Khasiat Teh BajakahBajakah merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di pedalaman Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah. Kayu dari tanaman ini sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit secara turun temurun.

Kayu bajakah sendiri terbukti mengandung senyawa berupa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin. Kandungan senyawa dalam tumbuhan tersebut dinilai memang memiliki potensi manfaat untuk mendukung kesehatan manusia. Dalam sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa tanaman bajakah berpotensi bisa dimanfaatkan manusia sebagai obat luar atau salep. Selain dinilai berpotensi dapat menjadi solusi untuk kanker, kayu bajakah juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan lainnya.

 

Mengenal Kayu Bajakah

 

Kayu bajakah atau bajakah merupakan salah satu spesies batang menjalar yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan Tengah. Hingga kini, penyebaran tumbuhan ini belum ditemukan di provinsi lain di Indonesia. Ada banyak jenis kayu bajakah yang tumbuh, namun jenis bajakah terpopuler yang biasa digunakan masyarakat Kalteng adalah bajakah tampala yang memiliki nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk.

Mulanya, kayu bajakah digunakan orang-orang suku Dayak sebagai kayu herbal. Ada banyak manfaat kayu bajakah yang juga bisa diolah jadi teh jadi khasiat teh bajakah yang sudah diyakini suku Dayak sejak dulu. Mulai dari menyembuhkan luka, menjaga kebugaran tubuh, dan lain sebagainya. Manfaat kayu bajakah ini diambil dengan cara meminum langsung air sari kayu bajakah yang ada pada bagian dalam kayu terbawah atau akar kayunya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kayu bajakah kemudian makin dikenal di masyarakat Kalimantan lainnya. Seorang nenek yang menderita kanker payudara mengklaim dirinya sembuh setelah mengonsumsi rebusan teh kayu bajakah. Kemudian berdasarkan hasil penelitian Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sel tumor pada tikus putih hilang dalam waktu 2 minggu berkat kayu bajakah.

Penemuan Kayu Bajakah

Pada tahun 2019, tim siswa asal SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mendapat penghargaan di ajang internasional World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan, untuk hasil penelitiannya mengenai manfaat kayu bajakah bagi kesehatan. Di tahun yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kemudian memberi apresiasi pada prestasi siswa tersebut. Meskipun sudah diteliti oleh ilmuwan lokal, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI memberi imbauan bahwa manfaat bajakah masih perlu diteliti lebih lanjut.

Sebab, belum ada dosis tepat untuk mengonsumsi kayu bajakah secara medis, dan cara kerja kayu bajakah belum diketahui lebih rinci. Juga, tidak ada satu obat pun mungkin mampu menyembuhkan semua jenis kanker. Ini berarti hanya jenis kanker tertentu yang bisa disembuhkan kayu bajakah. Meskipun begitu, memang tak ada salahnya jika Anda ingin ikut mengonsumsi atau memanfaatkan khasiat teh bajakah dengan takaran yang tidak berlebihan.

 

Kandungan Kayu Bajakah

 

Lebih lanjut, terdapat beberapa senyawa baik yang terkandung di dalam kayu bajakah. Di antaranya sebagai berikut:

 

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Manfaat Kayu Bajakah

 

Kayu bajakan berpotensi menjadi obat untuk atasi kanker. Kayu bajakah memang dinilai memiliki manfaat kesehatan untuk manusia. Hal ini bisa Anda lihat dari masyarakat sekitar yang telah menggunakan tanaman herbal ini untuk mengatasi masalah kesehatan. Berikut beberapa khasiat teh bajakah yang bisa diolah jadi teh dinilai baik untuk kesehatan tubuh:

 

Meningkatkan Imunitas

 

Manfaat kayu bajakah yang terdapat dalam olahan teh pertama adalah untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Manfaat bajakah ini didapat berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit.

 

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencoba menyeduh teh kayu bajakah rutin setiap hari, terutama pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong.

Kaya Antioksidan

Menurut penelitian yang telah dilakukan, akar bajakah ditemukan memiliki kandungan antioksidan melimpah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis antioksidan yang terkandung dalam akar bajakah berperan dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya.

Mempercepat Penyembuhan Luka

 

Manfaat bajakah yang kedua yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka. Bajakah juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta dapat menghentikan perdarahan pada luka. Ini tidak lepas dari kandungan senyawa saponin dan tannin yang ada pada bajakah. Senyawa-senyawa ini diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Hal ini tentu sangat berguna untuk mendukung proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah bisa menjadi pilihan untuk mengobati luka.

 

Menangkal Radikal Bebas

 

Khasiat teh bajakah yang ketiga yaitu dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, akan menyebabkan kerusakan pada sel lainnya, hingga dapat menjadi sumber penyakit.

 

Bajakah memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain untuk menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga memiliki peran penting lainnya bagi tubuh, seperti untuk penyembuhan penyakit degeneratif, seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

 

Meredakan Disentri

 

Manfaat bajakah selanjutnya adalah untuk meredakan disentri. Masyarakat sekitar percaya bahwa manfaat dari kayu bajakah juga bisa dijadikan sebagai obat disentri, atau infeksi pada usus yang menyebabkan diare. Penyembuhan disentri pada saluran pencernaan ini dinilai akan lebih cepat dengan adanya kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah.

