Cara Membedakan Kayu Bajakah Asli dan Palsu. Viralnya pemberitaan seputar manfaat kayu bajakah asal Kalimantan untuk menyembuhkan kanker membuat tanaman ini saat ini banyak diburu.

Tidak cuma oleh penduduk setempat, tetapi pula para pendatang mulai berdatangan ke Banjarmasin demi mencari kayu bajakah.

Sementara itu, sebenarnya tidak semua kayu bajakah berguna menyembuhkan kanker, sebagian malah sangat berbahaya sebab dapat memiliki racun mematikan.

Kayu bajakah yang diklaim bisa mengobati penyakit kanker, saat ini terus menjadi viral serta banyak diburu orang.

Nama kayu bajakah sendiri diketahui warga luas sehabis 3 siswa SMAN 2 Palangkaraya sukses mencapai medali emas, dalam ajang World Invention Olympic( WICO) di Seoul, Korea Selatan.

Untuk saat ini kayu bajakah dengan mudah Anda temui di Kota Palangkaraya. Apalagi banyak masyarakat yang menggunakan viralnya dari kayu bajakah ini untuk menaikkan pemasukan.

Menurut pantauan kayu bajakah telah dijual bebas di sepanjan ruas jalan RTA Milono, pasar tradisional, dan di media sosial. Dengan harga bermacam-macam mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 2 juta bergantung beratnya.

Melihat itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), menghasilkan surat edaran ke hampit semua jasa pengiriman yang ada di Palangkaraya, melarang pengiriman pangkal bajakah ataupun kayu bajakah ke luar wilayah.

Tidak hanya itu, Pemprov Kalteng menyerukan supaya warga waspada dalam membeli dan mengkonsumsi kayu bajakah, yang dibeli secara bebas tanpa ketentuan.

Karena, di antara 200 jenis kayu bajakah, ada yang memiliki racun.

Berikut ini kenyataan lengkapnya:

Keluarkan Surat Edaran

Sekretaris Wilayah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah sebelumnya sudah menghasilkan surat edaran yang disebar ke semua jasa pengiriman, terpaut larangan pengiriman kayu bajakah keluar dari Kalimantan Tengah.

Ke depan, larangan pengiriman kayu bajakah lewat jalan udara juga darat ini akan diberlakukan di seluruh daerah Kalimantan Tengah, tidak cuma di Kota Palangkaraya saja.

Larangan ini yang akan diteruskan lewat seluruh Kepala Wilayah di Kabupaten serta Kota, baik lewat jalan udara juga jalan laut.

Ambil Perilaku Tegas

Pihak pemerintah setempat juga menyatakan kalau timnya akan mengambil perilaku tegas untuk mengamankan peredaran kayu bajakah ini.

Kayu Bajakah Ada yang Memiliki Racun

Pemprov Kalteng meminta supaya warga waspada dalam membeli dan konsumsi kayu bajakah, yang dibeli secara bebas tanpa ketentuan. Karena, di antara 200 jenis bajakah ada yang memiliki racun.

Dalam hal ini memang sudab sewajarnya warga mengerti, sebab belum tentu kayu bajakah yang tersebar mempunyai manfaat kesehatan sebab tipe kayu bajakah sangatlah banyak. Dari 200 pangkal bajakah ini, ada jenis  yang mempunyai watak toksin, yang berbahaya untuk manusia. Maka dari itulah Anda harus mengetahui cara membedakan kayu bajakah asli atau palsu

Dijual Bebas di Banjarmasin

Sesudah keluarnya surat edaran Gubernur Kalimantan Tengah yang mana isinya untuk melarang pengiriman akan kayu Bajakah yang keluar Kalteng. Tetapi kayu bajakah malah terus diperjualbelikan di kota Banjarmasin, Kalsel.

Di sebagian titik di dalam Kota Banjarmasin, ada penjual kayu bajakah yang dihadirkan langsung dari Kalteng. Jhon salah satunya, jauh-jauh datang dari Kalteng buat menjual kayu bajakah di Banjarmasin.

Dia menjual kayu bajakah di bilangan Jalan Pramuka Banjarmasin. Jhon merupakan salah satu masyarakat Gunung Mas, Kalteng yang mengakui kalau kayu bajakah tersebut diambil langsung dari sebuah hutan yang ada di wilayah Gunung Mas.

