Manfaat Madu Bajakah. Madu ini diketahui banyak sekali memiliki segudang manfaat yang memang sangat baik sekali untuk badan. Supaya tidak tertipu dengan benda palsu, ayo, kenali karakteristik madu asli di mari.

 

Madu adalah sebuah bahan nektar yang telah diperoleh oleh hewan lebah dari berbagai bunga. Setelah itu, maka para lebah yang membawa nektar ini menuju ke sarang mereka dan juga menghadapi 3 macam proses pengolahan sampai dengan jadi madu.

 

Rasa manis aslinya mempunyai segudang manfaat yang sangat baik buat badan. Mulai dari perawatan kulit, menolong mengobati cedera, sampai selaku anti oksidan.

 

Tetapi, memang kadang ada beberapa oknum bandel yang telah mencampur madu dengan berbagai macam bahan palsu. Ada banyak sekali madu yang dicampur dengan bahan tambahan lainnya, bahan pemanis buatan. Jadi alih-alih akan menyehatkan, tapi ternyata madu palsu ini malah akan bisa memunculkan banyak penyakit, lho.

 

Berikut ini ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri madu alami yang asli yang berasal dari lebah madu. Kenali lebih dekat supaya kamu tidak tertipu dengan menyebarnya penjualan madu di pasaran.

 

Karakteristik Madu Asli

 

Oleh karena itu, ayo kamu kenali berbagai karakteristik madu asli jika dibandingkan dengan madu palsu!

 

Tidak Lengket

 

Bila kamu mau menggosok-gosokkan madu dengan memakai 2 jari, maka madu asli itu cenderung tidak akan lengket. Berbeda halnya dengan madu yang palsu yang akan terasa lengket sebab mempunyai pemanis dan juga bahan tambahan.

 

Tidak hanya itu, untuk madu asli yang telah digosokkan dengan menggunakan metode tadi pasti akan meresap langsung ke dalam kulit. Jika kamu bisa merasakan ada butiran yang terasa tertinggal, maka janganlah beli madu tersebut.

 

Sangat Kental

 

Untuk hal ini jika botol madu tersebut kamu goyangkan, maka madu tersebut akan bergerak dengan cukup sangat lambat. Hal ini karena teksturnya yang sangat kental. Tapi bila madu bisa bergerak dengan sangat cepat dan juga ringan, maka bisa jadi itu merupakan madu oplosan.

 

Mengalir Lancar

 

Coba kamu tuangkan madu yang bersuhu ruangan ke sebuah permukaan datar dengan menggunakan sendok. Bila madu tersebut mengalir tanpa adanya putus serta juga membentuk sebuah gumpalan pada saat sampai di sebuah permukaan. Dengan kondisi  susunan yang terlihat menghilang cepat, bisa ditentukan itu merupakan madu asli.

 

Madu yang palsu ataupun madu asli yang memang kurang berkualitas atau kandugan airnya berada di atas 20% maka akan mengalir terputus-putus. Untuk madu premium memiliki kandungan air yang kurang dari 18%, apalagi 14%, sehingga untuk masa simpannya juga panjang.

 

Bila kamu mau menyamakan kandungan air dari 2 madu yang berbeda atau madu di temperatur ruang. Maka balikkan saja untuk botolnya. Jika memang gelembung udara yang terlihat berada di dalam sebuah madu naik dengan begitu sangat cepat, maka itu berarti untuk kandungan airnya diketahui lebih banyak.

Tidak Mudah Untuk Larut dalam Air

 

Madu tersebut akan mengendap di dasar gelas, tapi untuk madu palsu pasti akan cepat menyatu dengan kandungan air.

 

Rasa serta Warna

 

Rasa madu yang asli itu tidak akan tertinggal di lidahmu, maka berbeda halnya dengan madu yang palsu. Tetapi untuk soal keseriusan rasa, maka madu memang memiliki rasa dan juga warna yang cukup berbeda. Hal ini tergantung dari bunga yang telah diambil nektarnya oleh para lebah.

