Teh Bajakah untuk Diabetes. Bagi anda yang saat ini memiliki penyakit diabetes atau  memiliki keluarga yang menderita diabetes tentu sedang bingung mencari segala obat yang bisa mengobatinya dengan cepat.

Beberapa cara mungkin sudah anda coba demi kesembuhan dari penyakit tersebut. Tahukah anda bahwa ada resep viral yang katanya bisa mengobati penyakit diabetes ?… ya!,

Baru-baru ini ramai sekali dibicarakan bahwa ada obat manjur ramuan tradisional dari Kalimantan yang dipercayai mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang salah satunya yaitu diabetes.

Kira-kira kayu bajakah itu apa ya ? dan bagaimana bisa hanya dengan kayu bisa digunakan untuk bahan obat yang sangat manjur ? simak penjelasan dibawah ini ya !

Apa itu kayu bajakah ?

Bajakah sebenarnya adalah istilah dari masyarakat dayak untuk menyebutkan nama dari batang sebuah pohon tunggal yang banyak tumbuh secara liar di Hutan Kalimantan Tengah.

Kayu dari tumbuhan ini dinamakan kayu bajakah yang telah lama dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai tumbuhan yang bisa digunakan untuk proses penyembuhan.

Dari kepercayaan yang ada menjadikan tumbuhan ini digolongkan menjadi tanaman obat dan sudah digunakan dari sejak nenek moyang hingga turun temurun sampai saat ini.

Tanaman obat ini tumbuh di bagian hutan yang rimbun dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Cara hidupnya yaitu dengan merambat pada tumbuhan lain. Meskipun hidup dengan merambat, tumbuhan ini tetap memiliki batang yang kuat dan akar yang dalam serta tumbuh tinggi.

Tanaman obat ini bukan termasuk golongan tumbuhan yang langka. Untuk mendapatkannya kita bisa mencarinya di Hutan Kalimantan. Keberadaannya masih sangat banyak dijumpai sehingga banyak pula yang memanfaatkan tumbuhan ini dalam urusan bisnis yaitu untuk perdagangan.

Sekarang ini kayu dari tumbuhan ini banyak dipasarkan di tempat-tempat perbelajaan maupun pasar online dan media sosial. Produk yang dijual dari hasil tumbuhan ini yaitu kayu atau akar yang telah diproses sehingga bisa digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit.

Tidak hanya di Kalimantan saja, resep dari ramuan ini kini telah meluas dengan adanya teknologi seperti saat ini. Pengobatan dengan ramuan tradisional seperti ini sudah menjadi ramuan yang digunakan oleh seluruh masyarakat nusantara berkat khasiat dari zat yang terkandung di dalamnya.

Kandungan kayu bajakah

Dipercayai sebagai tanaman obat, tentu anda akan menjadi penasaran dengan kandungan apa saja yang terdapat di dalam kayu bajakah ini. Mari baca dan simak apa saja yang terkandung dalam tanaman obat ini sehingga bisa digunakan sebagai obat dari penyakit diabetes yang mungkin sedang dialami oleh banyak orang saat ini.

Berbagai sumber mengatakan bahwa terdapat 40 jenis fitokimia yang terkandung dalam tanaman bajakah. Beberapa diantaranya yaitu : Fenolik, Steroid, Flavonoid, Saponin, Alkonoid, dan Terpenoid.

Setelah mengetahui apa saja yang terkandung dari obat tradisional tersebut, kira-kira apa saja yang menjadi khasiat dari obat ini ya?

Kayu bajakah untuk diabetes

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, terungkap fakta bahwa senyawa yang terkandung dalam kayu bajakah mampu mendukung proses penyembuhan dari penyakit diabetes.

Tidak hanya itu, khasiat dari obat tradisional ini juga dapat menyembuhkan penyakit lain seperti kangker, tumor, asam urat, darah tinggi, prostat, stroke, asma, ambeyen, amandel, lambung, gondok dan masih banyak lagi.

