kayu dari tumbuhan ini telah lama dimanfaatkan oleh warga dekat selaku obat buat menanggulangi bermacam penyakit secara turun temurun.

Bisa jadi Kamu sempat mendengar nama kayu bajakah ini. Kayu ini memanglah pernah disorot beberapa waktu yang lalu sebab khasiatnya yang berkaitan dengan kanker.

Klaim ini muncul dari 3 pelajar SMA dari Indonesia yang mencapai medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2019 lalu.

Kayu bajakah sendiri teruji memiliki senyawa berbentuk fenolik, flavonoid, tannin, serta saponin. Kandungan senyawa dalam tanaman tersebut dinilai memanglah mempunyai kemampuan khasiat buat menunjang kesehatan manusia. Dalam suatu riset pula mengatakan kalau tumbuhan bajakah berpotensi dapat dimanfaatkan manusia selaku obat luar ataupun salep.

Mengenal Kayu Bajakah

Spatholobus Littoralis Hassk ataupun yang disebut ‘ Bajakah’ di Indonesia. Ialah tanaman yang bagi pengguna tradisional di Asia, mempunyai efek positif untuk kesehatan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia( LIPI), Spatholobus Littoralis Hassk memiliki antioksidan besar yang bisa mencegah radikal bebas.

Kandungan antioksidan bajakah dikatakan ribuan kali lebih besar dibanding tipe tumbuhan yang lain. Bubuk bajakah yang bagi pengguna tradisional di Asia mempunyai efek positif untuk kesehatan. Dari hutan alam Kalimantan Tengah, racikan tersebut memiliki banyak antioksidan serta banyak zat baik yang lain.

Bagi Universitas Lambung Mangkurat, tumbuhan tersebut memiliki 40 zat yang bisa mematikan sel kanker dalam badan. Zat tersebut antara lain saponin, fenol, stereida, terpenoid, tanin, alkonoid serta terpenoid.

Terdapat pula tanin, flavonoid, serta senyawa fitokomis sehat yang lain seperti steroid. Fitokimia ataupun Phythonutrients mengoptimalkan sistem imunitas badan, penuhi kebutuhan vit A, mematikan sel kanker, membetulkan struktur DNA yang rusak serta mendetoksifikasi senyawa karsinogenik.

Bajakah secara tradisional digunakan oleh suku Dayak. Suku tersebut memakai bajakah selaku obat tradisional melawan kanker. Ini juga telah berkontribusi pada banyak perhatian yang diberikan pada racikan ini dalam beberap tahun terakhir.

Dikutip Kraatje, bagian tertentu dari tumbuhan Bajakah semacam pangkal kaya akan flavonoid yang tepat serta senyawa fitokomis sehat yang lainnya.

Jenis Kayu Bajakah

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Sering digunakan oleh warga pedalaman Kalimantan Tengah. Sebab zat yang termasuk di dalamnya bisa memesatkan perkembangan kolagen, serta pembuatan epitel baru. Sehingga sering digunakan buat mempercepat proses pengobatan cedera.

Bajakah Lamei

Dilansir dari halaman Institut Pertanian Bogor( IPB), ini ialah tumbuhan hutan hujan tropis yang berkembang merambat di wilayah lembab. Cairan dari tumbuhan ini dipercaya bisa mengobati diare.

Bajakah Kalalawit (Uncaria gambir Roxb)

Mempunyai isi phenol serta antibacterial, tumbuhan ini dipercaya mempunyai kandungan katekin yang besar. Katekin disebut dapat menghindari penyakit jantung, kelebihan berat badan, serta menolong pembuatan kolagen.

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Tanaman merambat dengan ketinggian bisa mencapai 50 m. Tumbuhan ini umumnya merambat pada tumbuhan kayu dari suku Phaseoleae. Tanaman ini pertamakali ditemui oleh Justus Karl Hasskarl, seorang pakar Botani asal Jerman pada 1842.

Tumbuhan bajakah mempunyai 29 spesies yang mayoritas berkembang di hutan tropis Indonesia. Daun tumbuhan bajakah tampala mempunyai warna kuning, putih serta coklat, dengan wujud tajam. Sebaliknya bunganya bercorak ungu, putih serta pink dengan wujud kecil.