 

Umumnya untuk madu yang bercorak lebih cerah memiliki rasa yang akan lebih ringan. Sedangkan madu yang bercorak hitam akan memiliki rasa yang lebih pekat.

 

Rasa itu memang soal selera, tapi bukan mutu. Tetapi, untuk secara umum, warna madu yang terlihat lebih hitam akan menampilkan pH dan juga kandungan mineral yang diketahui. lebih besar.

 

Tidak Berbuih Bila Telah Dipanaskan

 

Untuk madu asli pasti akan berkaramelisasi dengan sangat cepat pada saat dipanaskan, akan tetapi tidak terlihat berbuih. Busa itu umumnya pasti akan timbul pada sebuah madu palsu karena ada tambahan kelembapan, gula, dan juga air

 

Tes Korek Api

 

Dalam hal ini kamu celupkan korek api ke dalam sebuah madu, lalu kamu nyalakan seperti biasa. Jika memang madu tersebut asli, maka api akan menyala dengan sangat mudah. Bila tidak, maka mungkin madu tersebut adalah madu palsu sebab mempunyai kandungan air.

 

Tes Roti

 

Coba kamu oleskan madu tersebut ke selembar roti tawar. Bila memang madu tersebut asli, maka roti akan terlihat menjadi keras untuk beberapa menit. Akan tetapi jika memang madu tersebut palsu, maka roti tersebut akan jadi basah.

 

Uji Daya Serap

 

Madu asli yang telah diteteskan ke sebuah kertas minyak itu tidak akan terserap, maka akan berbeda dengan kondisi madu palsu. Saat kamu tuangkan ke sebuah kain putih, maka madu asli juga tidak akan meninggalkan bercak seperti halnya madu oplosan.

 

Manfaat Madu Bajakah Untuk Kesehatan

Kayu bajakah yang dicampurkan dengan madu memang mempunyai berbagai macam khasiat yang dapat difungsikan oleh masyarakat di provinsi tersebut. Dimana khasiat tersebut dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh sehingga terhidar dari berbagai penyakit. Olehnya itu, berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai manfaat madu bajakah yang berperan penting bagi kesehatan:

Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat dari madu bajakah ini memang dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia sehingga tubuh menjadi lebih kebal. Memang kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang. Adanya manfaat tersebut dikarenakan bajakah ini termasuk sebagai salah kayu yang memiliki kandungan antioksidan.

Memang kandungan antioksidan yang terdapat dalam tumbuhan ini sangat tinggi sehingga tubuh dapat menangkal penyakit. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mendapat khasiat dari bajakah adalah menyeduh teh uhat bajakah yang dicampur dengan madunya. Bukan hanya mengonsumsi teh tersebut namun kamu juga dapat mengonsumsi madu uhat bajakah yang memiliki rasa sangat manis.

Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Biasanya seseorang mengalami luka yang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan secara terus menerus. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mendapatkan manfaat madu bajakah dengan cepat karena memang sudah dipercaya sejak dulu. Hal ini disebabkan bajakah ini mempunyai kandungan berupa senyawa saponin dan senyawa tannin.

Dimana senyawa-senyawa inilah yang nantinya memberikan rangsangan berupa pembentukan terhadap pembuluh darah. Dengan begitu, proses penyembuhan luka yang dialami seseorang tentu terasa lebih cepat. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan salep yang terbuat dari kayu bajakah dan tetesan air dari rebusan tumbuhan ini.

Dapat Menangkal Radikal Bebas

Salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas adalah manfaat madu bajakah yang dapat kamu gunakan. Sedikit informasi bahwa radikal bebas ini merupakan sel yang rusak sehingga menimbulkan masalah dalam tubuh. Bukan tidak mungkin jika tubuh kelebihan radikal bebas tentu sangat berpengaruh terhadap rusaknya sel lain.