Meskipun memiliki banyak khasiat yang besar untuk penyembuhan berbagai penyakit, obat ini tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Beberapa dokter ahli menegaskan bahwa resep bajakah ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh orang tanpa gangguan penyakit fisik. Hal ini berarti hanya orang yang menderita penyakit saja yang bisa menggunakannya sebagai obat.

Cara mengonsumsi kayu bajakah untuk diabetes

Setelah cukup panjang membahas tentang apa itu kayu bajakah, kandungan dan khasiatnya, sebenarnya bagaimana sih caranya mengonsumsinya untuk berobat! berikut adalah tips sederhana yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya.

  • Siapkan kayu bajakah dan potong menjadi tiga sampai lima potongan kecil
  • Cuci bahan yang sudah disiapkan dengan air bersih dan mengalir
  • Siapkan panci dan air untuk direbus sebanyak sekitar 400ml
  • Tunggu hingga air setengah mendidih
  • Masukkan kayu bajakah yang sudah dipotong dan dicuci sebelumnya
  • Tunggu hingga 5 menit
  • Saring air hasil rebusan dan pisahkan dari kayu bajakahnya
  • Siapkan dengan penyajian di gelas dan minum air rebusan yang sudah disaring sebelumnya

Dari kedelapan uraian langkah tersebut tentu mudah bukan, jika dipraktikkan secara langsung? Lalu apakah ada aturan khusus dalam meminumnya ? tentu! semua obat pasti memiliki aturan khusus untuk dosis maupun waktu mengonsumsinya.

Aturan pakai yang wajib diperhatikan sebelum minum

Samahalnya dengan obat atau ramuan yang lainnya, pasti semuanya memiliki aturan pakai yang harus diikuti.

Beberapa dokter mengatakan bahwa obat tradisional ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Aturan pakai yang disebutkan adalah bahwa obat tradisional ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang yang mengidap sebuah penyakit saja dan tidak bisa digunakan oleh orang dalam keadaan sehat.

Cara minumnyapun hanya bisa dikonsumsi maksimal 2 kali dalam sehari. Dianjurkan saat meminumnya dalam keadaan perut kosong atau jam sebelum makan. Waktu yang tepat untuk meminumnya yaitu saat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

Obat tradisional yang enak diminum

Pada umumnya, kebanyakan obat pasti memiliki rasa yang tidak enak. Bisa jadi rasanya pahit, legit, asam atau semacamnya. rasa tidak enak dari obat seringkali membuat orang menjadi malas dan enggan untuk meminum obat. Namun hal ini tidak akan terjadi bagi anda yang berkeinginan untuk memilih ramuan kayu bajakah sebagai obat dari diabetes anda.

Menurut testimoni dari banyak orang yang rutin mengonsumsinya, hasil rebusan air kayu bajakah untuk diabetes ini terasa seperti air putih biasa, hanya saja rasanya lebih segar dari air biasanya.

Rasa yang tidak meninggalkan bekas di lidah dari air rebusan ini menjadikan orang senang mengonsumsinya. Selain mendapatkan kesegaran dari minumannya, anda juga akan mendapat manfaat kesembuhan dari penyakit melalui minuman ini. Hanya dengan serasa minum air biasa anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Produk hasil olahan kayu bajakah

Kemanfaat yang bisa diambil dari kayu bajakah selain dalam hal kesehatan sebagai ramuan obat tradisional adalah juga bermanfaat dalam hal ekonomi.

