Saat ini teh bajakah menjadi ramai diperbincangkan oleh semua orang di media sosial. Banyak sekali muncul testimoni teh bajakah obat manjur yang kini viral sehingga banyak dicari. Terlebih setelah viral, banyak sekali muncul penjulan produk-produk yang hampir sama namun dengan olahan yang berbeda. Beberapa diantaranya menjual dengan kayu mentahan, dan beberapa yang lain menjual produk bajakah dengan olahan teh atau madu.

Bagi Anda yang juga sedang mencari teh uhat bajakah tentu sebelumnya Anda akan mencari bagaimana testimoni teh bajakah ? simak penjelasan berikut ini ya!

Teh Bajakah yang Terbuat Dari Uhat Bajakah

 

Sebenarnya, istilah teh bajakah ini diartikan sebagai teh yang terbuat dari uhat bajakah. Lalu bajakah itu apasih? Bajakah atau uhat bajakah adalah bagian dari pohon bajakah. Pohon bajakah merupakan pohon tunggal atau tumbuhan tunggal yang banyak sekali hidup di daerah Klimantan khususnya Kaliantan tengah.

Bagian yang diambil dari pohon ini adalah bagian batang  kayu maupun akarnya. Meskipun tumbuhan ini merupakan tumbuhan tunggal tetapi cara yang dilakukannya untuk tumbuh adalah dengan merambat. Tumbuhnya hanya dibagian hutan tertentu dengan spesifikasi kondisi lingkungan yang rimbun dan tidak terkena terik matahari secara langsung.

Cara tumbuh yang merambat pada tumbuhan lain membuat tumbuhan ini tidak bisa berdiri sendiri, meskipun begitu tumbuhan ini memiliki sifat kuat pada batang dan mampu bertumbuh tinggi.

 

Teh Bajakah yang Bisa Menjadi Obat Tradisional

 

Ramuan kayu bajakah yang bisa menjadi bahan obat tradisional dari dulu sudah menjadi stigma yang sangat melekat bagi seluruh masyarakat berdarah suku dayak. Stigma ini terbangun sejak dari nenek moyang dan turun temurun hingga sekarang.

Tidak hanya untuk masyarakat suku dayak saja, berkat viralnya ramuan obat dari bajakah ini, hari ini bukan hanya masyarakat dayak saja yang percaya dengan stigma ini namun juga kebanyakan orang kalimantan ikut mempercayai resep turun temurun ini.

Bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia juga telah menggunakan resep ramuan ini sebagai metode penyembuhan berbagai penyakit.

Dengan adanya stigma yang sudah sangat kuat dipercaya oleh banyak masyarakat di Indonesia, fenomena ini menimbulkan rasa penasaran sebagian orang ahli untuk meneliti bagaimana fakta ilmiah yang bisa digali.

Adanya hal ini beberapa ahli meneliti untuk mencari apa saja yang menjadi kandungan dari kayu bajakah sehingga bisa berkhasiat untuk kegiatan pengobatan secara tradisional dan apakah hanya ramuan yang sederhana atau memang ada kandungan yang bisa digunakan dalam dunia medis.

 

Kandungan yang Terdapat Pada Kayu Bajakah

 

Setelah adanya penelitian mengenai kandungan dari tumbuhan ini, akhirnya ditemukan fakta bahwa terkandung 40 jenis fitokimia yang sebagian besar memang terbukti mampu mengobati penyakit. Beberapa diantaranya adalah

1.     Fenolik

 

Fenolik atau biasa disebut dengan asam fenolat adalah salah satu jenis dari senyawa polifenol. Fenolik ini memang banyak sekali dijumpai pada tumbuh-tumbuhan. Beberapa bagian tumbuhan yang biasanya mengandung fenolik adalah bagian kulit, biji buah, dan daun dari sayuran.

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari fenolik ini adalah berguna untuk mengontrol radikal bebas, meredakan peradangan, dan memiliki potensi untuk mengatasi kasus gangguan pada syaraf manusia.

2.     Steroid

 

Steroid merupakan senyawa organik lemak sterol yang tidak terhidrolisis. Salah satu manfaat dari yang bisa dikatakan sebagai obat ini adalah mampu mengatasi segala jenis radang dengan berbagai penyebab apapun. Beberapa radang yang bisa disembuhkan dengan steroid ini adalah asma, radang usus, radang mata, radang ginjal, radang rematik dan lain-lain.

