Khasiat Teh dan Madu, Mampu Cegah Berbagai Penyakit. Teh lebih dari hanya minuman yang terkenal. Sepanjang ribuan tahun, minum teh sudah menjadi tradisi serta ritual yang berakar jauh di dalam budaya di seluruh dunia. Berasal dari Tiongkok, bisa jadi sekitar 2737 SM, kerutinan minum teh kemudian menyebar ke Jepang. Setelah itu Belanda, dan kemudian ke seluruh Eropa.

Pemukim Belanda di Amerika pertamakali menghadirkan teh pada 1650. Inggris merupakan salah satu negara Eropa terakhir yang mengadopsi teh, walaupun pada awal mulanya impor tumbuhan teh dikenakan pajak yang besar.

Sebagian besar impor teh diselundupkan secara ilegal hingga pemerintah Inggris memangkas tarif pajak pada tahun 1784. Membolehkan teh jadi minuman yang terjangkau buat semua serta bukan cuma minuman untuk orang kaya.

Di Inggris Raya saja, sekitar 75 juta cawan teh di minum tiap hari. Sedangkan diperkirakan lebih dari 3 miliyar cawan teh di minum di seluruh dunia tiap hari. Popularitas teh bukan cuma karena rasanya yang lezat. Sepanjang berabad-abad teh sudah di minum sebab khasiatnya yang juga sudah banyak dipelajari secara ilmiah.

Khasiat minum teh dan madu buat penyembuhan serta kesehatan sudah diketahui sepanjang ribuan tahun. Saat ini, ilmu sains modern sudah menolong menunjang klaim khasiat tersebut. Berikut beberapa khasiat minum teh untuk kesehatan yang pantas Kamu tahu, melansir dari mindbodygreen.com.

Tingkatkan Metabolisme

Khasiat minum teh yang pertama buat menolong meningkatkan proses metabolise badan Kamu. Polifenol gelap, oolong, serta teh semuanya sudah teruji tingkatkan pengeluaran kalori serta kurangi lemak badan.

Menariknya, teh sesungguhnya mempromosikan satu tipe lemak: lemak coklat. Tipe lemak ini lebih aktif secara metabolik serta memiliki lebih banyak mitokondria daripada lemak putih. Berarti lemak coklat betul-betul bisa membakar kalori serta tingkatkan metabolisme.

Dalam tinjauan terhadap 15 riset, ditemui kalau mereka yang komsumsi 2 sampai 6 cawan teh satu hari sepanjang lebih dari 12 minggu mempunyai lemak badan serta berat badan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Bila Kamu tidak menggemari teh seduhan, Kamu dapat mencoba konsumsi dalam wujud ekstrak. Ekstrak teh, wujud terkonsentrasi dari teh yang ada dalam wujud bubuk serta kapsul. Bisa pula menampilkan khasiat penyusutan berat badan yang tingkatkan metabolisme.

Anti-Inflamasi

Khasiat minum teh yang kedua ada dalam kandungan anti-inflamasinya dan ini juga terdapat dalam Teh Uhat Bajakah. Peradangan sudah berhubungan dengan semua hal mulai dari diabet sampai penyusutan kognitif. Kenyataannya, peradangan sudah diimplikasikan sebagai pangkal dari nyaris semua penyakit kronis.

Polifenol antioksidan dalam teh yaitu pembasmi peradangan yang kokoh. Kenyataannya, EGCG dalam teh 100 kali lebih kokoh daripada kekuatan antioksidan vit C. Riset sudah menampilkan kalau teh bisa berguna untuk mereka yang mengidap penyakit radang usus dan penyakit faktor peradangan yang lain.

Tingkatkan Sensitivitas Insulin

Khasiat minum teh yang keempat untuk menolong meningkatkan sensitivitas insulin. Teh bisa menolong mengurangi komplikasi akibat diabet. Diabet merupakan permasalahan kesehatan di selurub dunia, dengan resiko komplikasi yang signifikan, kematian dini, serta mutu hidup yang lebih kurang baik.

Riset menampilkan minum teh bisa meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel pankreas dari kehancuran lebih lanjut, serta kurangi peradangan. Semuanya berguna untuk mereka yang berisiko ataupun telah di nyatakan mengidap diabet.

