Payudara Sakit Saat Ditekan Tetapi Tidak Ada Benjolan. Sakit payudara bukanlah keadaan sangat jarang, karena keluhan ini jadi “sahabat akrab” untuk sebagian perempuan saat menjelang haid ataupun haid. Dalam dunia kedokteran, sakit payudara disebut dengan mastalgia.

Sehabis melewati umur pubertas, jaringan payudara perempuan akan hadapi pertumbuhan pesat. Hal ini akibat hipertrofi (pertambahan dimensi sel) serta hiperplasia (pertambahan jumlah sel) sel-sel penyusunnya. Perihal ini pasti diimbangi pula dengan pertumbuhan jaringan penyokong sel payudara ialah pembuluh darah, serabut syaraf, serta sebagainya.

Serangkaian pergantian ini dapat membuat payudara jadi lebih sensitif, termasuk terhadap rasa perih. Jadi, ialah perihal yang sangat normal apabila Kamu merasa perih saat payudara Kamu ditekan. Perih dapat pula terasa lebih hebat akibat pergantian hormonal, misalnya saat menjelang haid, awal kehamilan, ataupun saat memakai KB hormonal.

Payudara sebelah kanan Kamu bisa jadi dapat merasakan perih yang lebih hebat. Misalnya bila mempunyai pertumbuhan jaringan yang lebih pesat dibanding payudara sebelahnya. Keadaan ini belum pasti menampilkan suatu kelainan.

Yang butuh diwaspadai merupakan, apabila perih yang terasa di buah dada Kamu sangat hebat. Ataupun timbul diiringi pembengkakan, benjolan, buah dada terasa hangat, demam, ataupun keluar sekret abnormal dari puting. Apabila ini yang Kamu alami maka bisa jadi penyebabnya merupakan:

  • Infeksi pada kulit payudara, yaitu misalnya disebabkan karena jerawat, folikulitis, Herpes dan zoster
  • Mastitis (radang parenkim payudara)
  • Abses payudara atau kantung yang berisi nanah yang ada di parenkim payudara
  • Tumor payudara, baik jinak ataupun ganas, dsb

Payudara Sakit Saat Ditekan Tapi Tidak Ada Benjolan

Sebaliknya, haid tidak teratur juga mungkin penyebabnya bisa banyak. Mulai dari yang ringan, seperti saat tekanan pikiran, keletihan, hadapi kenaikan ataupun penyusutan berat badan yang ekstrem. Melaksanakan olahraga berat, ataupun memakai KB hormonal. Tetapi, bisa pula haid jadi tidak teratur sebab terdapatnya suatu penyakit yang mendasari. Misalnya kista ovarium, tumor kelenjar hipofisis, hipertiroidisme, hipotiroidisme, ataupun penyakit kronis yang lain.

Perlu diperjelas, kapan terakhir kali Kamu periksakan keluhan Kamu ke dokter? Pengecekan apa saja yang sudah pernah Kamu lakukan di dokter? Lalu, penindakan semacam apa yang dokter berikan? Apakah tidak ada pergantian sama sekali?

Disarankan, Kamu kembali periksakan keluhan Kamu ke dokter spesialis kandungan supaya jelas pemicu keluhannya. Dokter bisa jadi akan melaksanakan uji penunjang, misalnya uji darah, rontgen, USG, sampai mammografi apabila dibutuhkan.

Sedangkan ini, apabila payudara terasa perih, hendaknya jangan ditekan-tekan berlebihan, cukup kompres memakai kompres hangat supaya nyerinya mereda. Tidak hanya itu, jaga kebersihan payudara Kamu dengan rajin mandi serta membersihkan payudara.

Kemudian pakai bra serta baju yang bersih dan tidak ketat. Untuk menolong haid supaya berjalan lebih teratur, perbanyaklah istirahat, teratur olahraga, mengkonsumsi makanan kaya antioksidan. Serta jauhi tekanan pikiran yang sangat berat.

Untuk para perempuan, payudara merupakan salah satu bagian badan yang wajib memperoleh perhatian serta dilindungi kesehatannya. Payudara sehat jadi idaman seluruh perempuan.