Untungnya Lumayan Besar

Jhon mengaku telah 3 hari berjualan kayu Bajakah di Banjarmasin. Tiap hari, 10 hingga 15 orang membeli kayu bajakah miliknya.

Jhon mengakui bila sepanjang 3 hari berjualan kayu bajakah di Banjarmasin, keuntungan yang didapatnya cukup.

Terdapat 3 jenis ukuran kayu bajakah yang dijual Jhon, ukuran besar dijual dengan harga Rp 100.000 serta yang kecil dijual Rp 25.000.

Penjual Kayu Bajakah Tinggalkan Banjarmasin

Sehabis keluarnya surat edaran Gubernur Kalimantan Tengah tentang larangan penjualan kayu bajakah keluar Kalteng, ditanggapi penjual kayu bajakah di Banjarmasin.

Sebagian dari penjual kayu bajakah mulai  meninggalkan kota Banjarmasin untuk kembali menuju ke Kalteng untuk menghormati surat edaran tersebut.

Jhon, salah satu penjual kayu bajakah di Jalan Pramuka, Banjarmasin mengaku menghargai keputusan tersebut. Bagi Jhon, surat edaran tersebut baru diketahuinya, sehingga ia serta istri memutuskan buat kembali ke Kalteng.

Cara Membedakan Kayu Bajakah Beracun Serta Tidak Beracun

Tokoh Mentaya Seberang Sampit, Khaitami alias Mang Atai, yang selama ini diketahui sebagai pakar membuat kerajinan souvenir dari bahan kayu, berkata, diapun juga menjual kayu bajakah tersebut tetapi dalam jumlah kecil saja serta terbuat dalam bentuk serbuk yang dibungkus dijual Rp150 ribuan satu bungkus.

Ataupun yang sudah lama mengenali tipe pangkal Bajakah tersebut mengimbau kepada pencari batang pangkal bajakah, supaya memilib pangkal bajakah yang bukan jenis tuba, sebab beracun. Selama ini pangkal tersebut serbuknya digunakan para nelayan ataupun juga pencari ikan untuk mencari ikan yang ada di sungai.

Memilih jenis yang bukan pangkal bajakah tuba, karakteristik pangkal beracun tersebut antara lain, kulit pangkal lengket dibatang pangkal. Ketika dikerik kulitnya memakai pisau agak sulit sebab lengket. Sebaliknya bajakah untuk obat sangat gampang di kerik kulit akarnya, karena seperti rapuh.

Bentuk kulit pangkal bajakah untuk obat guratannya lebih jelas, sebaliknya jenis tuba ataupun beracun lebih halus.

Secara umum sebenarnya batang pangkal bajakah relatif sama, tetapi hanya dapat dibedakan sedikit saja dari daun, bentuk kulit pangkal serta jenis kulit akarnya.

Perbandingan Kayu Bajakah Asli Serta Palsu

Perbandingan yang sangat gampang yaitu cek kulit luarnya. Jenis kayu bajakah ada beragam. Apalagi ada juga jenis bajakah yang memiliki toksin sehingga berbahaya untuk kesehatan. Untuk jenis pangkal bajakah yang berguna buat kesehatan cirinya yaitu kulit luarnya gampang untuk dikelupas. Berbeda dengan dengan yang jenis beracun, sulit buat dikelupas.

Setelah itu Anda amati penampakan batangnya bila dipotong melintang. Berbeda dengan pangkal bajakah, yang apabila Anda potong batangnya secara melintang, maka akan banyak ditemui pori-pori.

Setelah itu karakteristik yang lain yaitu warna serta rasa air rebusan bajakah. Warna air rebusan bajakah yaotj berwarna kuning kemerah-merahan. Pada beberapa jenis malah terdapat yang berwarna sangat merah. Setelah itu bila diminum rasanya hambar agak sedikit getir.

Dengan mengenali cara membedakan kayu bajakah asli dan palsu diatas, maka diharap Anda lebih percaya lagi ketika akan membeli pangkal bajakah. Bila Anda lagi mencari pangkal bajakah maka disarankan untuk  membelinya di penjual kayu bajakah yang terpercaya.

