Madu Asli, Ketahuilah Berbagai Cirinya! Madu diketahui dengan khasiatnya buat kesehatan. Bagi The European Food Information Council, madu memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi, sampai antioksidan yang baik buat kesehatan.

Tidak heran, banyak orang yang meminum madu buat melindungi data tahan tubuh mereka. Samahalnya dengan ketersediaan Teh Uhat Bajakah dan Madu Uhat Bajakah juga durekomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tetapi, tidak semua madu yang tersebar di pasaran itu madu murni, lho.

Ada madu yang dicampur dengan bahan lain semacam glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, sirop jagung, pati, tepung, serta sebagainya.

Tujuannya yaitu untuk mengambil keuntungan lebih. Alih-alih menyehatkan, madu palsu ini malah dapat memunculkan penyakit.

Madu diketahui banyak mempunyai segudang manfaat yang sangat baik buat badan. Supaya tidak tertipu dengan benda palsu, ayo, kenali karakteristik madu asli di mari.

Madu ialah bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Setelah itu, para lebah membawa nektar ini ke sarang mereka serta menghadapi 3 proses pengolahan sampai jadi madu.

Rasa manis aslinya mempunyai segudang manfaat yang sangat baik buat badan. Mulai dari perawatan kulit, menolong mengobati cedera, sampai selaku anti oksidan.

Tetapi, tidak tidak sering terdapat oknum-oknum bandel yang mencampuri madu dengan bahan-bahan palsu. Ada madu yang dicampur dengan bahan lain semacam glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, sirop jagung, pati, tepung, serta sebagainya. Tujuannya yaitu untuk mengambil keuntungan lebih. Alih-alih menyehatkan, madu palsu ini malah dapat memunculkan penyakit, lho.

Berikut ini ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri madu alami yang asli yang berasal dari lebah madu. Kenali lebih dekat supaya kamu tidak tertipu dengan menyebarnya penjualan madu di pasaran.

Karakteristik Madu Asli

Sebab itu, ayo, kenali karakteristik madu asli dibanding madu palsu!

Tidak Lengket

Bila kamu menggosok-gosokkan madu memakai 2 jari, madu asli cenderung tidak lengket. Berbeda dengan madu palsu yang agak lengket sebab memiliki pemanis serta bahan tambahan.

Tidak hanya itu, madu asli yang digosokkan dengan metode tadi akan meresap ke dalam kulit. Jika kamu merasakan terdapat butiran yang tertinggal, jangan beli madu tersebut.

Sangat Kental

Jika botol madu digoyangkan, madu akan bergerak dengan sangat lambatsebab teksturnya sangat kental. Bila madu dapat bergerak dengan cepat serta ringan, bisa jadi itu madu oplosan.

Mengalir Lancar

Coba tuangkan madu bersuhu ruangan ke permukaan datar dengan sendok. Bila madu mengalir tanpa putus serta membentuk gumpalan saat sampai di permukaan dengan susunan yang menghilang cept, dapat ditentukan itu madu asli.

Madu palsu ataupun madu asli yang kurang bermutu (kandugan airnya di atas 20 persen) akan mengalir terputus-putus.

Madu premium mempunyai kandungan air kurang dari 18 persen, apalagi 14 persen, sehingga masa simpannya panjang.

Bila mau menyamakan kandungan air 2 madu berbeda (madu di temperatur ruang), balikkan saja botolnya. Jika gelembung udara di dalam madu naik dengan cepat, berarti kandungan airnya lebih banyak.

Tidak Gampang Larut dalam Air

Siapkan segelas air kemudian tuangkan sesendok madu ke dalamnya. Madu asli tidak gampang larut dalam air serta akan mengendap di dasar gelas, sedangkan madu palsu cepat menyatu dengan air.

Rasa serta Warna

Rasa madu asli tidak tertinggal di lidah, berbeda dengan madu palsu. Tetapi soal keseriusan rasa, madu memang mempunyai rasa serta warna yang berbeda-beda bergantung bunga yang diambil nektarnya oleh sang lebah.

Umumnya madu yang bercorak cerah mempunyai rasa yang lebih ringan serta madu yang bercorak hitam mempunyai rasa lebih pekat.

Rasa memang soal selera, bukan mutu. Tetapi, secara umum, warna madu yang lebih hitam menampilkan pH serta kandungan mineral semacam potassium, klorin, sulfur, zat besi, mangan, magnesium, serta sodium yang lebih besar.

Tidak Berbuih Bila Dipanaskan

Madu asli akan berkaramelisasi dengan cepat saat dipanaskan, tetapi tidak berbuih. Busa umumnya akan timbul pada madu palsu sebab terdapat tambahan kelembapan, gula, serta air

Uji Korek Api

Celupkan korek api ke dalam madu, kemudian nyalakan seperti biasa. Jika madu tersebut asli, api akan menyala dengan gampang. Bila tidak, mungkin madu tersebut palsu sebab memiliki air.

Uji Roti

Coba oleskan madu ke selembar roti tawar. Bila madu tersebut asli, roti akan jadi keras dalam beberapa menit. Tetapi jika madu tadi palsu, roti akan jadi basah.

Uji Daya Serap

Madu asli yang diteteskan ke kertas minyak tidak akan terserap, berbeda dengan madu palsu. Saat dituangkan ke kain putih, madu asli pula tidak meninggalkan bercak seperti madu oplosan.

Kejernihan

Madu palsu nampak bersih, sebaliknya madu asli dapat nampak keruh sebab memiliki pollen serta kadang-kadang bagian badan lebah.

Tetapi, tidak seluruh madu yang jernih itu madu oplosan. Kerapkali madu asli dipanaskan serta disaring berulang kali buat menciptakan madu yang bersih serta lebih awet, sehingga lebih menarik buat dijual.