Dengan meluasnya tren kayu bajakah sebagai obat tradisional yang mujarap untuk berbagai penyakit yang salah satunya adalah diabetes, memancing ide usaha bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Banyak pelaku bisnis yang sengaja mengangkat berbagai jenis produk olahan dari bahan ini untuk dijual. Olahan bahan yang tersedia beraneka ragam diantaranya diolah menjadi produk teh bajakah atau juga dijual asli dalam bentuk potongan kayu kecil-kecil dan dikemas. Selain itu kreativitas dari pedagang juga semakin bervariasi dengan persaingan yang ada. Salah satunya yaitu dengan mengeluarkan produk unggul seperti uhat bajakah berupa teh uhat bajakah dan madu uhat bajakah

Uhat bajakah berupa teh uhat bajakah dan madu uhat bajakah saat ini sudah banyak dipasarkan dimana-mana. Produk ini bisa dijumpai dibeberapa toko. Selain itu produk ini juga banyak ditemukan di media sosial serta pasar online seperti shopee, lazada, dan yang lainnya.

Teh uhat bajakah dan madu uhat bajakah

Produk seperti teh uhat bajakah dan madu uhat bajakah adalah pilihan mudah yang bisa diambil oleh penderita sakit diabetes. Beberapa kemudahan yang bisa dirasakan diantaranya yaitu :

  • Dari segi rasa produk ini memiliki rasa yang enak

Mungkin bagi para penderita penyakit diabetes mereka akan sangat menjaga untuk tidak makan dan  minum sesuatu yang manis. Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi sesuatu yang manis untuk menghindari kadar gula yang naik. Solusi tepat yang bisa dipilih yaitu dengan mengonsumsi produk ini.

Dengan teh dan madu uhat bajakah penderita bisa mengonsumsi obat dengan tidak perlu merasa pahit atau yang lainnya. Obat dengan olahan bahan yang sudah diproses dengan sangat baik ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mendapatkan rasa yang nikmat konsumen juga bisa merasakan khasiat yang ampuh dari produk ini.

  • Mudah dicari dipasar online

Dengan teknologi yang sekarang semakin canggih, semua media sosial sekarang didalamnya sudah terdapat fitur pasar online seperti market place yang ada di facebook dan instagram, shopee, lazada, tokopedia, dan yang lainnya.

Produk olahan bajakah ini bisa dengan mudah dicari di pasar online. Didukung lagi dengan teknologi pembayaran yang bisa melalui online. Dengan hanya klik dan klik kini bisa berbelanja dari rumah dan barangnya akan datang sendiri tanpa kita perlu repot keliling toko.

  • Tidak ribet dan praktis

Dengan produk yang siap konsumsi, kini tidak perlu lagi untuk ribet seperti orang desa yang harus pergi ke Hutan terlebih dahulu, kemudian mencari kayu dan memotongnya kecil-kecil lalu merebus, menyaring dan baru bisa menikmatinya. Dengan membeli produk yang siap konsumsi seperti ini akan sangat membantu anda untuk menjadi lebih mudah. Ada beberapa produk yang bisa siap seduh dan ada pula beberapa produk yang bahkan langsung siap minum.

  • Mendapatkan manfaat yang sama

Sama seperti meminumnya dengan cara memasak yang alami, produk instan ini tetap memiliki kandungan yang sama seperti sebelumnya. Proses pengolahan tidak akan mengurangi zat yang terkandung di dalamnya sehingga manfaat yang didapatkan juga tetap optimal.

Setelah membaca dari penjelasan diatas kira-kira bisa menjawab rasa penasaran yang selama ini  hinggap lama di pikiran ya?

Memang benar menurut testimoni dari banyak orang kayu bajakah memiliki khasiat yang bisa dipercaya sebagai obat dari berbagai penyakit khususnya diabetes. Meskipun sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah tentang kandungan yang terdapat di dalamnya tetapi labih baiknya saat kita mengalami keluhan sakit tetap pergi untuk melakukan konsultasi ke dokter ya!

Obat tradisional juga tetap sah dipakai asalkan sudah berkonsultasi ke ahlinya.  Jadi bukan berarti obat tradisional itu dilarang namun kita harus tetap bijak dalam memutuskan sesuatu terutama dalam hal kesehatan diri kita sendiri