Sebab saat ini banyak sekali orang dagang pangkal bajakah musiman/dadakan yang cuma mencari keuntungan sesaat. Sehingga tidak mencermati jenis bajakah yang mereka jual. Belilah pangkal bajakah asli pada penjual yang terpercaya.

Karakteristik Ciri Pangkal Bajakah Tunggal Asli

Bajakah, flora khas dari tanah dayak yang jadi pembicaraan banyak pihak akhir-akhir ini. Bukan cuma dalam negara, tetapi pula dunia internasional.

Nyatanya flora khas Kalimantan Tengah ini telah dipakai lama sebagai flora obat tradisional oleh suku Dayak. Hutan Indonesia memang sangat kaya akan flora serta fauna. Tidak heran jikalau orang tua era dahulu memiliki usia yang panjang sampai ratusan tahun berbanding terbalik dengan saat ini yang cuma bertahan rata-rata pada usia 70–90 tahun.

Uji Laboratorium ciri-ciri kalau bajakah teruji memiliki 40 jenis zat pembunuh sel kanker antara lain steroid, terpenoid, tannin, alkoloid, fenolik serta sapponin.

Untuk mencernanya jadi obat penyembuh kanker, terlebih dulu batang bajakah yang sudah dipotong dijemur dengan cahaya matahari langsung. Setelah itu, cincang ataupun cacah flora yang sudah kering. Kemudian, tumbuk sampai jadi bubuk serta direbus. Bubuk bajakah direbus sepanjang 30 menit serta hasil rebusan tersebut diminum sebagai pengganti air minum tiap hari.

Rasanya memang sedikit pahit berbeda dengan jika langsung meminum tetesan air dari bajakah yang sudah dipotong. Konsumsi rebusan bajakah wajib teratur supaya mendapatkan khasiat yang optimal. Dalam waktu 2 bulan saja sanggup menewaskan sel tumor. Maka untuk pengobatan kanker diharapkan waktu yang lebih lama.

Namun terdapat pantangan dalam konsumsi air rebusan bajakah. Ialah tidak boleh konsumsi cabe serta lada dalam wujud apapun. Sehabis sembuh terdapat pamali khusus (pantangan khusus) yaitu tidak boleh konsumsi kuliner olahan yang berpengawet.

Umumnya cuma dianjurkan makan sayur, jamur serta juhu ikan sungai fresh. Juhu ialah kuliner khas Dayak yang dibumbui asam kuning plus diberi sayur-mayur hutan ataupun sayur oraganik dari ladang. serta yang terakhir tidak boleh makan kuliner hangus ataupun berkerak (informasi dari Indigenous People of Central Kalimantan).

Jenis Kayu Bajakah

Terdapat ada ratusan tipe bajakah. Berikut dikupas sebagian jenis-jenis bajakah yang ada di hutan Kalimantan:

1. Terdapat tipe bajakah merah serta itu tidak ada khasiatnya. Untuk warga lokal itu cuma buat diminum sebagai pemuas dahaga saja jikalau lagi berada di Hutan.

2. Ada bajakah yang bersifat racun yang dipakai sebagai tuwe ataupun tuba untuk membuat ikan lemas.

3. Ada bajakah yang dipukul serta berbusa, itu dipakai sebagai samphoo buat menghindari kerontokan rambut serta pula dipakai selaku sabun mandi.

4. Ada bajakah yang dipakai buat mengusir makhluk halus.

5. Ada bajakah sebagai obat kuat laki-laki, bisa mengobati keputihan serta untuk memperbesar penis.

6. Apalagi ada juga bajakah yang sangat beracun yang getahnya dipakai sebagai mata sumpit oleh suku Dayak.

7. Bajakah kuning yang berguna selaku obat namun bukan obat kanker melainkan buat diabet serta kendala fungsi hati.

8. Bajakah yang sanggup menyembuhkan kanker ialah tipe bajakah kuning. Namun, bajakah kuning juga terdapat belasan di hutan.

Inilah beberapa cara membedakan kayu bajakah asli dan palsu yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda yang mencoba pengobatan alternatif dengan menggunakan kayu bajakah asli maka bisa menggunakan produk Uhat Bajakah berupa Teh Uhat Bajakah dan Madu Uhat Bajakah.