Khasiat Kayu Bajakah. Kayu bajakah ataupun bajakah ialah salah satu spesies batang menjalar yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan Tengah. Sampai saat ini, penyebaran tanaman ini belum ditemui di provinsi lain di Indonesia.

Terdapat banyak tipe kayu bajakah yang berkembang, tetapi tipe bajakah terpopuler yang biasa digunakan warga Kalteng merupakan bajakah tampala yang mempunyai nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk.

Mulanya, kayu bajakah digunakan orang- orang suku Dayak sebagai kayu herbal. Terdapat banyak khasiat kayu bajakah yang telah diyakini suku Dayak semenjak dahulu.

Mulai dari mengobati cedera, melindungi kebugaran badan,dan lain sebagainya. Khasiat kayu bajakah ini diambil dengan cara meminum langsung air sari kayu bajakah yang terdapat pada bagian dalam kayu terbawah ataupun pangkal kayunya.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, kayu bajakah setelah itu kian diketahui di warga Kalimantan yang lain. Seseorang nenek yang mengidap kanker payudara mengklaim dirinya sembuh sehabis konsumsi rebusan kayu bajakah.

Setelah itu bersumber pada hasil riset Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sel tumor pada tikus putih lenyap dalam waktu 2 minggu berkat kayu bajakah.

Riset Seputar Kayu Bajakah

Pada tahun 2019, regu siswa asal SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, medapatkan penghargaan di ajang internasional World Invention Creativity Olympic( WICO) di Seoul, Korea Selata. Untuk hasil penelitiannya seputar khasiat kayu bajakah untuk kesehatan.

Di tahun yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy setelah itu berikan apresiasi pada prestasi siswa tersebut.

Walaupun telah diteliti oleh ilmuwan lokal, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI berikan imbauan kalau khasiat bajakah masih butuh diteliti lebih lanjut. Karena, belum terdapat dosis pas untuk konsumsi kayu bajakah secara kedokteran, serta cara kerja kayu bajakah belum dikenal lebih rinci.

Tidak ada satu obat pun yang bisa atau sanggup mengobati seluruh tipe kanker. Ini berarti cuma tipe kanker tertentu yang dapat dipulihkan kayu bajakah. Walaupun begitu, memang tidak ada salahnya bila kamu mau turut konsumsi kayu bajakah dengan takaran yang tidak berlebihan.

Beberapa waktu lalu, pernah gempar berita yang berkata khasiat kayu bajakah sebagai obat kanker. Sampai saat ini juga manfaat pangkal tanaman tersebut memanglah masih jadi polemik. Sekalipun belum terdapat fakta ilmiah yang melaporkan pangkal bajakah bisa mengobati penyakit kronis tersebut.

Tumbuhan bajakah merupakan tipe tumbuhan yang berasal dari pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah yang belum tersebar ke wilayah lain. Bajakah banyak jenisnya, tetapi salah satu yang sangat banyak dibicarakan sebab sempat diklaim sanggup mengobati kanker merupakan bajakah tampala( Spatholobus littoralis Hassk.).

Kayu bajakah sendiri memiliki teruji memiliki fenolik, flavonoid, tannin, serta saponin. Kandungan dalam tanaman tersebut memanglah mempunyai banyak kemampuan khasiat buat kesehatan manusia. Tetapi apakah kandungan itu saja cukup buat mengklaim khasiat kayu bajakah sebagai obat kanker serta semua jenis penyakit?

Benarkah bisa mengobati kanker?

Klaim khasiat kayu bajakah yang bisa mengobati kanker lahir ketika ada 3 pelajar SMA di Indonesia yang mendapat medali emas. Medali di Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, Juli 2019 lalu. Dalam studi mereka memanglah ditemui kalau kayu bajakah bisa menyembuhkan kanker pada mencit (tikus kecil putih).

Sehabis itu, orang berbondong-bondong mencari pangkal tumbuhan bajakah buat dijadikan obat kanker. Apalagi di pasaran, harga serpihan kayu bajakah menggapai Rp300.000 per kg serta kayunya dijual Rp2.000.000 per potong.

Klaim ini langsung diluruskan oleh Departemen Kesehatan RI beserta para ilmuwan yang lain. Mereka menyuarakan perihal yang sama, ialah kayu bajakah memanglah mempunyai kemampuan sebagai obat kanker sebab telah teruji di riset awal. Tetapi belum dapat dikatakan sebagai obat kanker sebab masih perlu diteliti lebih lanjut serta diuji ke manusia.