Apabila sel yang lain ini rusak maka dapat menimbulkan sumber penyakit yang terjadi pada kesehatan tubuh manusia. Kandungan yang dimiliki bajakah untuk menangkal radikal bebas adalah kandungan senyawa fenolik. Ternyata kandungan ini juga dapat memberikan kesembuhan terhadap penyakit degeneratif misalnya kerusakan hati, kanker, dan lain sebagainya.

Untuk Meredakan Disentri

Penyakit disentri merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada organ tubuh manusia bagian usus. Dimana penyakit ini tentu sangat berbahaya dan bisa saja menyebabkan kematian bagi seseorang yang menderitanya. Namun tidak perlu khawatir, karena penyakit tersebut masih dapat diatasi dengan mengonsumsi madu bajakah secara rutin.

Dengan mengonsumsi bajakah tentu dapat mempermudah untuk proses penyembuhan penyakit disentri yang dialami ini. Hal tersebut dikarenakan bajakah memiliki kandungan yang berupa anti bakteri. Sehingga saluran pencernaan dapat terhindar dari terjadinya infeksi pada usus yang disebabkan oleh penyakit disentri tersebut.

Dijadikan Sebagai Obat Kanker

Penyakit kanker yang diderita seseorang dapat memberikan peluang untuk hidup dalam jangka pendek saja. Karena memang penyakit kanker ini dianggap sebagai penyakit yang sangat ganas dan tentunya berbahaya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan pada hewan tikus putih yang mengalami kehilangan terhadap sel tumor hewan ini.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan sel tumor yang terdapat pada tikus putih ini hanya 2 minggu saja. Memang termasuk waktu yang singkat, akan tetapi Kemeterian Kesehatan masih perlu melakukan penelitian yang lebih lanjut. Mengapa demikian? Karena dalam pelaksanaan penelitian ini masih memiliki keterbataran meskipun memperlihatkan hasil yang positif.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini memang kerap terjadi pada seseorang yang masih memiliki usia yang mudah namun tampak terlihat tua. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, seseorang pada umumnya menggunakan bahan kecantikan dengan harga mahal. Namun siapa sangka jika penuaan dini yang terjadi pada seseorang ternyata dapat dicegah menggunakan bahan tradisional.

Adapun bahan tradisional yang dimaksud adalah bajakah yang banyak dimanfaatkan oleh suku Dayak. Memang manfaat madu bajakah dipercaya dapat mencegah terjadinya penuaan dini karena memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dengan begitu kulit bisa menjadi lebih kencang dan menjadi lebih halus setelah memanfaatkan tanaman yang satu ini.

Menurunkan tekanan darah

 

Madu dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebab memiliki banyak antioksidan, buat mengurangi tekanan darah.

Mengobati cedera bakar

 

Semenjak zaman Mesir kuno, madu telah digunakan buat menyembuhkan cedera bakar. Penyembuhan ini pula telah terus diketahui sampai saat ini.

 

Menghindari penyakit kanker

 

Madu itu bersifat sebagai sebuah agen antikanker karena madu mempunyai antioksidan yang bisa melawan peradangan oksidatif yang diketahui mendasari banyak sekali penyakit kanker.

 

Dengan begitu banyak khasiatnya, tidak heran bila Kamu setelah itu mau membeli madu serta mengkosumsinya. Tetapi, jangan sampa Kamu memperoleh madu palsu. Dengan melaksanakan tes-tes di atas, Kamu dapat mengidentifikasi karakteristik madu asli, serta memperoleh yang terbaik, buat kesehatan Kamu serta keluarga.

 

Walaupun mempunyai banyak khasiat buat badan, madu pula memiliki kalori besar. Maka dari itu, Kamu dianjurkan buat tidak konsumsi madu secara berlebihan.

 

Tidak hanya itu, Kamu lebih baik konsumsi madu yang telah teruji kemurniannya. Hindarkanlah madu dengan berbagai tambahan termasuk gula ataupun pemanis buatan yang lain.