3.     Flavonoid

 

Flavonoid atau bioflavonoid yang juga merupakan salah satu jenis dari polifenol ini memiliki berbagai manfaat yang diantaranya adalah  mengobati alergi, arthristis dan penyakit radang tertentu, meningkatkan kerja vitamin C, mampu menjadi antioksidan bagi tubuh, meningkatkan suasana hati dari gangguan mood, kemarahan dan tanda depresi, menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko penyakit kangker, asma, jantung, dan penyakit stroke.

Selain manfaat yang terkandung, flavonoid juga memiliki risiko yang diantaranya adalah akan mengganggu kinerja obat jika bertemu dengan sari jeruk bali, maka dari itu tidak disarankan jika mengonsumsi obat ini bersamaan dengan sari jeruk bali. Selain itu risiko yang timbul saat zat ini dikonsumsi melebihi dosis wajar adalah mampu menembus plasenta hingga berbahaya bagi janin.

4.     Saponin

 

Saponin adalah salah satu jenis dari glikosida yang juga sering sekali dijumpai pada zat tanaman. Beberapa kegunaan dari zat ini adalah dapat mengurangi kolestrol, mengurangi lipoprotein densitas rendah dan mampu mebantu pengobatan penyakit dislipidemia. Selain dari ketiga ini beberapa manfaat lain adalah mampu mengobati kangker.

 

5.     Alkonoid

 

Alkonoid  adalah sebuah senyawa organik yang didalamnya terkandung nitrogen. Senyawa ini memiliki manfaat yang besar, kandungan kina atau quinine digunakan untuk pengobatan penyakit malaria. Selain itu kandungannya dapat digunakan untuk pengobatan jantung (mengatasi aritmia), mengurangi perdarahan pada rahim setelah melahirkan, meringankan gejala flu yang muncul, asma dan sinusitis, dapat digunakan sebagai bius lokal, pelemas otot untuk pembedahan, pengobatan kemoterapi, digunakan saat pemeriksaan mata  serta mengurangi adanya tekanan tinggi pada bola mata untuk melebarkan pupil mata, penangkal racun insektisida, dan menjadi obat untuk tekanan darah tinggi.

6.     Terpenoid

 

Terpenoid banyak sekali dijumpai pada kandungan tumbuh-tumbuhan. Salah satu manfaat dari senyawa ini adalah berfungsi untuk mengurangi sel kangker dalam tubuh manusia.

 

Manfaat yang Bisa Diambil Dari Kandungan Uhat Bajakah

 

Setelah melihat kandungan dari tumbuhan bajakah yang banyak di atas pasti sudah terbayang ya apa saja manfaat yang bisa diambil dari penggunaan tumbuhan ini sebagai obat tradisional? Ya! Beberapa yang menjadi manfaat dari si hebat ini adalah :

Mengobati Kanker

 

Kanker yang menjadi salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia ini menjadikan penderitanya terpuruk dan kehilangan semangat hidup. Bagaimana tidak, kangker adalah penyakit yang tidak membiarkan penderitanya untuk lebih lama menikmati kehidupan di dunia.

Meskipun dipercaya menjadi penyakit yang mematikan, baru-baru ini ditemukan bahwa kasus penyakit kangker masih dapat disembuhkan. Proses penyembuhan ini juga didukung oleh pengobatan yang tidak sederhana. Namun begitu, selain ke dokter tidak ada salahnya jika pengobatan kangker dilakukan secara tradisional dengan menggunakan ramuan herbal seperti teh bajakah.

 

Tumor

 

Penyakit yang banyak dianggap mirip seperti kangker ini tidak semematikan seperti kangker. Tumor yang jinak dipercaya lebih mudah untuk diobati dengan melakukan pengobatan medis dan pengobatan tradisional.

Asam urat

 

Asam urat merupakan jenis penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan herbal seperti teh bajakah. Kandungan fenolik yang ada pada bajakah membantu penyembuhan pada penyakit asam urat yang kini banyak sekali diderita oleh orang-orang dengan usia lanjut.