Baik Buat Kesehatan Otak

Khasiat minum teh yang kelima untuk menolong meningkatkan kesehatan otak Kamu. Mengkonsumsi teh secara teratur bisa merendahkan resiko terserang penyakit Alzheimer serta penyakit neurodegeneratif yang lain. Walaupun pemicu tentu Alzheimer masih belum jelas serta belum ada obatnya. Riset menegaskan kalau minum teh meningkatkan skor kognitif di antara mereka yang mengidap demensia serta penyakit Alzheimer.

Tidak hanya itu, minum teh bisa meningkatkan memori serta tingkatkan rentang atensi buat menghindari penyusutan kognitif. Campuran kafein serta L-theanine dalam teh sudah teruji tingkatkan waktu respon, pemrosesan visual, memori, serta konsentrasi. Apalagi mengganti cara otak diatur buat pemrosesan data yang lebih efektif.

Menolong Menghindari Kanker

Khasiat minum teh yang keenam buat menolong menghindari penyakit kanker. Katekin EGCG teh yaitu antioksidan kokoh yang mempunyai kemampuan besar melawan kanker. Riset laboratorium serta hewan sudah menciptakan kalau EGCG bisa mengurangi metastasis serta meningkatkan hasil buat kanker payidara, paru-paru, usus besar, kulit, serta yang lain.

Sedangkan lebih banyak riset klinis pada manusia dibutuhkan, sebagian riset observasi jangka panjang sudah menciptakan khasiat minum teh dalam melawan kanker yang seragam.

Misalnya, perempuan Jepang yang minum 10 cawan ataupun lebih teh satu hari (tiap-tiap 120 ml ataupun 4 ons) menghadapi keterlambatan 7 tahun dalam munculnya kanker. Jumlah teh ini dilaporkan setara dengan 2,5 gr ekstrak teh.

Baik Buat Kesehatan Mulut

Khasiat minum teh yang ketujuh baik buat kesehatan mulut. Tidak semua minuman baik buat kesehatan mulut Kamu. Tetapi teh nyatanya dapat tingkatkan kesehatan mulut. Teh memiliki fluorida serta bisa tingkatkan populasi kuman di mulut. Ini mengurangi resiko penyakit periodontal, gigi berlubang, serta apalagi bisa jadi kanker mulut.

Tingkatkan Kesuburan

Khasiat minum teh yang kedelapan untuk menolong tingkatkan kesuburan. Suatu penelitian tahun 2018 memberi tahu ketidaksuburan sangat dipengaruhi oleh tingkatan tekanan pikiran oksidatif di jaringan reproduksi. Minum teh bisa menolong mengatasinya

Polifenol dalam teh sudah mengonfirmasi dampak anti-inflamasi serta antioksidan yang kuat. Karenanya, sudah dianjurkan kalau teh bisa tingkatkan kesuburan baik pada laki- laki ataupun perempuan. Dibutuhkan lebih banyak riset, namun tampaknya khasiat minum teh yang satu ini lumayan menjanjikan.

Menghidrasi

Khasiat minum teh yang kesembilan buat menolong menghidrasi badan. Walaupun tadinya dikira kalau teh (serta kopi) tingkatkan kehilangan cairan tubuh dengan berperan semacam diuretik serta menimbulkan badan kehabisan lebih banyak cairan. Riset terkini menciptakan kalau 6 sampai 8 cawan teh satu hari sama melembapkannya dengan jumlah yang sama dari air putih.

Baik Buat Kesehatan Usus

Khasiat minum teh yang terakhir baik buat kesehatan usus. Kesehatan usus tidak cuma terdiri dari serat serta probiotik. Riset menampilkan kalau polifenol teh berguna memodifikasi kuman usus. Ini bisa menimbulkan dampak kesehatan positif semacam berkurangnya penyerapan karbohidrat, kenaikan kandungan gula darah, serta penyusutan berat badan.

Selain teh ada juga produk lain yang sangat bagus untuk kesehatan yaitu madu. Khasiat teh dan madu ini sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi bagi semuanya. Madu merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan selaku pemanis, baik buat teh, serealia, panekuk, serta pula wafel.

Tidak hanya lezat, cairan kental yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini menyimpan bermacam-macam khasiat buat kesehatan badan. Apa saja sih khasiat madu?

Memahami Madu serta Kandungannya

Madu ialah produk alami dari lebah yang berupa semacam larutan gula serta memiliki sekitar 17,1% air. Kandungan madu sangat bermacam-macam, seperti itu mengapa manfaat madu pula banyak untuk kesehatan.