Khasiat pangkal bajakah buat penyembuhan herbal baru terkenal belum lama ini. Perihal ini sebab ada sebagian senyawa baik yang termasuk di dalam kayu bajakah, di antara lain:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Tidak hanya dinilai berpotensi bisa jadi solusi buat kanker, kayu bajakah pula dipercaya mempunyai khasiat kesehatan yang lain.

Apa Saja Khasiat Pangkal Kayu Bajakah Tidak hanya Buat Kanker?

Tumbuhan bajakah sudah digunakan oleh masyarakat suku dayak buat dijadikan tumbuhan obat alami. Mereka secara turun temurun sudah memakai seluruh bagian dari kayu bajakah buat dijadikan obat.

Sedangkan di wilayah Pulang Pisau Kalimantan Tengah, khasiat kayu bajakah digunakan selaku obat buat disentri serta sakit, dan mengobati cedera.

Manfaat pangkal bajakah yang lain ialah, sanggup menghentikan pendarahan. Dalam uji laboratorium, kayu bajakah teruji mempunyai senyawa fenolik positif, flavonoid, tanin, serta saponin. Saponin serta tanin inilah yang memicu angiogenesis, bagian penting dari proses pengobatan cedera.

Manfaat Kayu Bajakah Selain Obat Kanker

Kayu bajakah berpotensi jadi obat untuk obati kanker. Kayu bajakah memanglah dinilai mempunyai manfaat kesehatan buat manusia. Perihal ini dapat kamu amati dari warga dekat yang sudah memakai tumbuhan herbal ini buat menanggulangi permasalahan kesehatan. Berikut beberapa manfaat kayu bajakah yang dinilai baik buat kesehatan badan :

Tingkatkan Imunitas

Khasiat kayu bajakah yang pertama yaitu buat tingkatkan imunitas ataupun sistem imunitas badan. Khasiat kayu bajakah ini didapat berkat adanya kandungan antioksidan yang besar di dalamnya. Perihal ini pasti akan sangat bermanfaat untuk badan buat mencegah serangan penyakit.

Buat memperoleh khasiatnya, Kamu dapat mencoba menyeduh teh Uhat bajakah teratur tiap hari, paling utama pada pagi hari saat keadaan perut masih kosong.

Mempercepat Pengobatan Luka

Khasiat kayu bajakah yang kedua ialah buat mempercepat pengobatan cedera. Kayu bajakah pula dipercaya bisa mempercepat pengobatan cedera dan bisa menghentikan perdarahan pada cedera.

Ini tidak lepas dari kandungan senyawa saponin serta tannin yang terdapat pada kayu bajakah. Senyawa-senyawa ini dikenal bisa memicu pembuatan pembuluh  darah baru pada cedera. Perihal ini pasti sangat bermanfaat buat menunjang proses pengobatan cedera.

Oleh sebab itu, pemakaian salep dengan ekstrak kayu bajakah ataupun tetesan air rebusan kayu bajakah dapat jadi pilihan buat menyembuhkan cedera.

Mencegah Radikal Bebas

Khasiat kayu bajakah yang ketiga ialah bisa mencegah radikal bebas. Radikal bebas yaitu sel-sel rusak yang bisa menimbulkan permasalahan pada kesehatan. Ketika badan mempunyai kandungan radikal bebas yang berlebih, akan menimbulkan kerusakan pada sel yang lain, sampai bisa jadi sumber penyakit.

Kayu bajakah mempunyai kandungan senyawa fenolik yang dikenal mempunyai kegiatan antioksidan yang sangat kokoh. Kandungan inilah yang dinilai bisa mencegah radikal bebas di dalam badan.

Tidak hanya buat mencegah dampak radikal bebas, antioksidan pula mempunyai kedudukan penting yang lain untuk badan. Seperti buat pengobatan penyakit degeneratif, seperti diabet, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, serta kanker.

Meredakan Disentri

Khasiat kayu bajakah yang keempat yaitu buat meredakan disentri. Warga sekitar yakin kalau khasiat dari kayu bajakah juga dapat dijadikan sebagai obat disentri, ataupun peradangan pada usus yang menimbulkan diare.