Saat payudara sedikit perih, kadang-kadang sering rasa takut dialami oleh perempuan. Saat payudara hadapi perih, yang dikhawatirkan oleh para perempuan merupakan penyakit kanker payudara. Realitasnya, kanker payudara tidak cuma mempunyai indikasi semacam rasa perih. Banyak aspek yang menimbulkan kamu hadapi perih payudara. Berikut sebagian penyebab payudara sakit saat ditekan tapi tak ada benjolan:

Siklus Menstruasi

Saat hadapi haid, pasti terjadi pergantian hormon pada badan. Perihal ini dapat menimbulkan rasa perih pada buah dada. Jangan takut, perih buah dada yang diakibatkan sebab siklus haid akan mereda saat masa haid kamu sudah terlewati.

Salah Pemakaian Ukuran Bra

Hendaknya pilih ukuran bra sesuai dengan ukuran payudaramu. Ada beberapa akibat kurang baik bila kamu memakai bra yang sangat kecil dengan ukuran payudaramu, salah satunya merupakan nyeri payudara.

Bra yang sangat kecil membuat tekanan pada buah dada, yang kesimpulannya membuat terasa perih. Tidak hanya itu, jauhi pemakaian bra dengan kawat saat kamu olahraga.

Yakinkan kamu memakai bra yang sesuai dengan ukuran serta aktivitas yang kamu jalani. Penyesuaian ukuran serta tipe bra membuat kamu merasa lebih aman sepanjang beraktifitas.

Sangat Banyak Berolahraga

Sangat banyak olahraga bisa membuat buah dada kamu terasa perih. Perihal ini disebabkan terdapatnya otot bagian dada yang tertarik begitu kencang. Hendaknya saat sebelum melaksanakan berolahraga, tidak ada salahnya buat melaksanakan peregangan ataupun pemanasan. Tidak hanya buah dada yang terasa perih, bila otot dada kamu tertarik kala olahraga, kamu bisa merasakan sesak saat bernapas.

Peradangan Payudara

Pada peradangan payudara ataupun mastitis akan dirasakan oleh ibu yang baru saja melahirkan serta menyusui. Peradangan buah dada ataupun mastitis diakibatkan terdapatnya penyumbatan pada saluran ASI.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat bisa membuat payudara sakit. Sangat banyak konsumsi kafein serta lemak bisa menimbulkan buah dada kamu terasa perih. Pola makan yang sehat bisa membuat buah dada kamu jadi terpelihara kesehatannya. Seimbangkan konsumsi gizi yang kamu konsumsi supaya badanmu senantiasa sehat.

Konsumsi Obat Tertentu

Sebagian tipe obat semacam KB hormonal, antidepresan antipsikotik bisa menimbulkan rasa perih pada payudara kamu.

Struktur Payudara

Perih yang timbul pada buah dada bisa diakibatkan sebab struktur periodik buah dada. Perih dada umumnya diawali dari zona luar buah dada yang setelah itu menyebar pada bagian dada.

Perihal yang sangat perlu untuk digarisbawahi, kalau sakit payudara ataupun mastalgia tersebut bukan hanya akan berkaitan dengan adanya siklus haid saja. Karena, ada sebagian keadaan yang lain yang dapat merangsang sakit payudara.

Kondisi Lain yang Bisa Menimbulkan Payudara Sakit Saat Ditekan Tetapi Tidak Ada Benjolan.

Fluktuasi Hormon

Bagi National Institutes penyebab sakit payudara dapat dipicu oleh adanya siklus haid. Kok bisa? Siklus haid wanita menimbulkan fluktuasi hormon estrogen serta progesteron. Kedua hormon tersebut memang isa menyebabkan payudara wanita akan terasa bengkak, kental, dan juga kadangkala akan terasa cukup perih pada saat ditekan.

Bila perih payudara diakibatkan oleh fluktuasi hormon, umumnya perih akan semakin meningkat pada 2 sampai 3 hari saat sebelum haid. Terkadang rasa sakit akan terus bersinambung sejauh siklus haid.

Buat memastikan apakah perih buah dada terpaut dengan siklus haid, catatlah periode haid serta kapan kamu hadapi perih sepanjang bulan.

Perihal yang perlu diingat, ada sebagian periode ataupun masa pertumbuhan yang mempengaruhi siklus haid yang berpotensi menimbulkan perih payudara. Contohnya, masa pubertas, kehamilan, serta menopause.

Iritasi Otot

Terkadang sakit payudara bukan karena buah dada, namun sebab iritasi ataupun luka pada otot dada, lengan ataupun punggung. Luka pada bagian tersebut dapat terjadi kala mendayung, menyekop, serta bermain ski air, ataupun sebagian kegiatan yang lain.