Kandungan paling tinggi dari madu yaitu fruktosa, yang mencapai 38,5%. Kemudian, diiringi dengan glukosa, sekitar 31%. Fruktosa serta glukosa merupakan tipe gula alami yang biasa ditemui pada makanan dan minuman.

Walaupun kandungan gulanya lumayan besar, madu pula memiliki beberapa vit serta mineral yang baik buat kesehatan. Kandungan penting dari madu yaitu asam askorbat, asam pantotenat, niacin serta riboflavin.

Tidak hanya itu, ada pula berbagai macam mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta zinc. Tidak cuma itu, madu pula memiliki bermacam enzim penting buat kesehatan badan.

Khasiat Madu untuk Tubuh

Kenyataannya, madu merupakan cairan“ ajaib” yang semenjak dahulu digunakan buat mengobati cedera serta menanggulangi keluhan saluran cerna. Inilah khasiat teh dan madu yang bisa kamu ketahui. Apalagi belum lama, riset mengatakan kalau madu pula bisa bawa sederet khasiat lain buat kesehatan badan, berbentuk:

Agen Antibakteri

Isi hidrogen peroksida serta tingkatan keasaman alami pada madu teruji bisa menghindari proses perkembangan kuman.

Sebab itu, madu jadi salah satu bahan alami yang teruji efisien dalam memesatkan proses pengobatan cedera dan menanggulangi keluhan di lambung.

Salah satu uji klinis yang dilakukan menampilkan, sebagian tipe madu efisien dalam membatasi perkembangan puluhan tipe kuman, termasuk E.coli serta Salmonella.

Sedangkan itu, salah satu tipe madu dari Selandia Baru, yang diketahui selaku madu Manuka. Efisien menghindari serta menanggulangi peradangan kuman Staphylococcus yang sering melanda hidung ataupun kulit, dan kuman H.pylori yang berfungsi dalam terbentuknya tukak lambung.

Khasiat madu buat kesehatan badan pula bisa ditemui pada madu Tualang yang berasal dari Malaysia.

Menyejukkan Tenggorokan

Manfaat madu yang satu ini berhubungan dengan watak antiradang dari madu itu sendiri. Khasiat ini bisa juga kamu temukan pada Madu Uhat Bajakah yang sangat kaya manfaat. Diakibatkan oleh kandungan flavonoid serta tipe polifenol lainnya dengan cara membatasi hormon faktor peradangan dalam badan.

Riset yang dilakukan pada 139 anak menciptakan kalau madu lebih efisien dalam meredakan batuk pada malam hari. Membetulkan kualitas tidur dibanding dengan obat pereda batuk.

Senada dengan itu, riset lain yang dilakukan pada 105 anak pula meyakinkan kalau madu lebih baik daripada obat batuk dalam meredakan batuk di malam hari.

Walaupun demikian, madu tidak disarankan buat di minum oleh anak di bawah umur 1 tahun. Sebabnya, anak di umur tersebut belum mempunyai saluran cerna yang kuat sehingga belum sanggup mengolah kontaminasi tertentu pada madu.

Menurunkan Tekanan Darah

Madu pula efektif dalam menurunkan tekanan darah besar. Tekanan darah besar bisa tingkatkan resiko penyakit jantung serta pembuluh darah. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan kandungan antioksidan dari madu.

Madu sangat kaya akan kamdungan senyawa fenolik yang sudah teruji sangat berkontribusi terhadap kesehatan manusia, termasuk  menurunkan tekanan darah.

Bantu Pengobatan Luka

Manfaat madu buat kesehatan, ialah selaku penyembuh cedera telah dikenal sejak zaman dulu. Apalagi, satu riset menampilkan tingkatan keberhasilan madu, ialah 43,3%, yang digunakan dalam perawatan cedera.

Riset lain pula menampilkan madu bisa mengobati cedera pada pengidap diabet dengan presentasi kesuksesan sebanyak 97%.

Pasti saja keahlian ini dapat didapat sebab madu mempunyai watak antiradang serta antibakteri yang sudah disebutkan di atas.

Obat Semua Penyakit

Madu diprediksi mempunyai khasiat yang baik dalam menolong memperkecil resiko terbentuknya kanker, penyakit jantung, diabet, serta permasalahan kesehatan kronis yang lain. Tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut buat betul-betul memastikannya.

Wah, nyatanya banyak khasiat madu untuk kesehatan. Tertarik mencobanya? Kamu dapat meminumnya secara teratur serta tertib, tetapi jangan sampai berlebihan ya!