 

Obat Kanker

 

Manfaat kayu bajakah selanjutnya yaitu dipercaya sebagai obat kanker. Manfaat kayu bajakah yang satu ini sempat heboh di masyarakat Indonesia. Penelitian kayu bajakah yang diaplikasikan di tubuh tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

 

Meski penelitian ini memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan bahwa manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut. Ini karena adanya keterbatasan penelitian sebelumnya yang baru memperlihatkan positif dari efek kayu bajakah pada hewan.

 

Meringankan Pegal

 

Khasiat teh bajakah atau kayu bajakah yang selanjutnya yaitu dapat meringankan pegal. Selain dinilai bisa meredakan disentri, bajakah juga yang dipercaya oleh masyarakat sekitar bermanfaat untuk meringankan rasa pegal. Seseorang yang sering merasa pegal karena pekerjaan atau pun kegiatan lainnya, disarankan untuk minum air rebusan atau teh dari kayu bajakah. Dengan mengonsumsi air kayu bajakah ini, rasa pegal dapat berkurang, dan badan akan terasa lebih ringan.

 

Cegah Penuaan Dini

 

Manfaat bajakah selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan antoksidan tinggi akan mencegah kulit keriput, membuat kulit lebih kencang dan juga halus.

Mencegah Diabetes

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang terjadi karena tingginya kadar gula darah. Penderita akan mengalami beberapa gangguan organ tubuh, serta dapat membahayakan nyawa apabila tidak segera diatasi.

Anda bisa menggunakan manfaat akar bajakah untuk mengatasi penyakit diabtes. Senyawa fenolik di dalamnya juga dianggap efektif untuk mencegah radikal bebas penyebab diabetes.

Fakta Kayu Bajakah Pengobatan untuk Kanker

 

Hasil uji fitokimia menunjukkan kulit maupun akar kayu bajakah mengandung metabolit sekunder alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan fenolat. Kepercayaan suku Dayak terhadap khasiat akar Bajakah nggak perlu diragukan lagi, khususnya di daerah Muara Badak, Kutai Kabupaten Kertanegara. Drai sekian banyak manfaat kayu bajakah, salah satu khasiat yang ramai diperbincangkan adalah obat antikanker. Apakah Anda juga memercayainya?

 

Pemeriksaan diarahkan untuk melihat kandungan metabolit pembantu dan toksisitas kulit kayu dan konsentrat akar tanaman kayu Bajakah (U. nervosa). Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa baik kulit kayu maupun akar kayu mengandung metabolit tambahan berupa alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan fenolat.

 

Selain itu, mengingat konsekuensi dari percobaan kematian tukik udang Artemia salina, kedua konsentrat ini mungkin bersifat sitotoksik terhadap sel penyakit. Campuran yang berbahaya dapat menekan dan menghentikan perkembangan sel-sel pertumbuhan ganas.

 

Dinas Kesehatan sendiri berencana untuk lebih mengarahkan pemeriksaan atas keganasan payudara. Meskipun demikian, tidak ada lagi pengaturan yang akan dilakukan lebih cepat. Merujuk pada Litbang Dinas Dalam Negeri, kajian ditujukan pada dampak yang benar-benar dimiliki swasta. Selain itu, tanaman ini dapat dimanfaatkan dalam porsi yang tepat sesuai efeknya, terlepas dari apakah itu obat, kuat, atau terapeutik.

 

Eksplorasi utama yang telah dilakukan untuk privateers adalah pra-pilihan atau penyaringan. Kemudian, pada saat itu masih ada persyaratan untuk pemeriksaan tambahan dan untuk berobat ada banyak tahapan yang harus dilalui. Eksplorasi lebih lanjut tentang pencurian dapat diselesaikan dengan Badan Peningkatan Eksplorasi dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Petunjuk Konsumsi Kayu Bajakah

 

Yang paling menakjubkan dari kayu bajakah yang digunakan sebagai obat alami adalah akarnya. Namun, Anda tetap bisa menggunakan kayu bajakah bagian atas. Untuk mendapatkan keunggulan kayu Bajakah, Anda bisa mengkonsumsi kayu Bajakah dengan cara meminum air yang ditambah air atau menjadikan kayu Bajakah sebagai bubuk teh yang bisa diblender.

 

Cara Mengolah Kayu Bajakah Menjadi Teh

 

  • Potong kayu bajakah menjadi potongan-potongan kecil dan agak mungil.
  • Jemur kayu alur yang telah dipotong di siang hari secara langsung, pastikan kayu bajakah benar-benar kering.
  • Hancurkan kayu kering sampai menjadi sangat halus, untuk membentuk bubuk teh. Anda bisa menggunakan crush manual, atau menggunakan blender.
  • Jika sudah menjadi bubuk teh, campurkan dengan air panas untuk digunakan. Manfaatkan 1 gram serbuk teh kayu bajakah dengan merendam 500 mililiter air.
  • Aduk hingga warna air rendaman berubah menjadi coklat bening.
  • Minum sekitar satu gelas secara konsisten.

Jika Anda memilih untuk tidak mencoba mengolah kayu bajakah sendiri di rumah, Anda bisa mendapatkannya. Teh kayu bajakah saat ini umumnya dijual di toko-toko obat alami di sektor usaha umum dan sektor bisnis online, misalnya bisnis berbasis web.

Selain digunakan sebagai teh, kayu bajakah juga dapat diolah menjadi balsem untuk mengobati luka luar. Namun sayangnya, sampai saat ini pembuatan perawatan dengan ekstrak kayu curian masih sulit dilacak di lapangan. Jika Anda sekarang ini sedang mencari produk bajakah asli maka bisa temukan di produk Uhat Bajakah berupa Teh Uhat Bajakah dan Madu Uhat Bajakah.