Bagaimanapun pula, kamu tidak bisa merasakan khasiat pollen, propolis, serta zat alami yang lain pada madu yang jernih.

Jika ingin madu dengan khasiat maksimal, pilih madu berlabel raw, tanpa pasteurisasi, ataupun difilter minimun.

Uji Kuning Telur

Masukkan madu ke dalam wadah, tambahkan kuning telur, serta aduk. Kuning telur akan nampak matang bila madu tersebut asli, sebaliknya madu palsu tidak berimbas apa-apa.

Membedakan madu asli serta palsu memanglah susah, apalagi untuk ahlinya sekalipun. Cara-cara di atas dapat dicoba, tetapi kadangkala tidak dapat dipukul rata sebab terdapat bermacam-macam tipe madu yang mempunyai ciri berbeda. Salah satunya tata cara yang bisa mengukur mutu madu secara tentu merupakan uji laboratorium.

Dengan Metode Membekukan Madu

Kamu pula dapat melihat ciri madu asli dalam kulkas. Masukkanlan madu tersebut ke dalam freezer. Bila madu tidak mengeras setelah beberapa lama dimasukkan, berarti itu merupakan madu asli. Tetapi, jika madu mengeras itu berarti telah terdapat campurannya ataupun palsu.

Uji Madu dengan Sari Cuka

Gabungkan sedikit madu, air serta 2-3 tetes sari cuka. Bila berbusa, kemungkinan besar madu yang kamu beli itu benda palsu.

Ciri Madu Asli dengan Semut

Pasti kamu mengetahui kalau madu mempunyai rasa manis yang tidak tertinggal lama di lidah. Tidak hanya itu, ciri madu murni dapat dilihat dari rupanya.

Buat madu cerah mempunyai rasa yang lebih ringan sebaliknya, madu bercorak hitam rasanya akan lebih pekat.

Secara umum warna madu yang lebih hitam menampilkan pH serta kandungan mineral semacam potassium, klorin, sulfur, zat besi, mangan, magnesium, serta sodium yang lebih besar.

Tidak cuma itu saja, kamu dapat mengetes kemurnian madu dengan terdapatnya semut. Terdapat suatu mitos yang mengatakan kalau madu yang asli tidak akan dikerubungi semut.

Tetapi, banyak ahli yang tidak menyetujui statment tersebut. Malah, semut akan menjauhi santapan semacam madu yang memiliki pemanis buatan.

Uji ibu jari

Letakkan sedikit madu di ibu jari. Apakah madunya menetes ataupun menyebar ke permukaan yang lain? Bila perihal ini terjadi, madu yang Kamu beli mungkin tidak murni.

Identitas madu asli yakni teksturnya yang kental dan tidak berair. Tidak hanya itu, madu asli mempunyai tekstur lengket, saat memegang apapun akan melekat serta tidak menetes.

Uji air

Dengan sendok teh, ambil madu serta tuangkan ke dalam gelas berisi air. Madu palsu akan larut dalam air. Semenetara madu asli bila bercampur ke dalam air akan jadi gumpalan serta mengendap di bagian dasar gelas.

Khasiat Madu Buat Kesehatan Tubuh

Semenjak zaman dulu, madu tidak cuma disantap selaku makanan, tetapi pula obat yang sanggup menyehatkan badan.

Madu mempunyai rasa manis alami yang sesuai dijadikan selaku pengganti gula. Tidak heran, banyak orang yang memakai madu selaku pemanis makanan yang menyehatkan.

Antibakteri

Tidak ada keraguan kalau madu mempunyai kekuatan buat menewaskan kuman dalam badan. Sebagian riset meyakinkan, madu teruji efisien membasmi E. coli sampai salmonella.

Tipe madu khusus bernama Madu Manuka dari Selandia Baru serta Madu Tualang dari Malaysia, teruji dapat melenyapkan kuman staphylococcus serta kuman pada pencernaan H. pylori, yang suka membuat lambung sakit.

Melegakan tenggorokan

Riset yang mengaitkan 139 anak menampilkan, madu dapat melenyapkan batuk di malam hari serta tingkatkan mutu tidur.

Perlu diingat, anak-anak di bawah umur 1 tahun dilarang konsumsi madu, sebab sistem pencernaan mereka yang belum dapat tumbuh sempurna.

Tingkatkan performa olahraga

Madu teruji lebih jitu tingkatkan tenaga daripada gula saat lagi olahraga.

Menurunkan tekanan darah

Madu dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebab memiliki banyak antioksidan, buat mengurangi tekanan darah.

Mengobati cedera bakar

Semenjak zaman Mesir kuno, madu telah digunakan buat menyembuhkan cedera bakar. Penyembuhan ini pula telah terus diketahui sampai saat ini.

Menghindari kanker

Madu bersifat sebagai agen antikanker karena madu memiliki antioksidan yang dapat melawan peradangan oksidatif yang mendasari banyak penyakit kanker.

Dengan begitu banyak khasiatnya, tidak heran bila Kamu setelah itu mau membeli madu serta mengkosumsinya. Tetapi, jangan sampa Kamu memperoleh madu palsu. Dengan melaksanakan tes-tes di atas, Kamu dapat mengidentifikasi karakteristik madu asli, serta memperoleh yang terbaik, buat kesehatan Kamu serta keluarga.

Walaupun mempunyai banyak khasiat buat badan, madu pula memiliki kalori besar. Maka dari itu, Kamu dianjurkan buat tidak konsumsi madu secara berlebihan.

Tidak hanya itu, Kamu lebih baik konsumsi madu yang telah teruji kemurniannya. Hindarkanlah madu dengan berbagai tambahan termasuk gula ataupun pemanis buatan yang lain.