Dengan riset lebih lanjut, khasiat kayu bajakah akan diuji buat memandang:

  • Daya guna serta keamanan (toksisitas) tumbuhan tersebut ketika di konsumsi oleh manusia
  • Dosis yang pas buat mengobati keadaan tertentu
  • Tipe penyakit khusus yang dapat dipulihkan sebab satu obat tidak bisa jadi bisa mengobati seluruh tipe kanker

Cara kerja obat tersebut ketika masuk ke badan manusia

Pengujian pada manusia sendiri dapat berlangsung dalam hitungan bulan sampai tahun serta wajib melewati fase 1-3.

  • Fase 1 untuk melihat toksisitas, keamanan, serta cara kerja.
  • Untuk Fase 2 melihat daya guna serta efisiensi dalam jumlah ilustrasi sedikit.
  • Fase 3 melihat daya guna serta efisiensi dalam jumlah ilustrasi banyak.

Bila kayu bajakah bisa melewati tahapan tersebut, barulah kayu ini disebut lolos uji klinis serta bisa dijadikan salah satu kandidat obat kanker. Sampai saat ini, kayu bajakah sendiri masih tersebar di warga sebagai obat herbal yang khasiatnya dipercaya turun-temurun saja.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) senantiasa membuka diri buat menunjang khasiat kayu bajakah sebagai obat yang diakui di lingkup nasional ataupun internasional. BPOM siap berikan no izin edar untuk obat dari kayu bajakah apabila telah teruji secara klinis.

Kandungan Kayu Bajakah

Lebih lanjut, ada sebagian senyawa baik yang termasuk di dalam kayu bajakah. Antara lain sebagai berikut:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Cara Konsumsi Kayu Bajakah

Bagian kayu bajakah terbaik yang dimanfaatkan selaku obat herbal yaitu kayu akarnya. Tetapi, kayu bajakah bagian atas pula senantiasa bisa kamu pakai kok.

Buat memperoleh khasiat kayu bajakah, kamu dapat konsumsi kayu bajakah dengan cara meminum air rebusannya ataupun menjadikan kayu bajakah sebagai bubuk teh yang dapat diseduh. Seperti yang telah tersaji pada Teh Uhat Bajakah ataupun Madu Uhat Bajakah

Cara Menjadikan Kayu Bajakah Menjadi Bubuk Teh Obat Herbal

  • Potong kayu bajakah jadi ukuran kecil serta agak tipis.
  • Jemur kayu bajakah yang telah dipotong tersebut di bawah cahaya matahari langsung, yakinkan kayu bajakah betul-betul mengering.
  • Hancurkan kayu bajakah yang telah dikeringkan sampai jadi sangat halus, membentuk bubuk teh. Kamu dapat memakai tumbukan manual, ataupun pakai blender.
  • Bila telah jadi bubuk teh, seduh dengan air panas buat diminum Pakai takaran 1 gr bubuk teh kayu bajakah dengan seduhan 500 mililiter air.
  • Aduk sampai warna air seduhan jadi cokelat bening.
  • Minum paling tidak satu gelas seduhan teh kayu bajakah tiap hari.

Bila kamu tidak mau repot-repot membuat kayu bajakah sendiri di rumah, kamu dapat membelinya saja. Seperti salah satu rekomendasi  terbaik yaitu Teh Uhat Bajakah.

Teh Uhat kayu bajakah saat ini telah banyak dijual di toko obat herbal di pasar konvensional ataupun pasar online semacam e-commerce.

Tidak hanya dijadikan teh, kayu bajakah pula dapat diolah jadi salep buat menyembuhkan cidera luar. Tetapi sayangnya, saat ini pembuatan salep dengan ekstrak kayu bajakah masih susah ditemukan

Khasiat Bajakah buat Kesehatan

Ada beberapa khasiat kayu bajakah yang baik buat kesehatan badan yaitu sebagai berikut:

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kayu bajakah bisa tingkatkan daya tahan badan. Kesehatan akan terpelihara berkat kandungan antioksidan yang besar, sehingga kamu tidak mudah sakit.

Cobalah buat teratur konsumsi segelas air seduhan teh Uhat kayu bajakah atau Madu Uhat Bajakah tiap hari. Terutama pada pagi hari saat keadaan perut masih kosong.