Pengobatan disentri pada saluran pencernaan ini dinilai akan lebih cepat dengan terdapatnya kandungan anti kuman yang terdapat pada kayu bajakah.

Meringankan Pegal

Khasiat kayu bajakah yang berikutnya ialah bisa meringankan pegal. Tidak hanya dinilai dapat meredakan disentri, kayu bajakah pula yang dipercaya oleh warga sekitar berguna buat meringankan rasa pegal.

Seorang yang sering merasa pegal sebab pekerjaan ataupun juga aktivitas yang lain, dianjurkan buat minum madu Uhat Bajakah ataupun teh dari kayu bajakah. Dengan konsumsi air kayu bajakah ini, rasa pegal bisa menurun, serta tubuh akan terasa lebih ringan.

Mencegah Penuaan Dini

Khasiat kayu bajakah yang lainnya yaitu buat menghindari penuaan dini. Antioksidan ialah senyawa penting yang diperlukan buat melindungi kesehatan kulit. Konsumsi makanan serta minuman dengan antoksidan besar akan menghindari kulit keriput, membuat kulit lebih kencang serta pula halus.

Menghindari Terbentuknya Infeksi

Manfaat kayu bajakah selain kanker yaitu buat menghindari terbentuknya peradangan. Dalam suatu riset menciptakan hasil kalau ekstrak dari pangkal ataupun kayu bajakah bisa dimanfaatkan buat menghindari peradangan yang disebabkan kuman.

Pangkal kayu bajakah bisa menghindari peradangan paling utama pada tipe kuman Escherichia coli. Khasiat tersebut disinyalir sebab kandungan senyawa alaminya ialah semacam flavonoid, tanin, saponin, serta pula polifenol.

Mencegah Kerusakan Hati

Seperti yang kamu ketahui, organ hati berfungsi penting pada tubuh manusia. Hati mempunyai tugas buat menghancurkan toksin. Biasanya yang terdapat di dalam darah, memproduksi protein, serta pula menolong proses pencernaan dalam tubuh manusia.

Khasiat pangkal bajakah pula bisa menghindari kerusakan pada organ hati yang sangat penting untuk tubuh sebab kegiatan antioksidan yang terdapat di dalamnya berkat senyawa fenolik.

Mengurangi Kandungan Kolesterol Jahat

Warga lokal paling utama suku Dayak mempercayai tanaman bajakah bisa untuk mengurangi kolesterol. Teruji dengan jarangnya mereka menghadapi kendala kolesterol jahat, meski masih perlu dilakukan riset serta uji klinis lebih lanjut.

Mengurangi Kandungan Gula Dalam Darah

Manfaat kayu bajakah yang lain yaitu buat menolong menyembuhkan penyakit diabet. Penyakit diabet biasanya diakibatkan tidak berfungsinya organ Pankreas dengan baik.

Tugas pankreas sendiri yaitu buat memproduksi insulin dalam tubuh supaya kandungan gula di dalam darah tidak menumpuk di dalam darah.

Anti Malaria

Dalam aktivitasnya tiap hari, penduduk lokal kalimantan seringkali bepergian kedalam hutan belantara. Entah buat hanya mencari ataupun buat mendulang emas ataupun intan. Manfaat kayu bajakah buat menyembuhkan malaria sudah umum saat mereka berada di dalam hutan.

Dengan begitu banyaknya khasiat pangkal bajakah tersebut diatas, tidak heran saat ini banyak sekali orang beramai–ramai buat mencarinya sebagai obat herbal.

Ada yang menggunakan sebagai obat kanker buah dada, maupun buat mengobati tipe kanker lainnya. Serta ada pula yang buat menyembuhkan bermacam tipe penyakit degeneratif yang lainnya.

Melihat manfaat kayu bajakah yang demikian banyak, banyak para oknum yang menjual kayu bajakah dengan sembarangan serta harga murah, tanpa melihat jenisnya terlebih dulu. Perihal ini sangatlah beresiko untuk kesehatan badan.

Saat sebelum Kamu membeli kayu bajakah, ada baiknya buat mengenali terlebih dulu karakteristik-karakteristik kayu bajakah yang asli, supaya Kamu bebas dari penyesalan di kemudian hari.