Obat-obatan

Sakit payudara tidak hanya diakibatkan oleh kondisi medis tertentu. Dalam sebagian permasalahan, obat-obatan tertentu pula dapat merangsang perih buah dada. Contohnya, antidepresan, pengobatan hormon, antibiotik, serta obat-obatan buat penyakit jantung. Semuanya dapat berkontribusi pada perih payudara.

Ingat, jangan menyudahi konsumsi obat tersebut tanpa anjuran dokter. Kamu dapat bertanya langsung kepada dokter untuk mencari ataupun meminta obat yang lain yang tidak merangsang perih buah dada.

Fibroadenoma

Tonjolan pada buah dada pula dapat merangsang perih payudara. Salah satunya fibroadenoma ataupun fibroadenoma mammae (FAM), tipe tumor jinak yang sangat umum terjadi di wilayah buah dada. Wujud FAM bundar dengan batasan tegas serta mempunyai konsistensi kenyal dengan permukaan yag halus. Tidak hanya itu, ukuran tonjolan ini dapat membengkak pada masa kehamilan.

Perihal yang perlu dimengerti, keadaan medis ini berbeda dengan tumor kanker payudara. Perbedaannya, FAM tidak menyebar ke organ lain bersamaan waktu bergulir, tidak semacam kanker payudara. Singkatnya, tonjolan ini cuma senantiasa berada dalam jaringan payudara.

Kista Payudara

Benjolan payudara pula dapat diakibatkan oleh kista payudara. Mayoritas kista buah dada berupa bundar ataupun lonjong. Saat dijamah, rasanya kenyal semacam balon berisi cairan. Untungnya, kista yang timbul di dalam buah dada ini biasanya bersifat jinak sebab tidak memiliki sel kanker.

Walaupun begitu kista ini dapat memunculkan rasa perih serta tidak aman. Dalam sebagian permasalahan, kista payudara pula dapat memunculkan perih sakit payudara Tetapi, perihal ini tergantung dari ukuran kista yang diidap.

Kanker payudara

Sakit payudara pula dapat dipicu oleh kanker payudara. Sesungguhnya tidak seluruh benjolan buah dada bersifat kanker, akan tetapi perlu dianggap sungguh-sungguh sampai betul-betul dinyatakan bukan kanker. Nah, salah satu indikasi kanker payudara dapat diisyarati dengan perih ataupun pembengkakan pada buah dada.

Awas, jangan main-main dengan penyakit ini. Kanker payudara ialah tumor ganas yang tumbuh pada sel-sel payudara. Perihal yang buat resah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar ke anggota badan lain pada stadium yang lebih parah.

Pembedahan Payudara

Perempuan yang sudah melaksanakan pembedahan pada payudara, rasa sakit dari pembuatan jaringan parut bisa bertahan lama sehabis sayatan sembuh. Inilah yang membuat rasa perih sehabis pembedahan payudara bisa dialami lebih lama pada sebagian perempuan.

Ukuran Payudara

Perempuan dengan payudara yang ukurannya besar ataupun payudara yang tidak sebanding dengan tubuhnya. Hal ini bisa alami ketidaknyamanan ataupun perih payudara. Apalagi, perih ini dapat terasa sampai ke di leher, bahu, serta punggung.

Mastitis

Pemicu sakit payudara yang lain merupakan mastitis ataupun peradangan buah dada. Sebagian besar permasalahannya, mastitis ini dirasakan oleh perempuan menyusui. Keadaan ini akan menimbulkan payudara terasa sakit serta bengkak sebab peradangan.

Dalam sebagian permasalahan, mastitis pula dapat diiringi peradangan. Jangan anggap sepele keluhan ini, karena mastitis pula dapat memunculkan abses pada jaringan payudara.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan payudara sakit saat ditekan padahal tidak ada benjolan. Setiap rasa sakit pada payudara itu memang tidak selama termasuk kanker. Jadi kamu bisa memastikan semua itu dengan cek ke dokter.

Jika hal ini telah kamu alami maka kamu bisa mencoba salah satu obat herbal yang sangat ampuh. Produk dari Uhat Bajakah yang berupa Teh Uhat Bajakah dan Madu Uhat Bajakah bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa sakit ini.