Darah tinggi

 

40 kandungan fitokimia yang ada dilamnya mampu membantu manusia dalam permasalahan medis yang salah satunya adalah penyakit darah tinggi.

Asma

 

Kandungan alkonoid yang tinggi menjadikan teh bajakah banyak digunakan sebagai obat asma untuk manusia. Bukan hanya untuk orang dewasa, dengan ramuan obat herbal yang pas menjadikan obat ini bisa dikonsumsi baik orang dewasa, lansia maupun anak-anak.

Diabetes

 

Fakta lain dari penyakit yang dapat disembuhkan dengan ramuan mujarap ini adalah penyakit diabetes. Menurut beberapa sumber ramuan ini bukan hanya bisa digunakan untuk pengobatan diabetes kering, tetapi juga bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit diabetes basah.

Selain dari keenam manfaat di atas, masih banyak sekali manfaat dari bajakah yang bisa digunakan sebagai obat. Contohnya penyakit ambeyen, lambung, amandel, gondok, liver, kitsa, miom, wasir, kelenjar, ginjal, keputihan, dan masih banyak lagi.

Cara Penggunaan Dari Uhat Bajakah

 

Dengan banyak manfaat yang begitu menggiurkan untuk dikonsumsi, sebenarnya bagaimana sih, cara penggunaan dari produk ini sebagai pengobatan ?

Cara tradisioanal yang dilakukan untuk pengobatan adalah memasaknya. Memasak uhat bajakah sebetulnya bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu merebusnya dan menyaringnya, setelah itu pisahkan ampas dan air hasil rebusan tersebut, lalu minumlah air hasil rebusan terebut.

Jangan lupa, waktu untuk merebusnya hanya 5 menit saja ya! Jadi tidak perlu menunggu lama-lama Anda sudah bisa menikmatinya.

 

Teh Uhat Bajakah dan Madu Uhat Bajakah

 

Bagi Anda yang tidak suka dengan rasa obat yang mungkin pahit, getir dan tidak enak, ada beberapa pilihan yang bisa menjadi solusi bagi Anda agar tetap minum obat tetapi juga tetap bisa merasakan enaknya.

Teh uhat Bajakah dan madu uhat bajakah adalah solusi tepat bagi Anda yang tidak suka dengan rasa obat yang terkenal pahit. Meskipun sebenarnya rasa dari rebusan murni dari uhat bajakah ini tidak terlalu pahit tetapi dengan olahan teh dan madu akan menjadikan Anda semangat dalam mengonsumsi obat ini.

Selain enak, olahan teh dan madu ini sudah banyak sekali dipasarkan dimana-mana. Bukan hanya di Kalimantan saja, kini dengan semakin canggihnya teknologi, pemasaran teh dan madu bajakah bisa dilakukan secara online atau melalui internet.

Semakin kesini, banyak sekali pelaku bisnis yang memasarkan produk seperti ini baik melalui instagram, facebook, toko online maupun secara langsung. Selain memudahkan penjual, hal seperti ini juga sangat memudahkan konsumen untuk mencari dan berbelanja dari rumah.

Testimoni Teh Bajakah Sebagai Obat

 

Berdasarkan testimoni teh bajakah dari banyak orang yang rajin mengonsumsi teh ramuan ini sebagai obat, ada progres kesehatan yang bisa didapatkan setelah meminumnya dengan rutin.

Umumnya, untuk pencegahan Anda hanya perlu meminumnya satu kali dalam sehari, namun jika untuk pengobatan aturan pakainya adalah dua sampai tiga kali minum dalam sehari.

 

Cara Penyajian Teh Bajakah

 

  • Siapkan air mendidih dan perhatikan air jangan sampai suhunya berkurang menjadi hangat atau bahkan dingin
  • Masukkan 1 sachet teh bajakah yang sudah Anda beli
  • Tunggu beberapa waktu agar air berubah warna menjadi kecoklatan
  • Sajikan pada cangkir atau gelas
  • Teh siap untuk dinikmati
  • Jangan lupa untuk letakkan teh yang belum diseduh ditempat yang sejuk dan terhindar dari paparan matahari secara langsung!

 

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai teh bajakah dan testimoni teh bajakah yang menjadi obat tradisional viral baru-baru ini. Semoga dengan ini sedikkit menjawab rasa penasaran Anda semua ya! Semoga bermanfaat.