Kayu bajakah memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat buat melindungi serta tingkatkan imunitas badan. Sangat baik di minum buat mengimbangi gaya hidup sehat supaya bebas dari serangan penyakit autoimun. Penyakit autoimun terkenal sangat berbahaya yang dapat menyerang sampai melumpuhkan organ badan.

Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan jadi senyawa utama yang memberikan khasiat kayu bajakah untuk kesehatan. Radikal bebas yang dapat saja menumpuk di dalam badan. Hal ini bisa dsebabkan konsumsi makanan yang tidak bergizi, polusi, kebiasaan merokok, minum- minuman beralkohol, dan yang lainnya. Hal ini nantinya akan berganti jadi toksin.

Seduhan teh Uhat kayu bajakah dapat mencegah radikal bebas. Membuang seluruh toksin lewat proses detoksifikasi alami. Bersumber pada riset, ditemui kalau kayu bajakah mempunyai isi antioksidan yang melimpah.

Antioksidan yang termasuk dalam dalam kayu ini sangat bermacam-macam. Antara lain yaitu fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid, sampai alkaloid.

Menyembuhkan Disentri

Warga Kalimantan yakin kalau kayu bajakah juga dapat jadi obat disentri ataupun peradangan pada usus yang menimbulkan diare. Pengobatan disentri pada saluran pencernaan akan lebih cepat dengan isi anti kuman yang terdapat pada kayu bajakah.

Di kalangan warga Kalimantan, khasiat kayu bajakah yang sangat diketahui yaitu untuk menyembuhkan penyakit disentri. Penyakit radang usus ini biasa diiringi diare berdarah.

Dengan konsumsi kayu bajakah, pengidap disentri dapat sembuh lebih cepat sebab isi antibakteri pada kayu bajakah bisa memulihkan saluran penceranaan yang hadapi peradangan.

Meringankan Rasa Pegal

Tidak hanya menyembuhkan disentri, khasiat kayu bajakah yang lain yang dipercaya oleh warga Kalimantan yaitu meringankan rasa pegal. Orang-orang yang gampang merasa pegal akibat pekerjaan dianjurkan meminum air rebusan ataupun teh kayu bajakah. Rasa pegal akan menurun, serta tubuh terasa ringan keesokan harinya.

Jadi Obat Tumor serta Kanker

Khasiat kayu bajakah yang gempar di warga Indonesia soal daya gunanya dalam mengobati tumor serta kanker. Riset kayu bajakah yang diaplikasikan di badan tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memanglah menampilkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Terdapat pula klaim dari seorang nenek yang sembuh dari kanker payudara sehabis teratur konsumsi sari kayu bajakah. Kandungan senyawa antioksidan serta fitokimia dalam kayu bajakah dinilai dapat melawan sel tumor serta kanker.

Ini teruji dari cerita Daldin, salah satu siswa periset, yang menggambarkan cerita ibunya yang mengidap kanker payudara. Keadaan kanker payudara ibunya telah cukup parah sampai menghasilkan nanah.

Sampai bapak Daldin berinisiatif buat mencari kayu bajakah buat menyembuhkan keadaan ibu Daldin. Memanglah kayu bajakah telah diketahui sebagai tumbuhan obat turun-temurun dalam keluarganya.

Pelan-pelan tapi pasti, kanker payudara yang dialami ibunya berangsur mengering sehabis teratur konsumsi air rebusan kayu bajakah. Inilah yang jadi dasar dia memahami khasiat kayu bajakah, sampai berinisiatif buat melaksanakan riset dengan sahabatnya.

Mempercepat Proses Pengobatan Cidera Luar

Kandungan senyawa flavonoid, tannin, serta fenolik pula sanggup mengobati cedera luar lebih cepat. Oleh karenanya, pemakaian salep dengan ekstrak kayu bajakah ataupun tetesan air rebusan kayu bajakah dapat jadi obat cedera yang efisien.

Menghindari Penuaan Dini

Antioksidan merupakan senyawa penting yang diperlukan badan serta kesehatan kulit. Konsumsi antoksidan yang besar akan menghindari kulit keriput lebih dini, membuat kulit lebih kencang serta halus. Penuaan dini juga dapat kamu jauhi. Inilah khasiat kayu bajakah yang dapat kamu nikmati.