Teh Bajakah, Manfaat dan Cara Pengolahannya. Banyak manfaat kayu bajakah yang penting dan wajib dicoba. Apakah kamu pernah mendengar tentang manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker yang sempat viral beberapa waktu yang lalu? Kayu yang asalnya dari Pulau Kalimantan tersebut diklaim mampu menyembuhkan penyakit kanker. Konon kabarnya penduduk asli Kalimantan yaitu suku Dayak sering menggunakan kayu tersebut sebagai obat berbagai macam penyakit.

Manfaat tentang kayu bajakah pertama kali ditemukan oleh 3 orang pelajar Indonesia yang mengikuti World Invention Creativity Olympic di Seoul, 2019 yang lalu. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus ditemukan bahwa kayu bajakah mengandung flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk menangkal kanker. Inilah berbagai manfaat kayu bajakah:

Menangkal Efek Radikal Bebas

Radikal bebas adalah senyawa beracun yang bisa mendatangkan banyak masalah gangguan kesehatan pada tubuh. Radikal bebas biasanya disebabkan oleh polusi seperti asap kendaraan, pola makan tidak sehat, suka merokok dan sebagainya.

Radikal bebas menyebabkan terjadinya penuaan dini serta memicu munculnya penyakit kanker. Nah, dengan mengkonsumsi kayu bajakah maka efek buruk radikal bebas pada tubuh bisa dicegah sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan. Secara tidak langsung tubuh juga akan terhindar dari kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Mencegah Infeksi pada Tubuh

Berdasarkan penelitian, ekstrak kayu bajakah memiliki khasiat untuk mencegah timbulnya infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri terutama E.coli. Manfaat tersebut diperoleh berkat adanya kandungan beberapa senyawa antioksidan alami seperti flavonoid, tanin, saponin dan polifenol.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau imunitas tinggi pasti akan lebih sehat karena penyakit tidak mudah menyerang. Tubuh membutuhkan asupan antioksidan agar kemampuan menangkal penyakit meningkat. Di dalam kayu bajakah kamu bisa mendapatkan senyawa antioksidan cukup lengkap untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Sebagai Obat Disentri

Kayu bajakah juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit disentri serta masalah kesehatan lainnya yang muncul akibat infeksi bakteri. Adanya infeksi pada usus akan memicu seseorang mengalami diare yang bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Kayu bajakah melawan bakteri penyebab infeksi yang menyerang pada organ pencernaan. Dengan begitu gangguan disentri dan diare bisa diatasi dengan cepat.

Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat lainnya dari kayu bajakah adalah untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Senyawa tanin dan saponin yang ada pada kayu bajakah berkhasiat untuk menghentikan pendarahan dan merangsang terbentuknya pembuluh darah yang baru pada luka. Dengan demikian maka proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Untuk mendapatkan manfaat dari kayu bajakah maka kamu harus tahu bagaimana cara pengolahan yang benar. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah kayu dan akar pohon bajakah. Adapun cara untuk mengolah kayu bajakah menjadi obat herbal adalah sebagai berikut :

  • Potong-potong batang kayu bajakah hingga berbentuk ukuran kecil dan tipis.
  • Jemur kayu pada tempat yang terkena sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Hancurkan kayu bajakah hingga menjadi bubuk yang benar-benar halus. Kamu bisa menghaluskan kayu bajakah secara manual maupun memakai blender.
  • Simpan bubuk kayu bajakah dalam wadah kering dan tertutup.
  • Seduh bubuk kayu bajakah dengan air panas menggunakan perbandingan 1 gram bubuk kayu dilarutkan dalam 500 ml air matang.
  • Bubuk kayu bajakah siap untuk dikonsumsi.

Itulah berbagai manfaat baik dari kayu bajakah. Bagaimana? Setelah mengetahui manfaat kayu bajakah kamu tertarik untuk mencobanya? Namun perlu diingat bahwa pemanfaatan kayu bajakah untuk pengobatan skala besar seperti kanker perlu dilakukan dengan konsultasi pada dokter agar lebih aman.

Manfaat Minum Air Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Kayu bajakah adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kayu bajakah ini tumbuh di hutan yang berada di Kalimantan. Kayu bajakah diambil dari akar tanaman bajakah tampala, atau yang memiliki nama lain spatholobus littoralis hask.

Tanaman bajakah ini merupakan jenis tanaman rambat, yang memiliki kayu yang bisa dijadikan obat herbal, dan sudah dipercaya sejak dahulu kala oleh masyarakat di Kalimantan. Selain dipercaya sebagai tanaman herbal, tanaman herbal juga dianggap sebagai tanaman yang mistis.

Kayu bajakah ini memiliki kandungan tannin, fitonutrien, saponin, terpenoid dan flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, meminum air kayu bajakah sangat bagus untuk kesehatan. Berikut manfaat meminum air kayu bajakah untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pertama minum air dari kayu bajakah, yaitu bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Minum air dari kayu bajakah ini bisa membantu menyerang virus dan bakteri penyebab sakit.

Karena kayu bajakah memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, yang bisa menjaga sistem imun tetap kuat. Kayu bajakah ini terkenal dengan kandungan saponin, yang fungsinya untuk membuat sistem kekebalan tubuh manusia menjadi lebih kuat, dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kayu bajakah juga membantu mencegah penyakit autoimun, yang merupakan penyakit berbahaya bagi manusia. Karena penyakit ini bisa melumpuhkan sistem kerja organ di dalam tubuh.

Melawan Kanker

Setelah adanya penelitian dari kayu bajakah ini, maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan, kalau kayu bajakah ini memiliki banyak sekali kandungan zat, yang bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Kayu bajakah ini sangat kaya akan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak sel di dalam tubuh manusia, dan bisa menyebabkan penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kayu bajakah ini adalah fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid dan alkaloid. Kandungan inilah yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker.

Kayu bajakah merupakan obat herbal, yang dipercaya bisa membantu mempercepat menyembuhkan luka. Hal ini sudah dipercaya dari dulu di Kalimantan, khususnya suku Dayak.

Selain membantu menyembuhkan luka, kayu bajakah ini bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi di tubuh. Karena kayu bajakan memiliki kandungan yang membantu membentuk dan meregenerasi pembuluh darah, yang mengalami pendarahan dan terluka.

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik dan tanin ini yang bisa membantu menyembuhkan luka, karena memiliki sifat angiogenesis.

Mencegah Penuaan Dini

Kayu bajakah juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minum air kayu bajakah, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, seperti kerutan, munculnya noda hitam di kulit, kantong mata yang menggelap dan juga kulit wajah yang mengendur.

Kayu bajakah memiliki kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia, yang bisa membantu memproduksi kolagen di dalam kulit, mencegah radikal bebas, dan membantu menjaga kulit tetap awet muda.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Cara mengonsumsi kayu bajakah sangatlah mudah. Sebelum membuat minuman kayu bajakah, bisa menyiapkan beberapa kayu bajakah, lalu menjemur kayu bajakah sampai kayu tersebut kering.

Setelah itu, kayu bajakah bisa diiris menjadi lebih kecil, kemudian tumbuk kayu bajakah sampai menjadi halus. Kemudian ambil kurang lebih 1 gram kayu bajakah yang sudah menjadi bubuk, dan campurkan dengan 500ml air.

Kayu bajakah yang sudah disebuh memiliki warna cokelat, dan hampir merupai seduhan teh. Minuman ini bisa dinikmati setiap hari, untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menghindari penyakit kanker.

Manfaat dari teh bajakah ini bisa kamu dapatkan di Uhat Bajakah dengan salah satu produknya yaitu Teh Uhat Bajakah.