Khasiat teh bajakah untuk kanker serviks. Kanker serviks merupakan perkembangan sel tidak terkontrol (kanker) yang terjadi pada leher rahim. Leher rahim ataupun serviks ialah bagian dari saluran reproduksi perempuan yang menghubungkan Miss V dengan rahim ataupun uterus. Seluruh perempuan berisiko mengidap kanker ini. Tetapi, perempuan yang aktif secara intim cenderung lebih terbawa-bawa.

Pada sesi awal, kanker serviks umumnya tidak memunculkan indikasi yang gampang dikenali. Indikasi sangat umum kanker serviks merupakan perdarahan yang tidak wajar. Misalnya perdarahan sehabis berhubungan seks, di luar siklus haid, ataupun sehabis menopause.

Walaupun demikian, Kamu belum pasti mengidap kanker serviks apabila terjadi perdarahan. Buat memperoleh penaksiran yang tepat, hendaknya Kamu bertanya pada dokter. Bila dicurigai ada kanker serviks, Kamu akan dirujuk ke dokter spesialis.

Tingginya angka kematian pengidap kanker serviks di Indonesia diprediksi sebab keterlambatan penaksiran. Saat akan memeriksakan kondisi, maka biasanya kanker tersebut telah banyak menyebar ke berbagai organ lainnya di tubuh. Perihal ini kesimpulannya menyulitkan penyembuhan.

Penafsiran dari suatu kanker serviks ini yaitu kanker yang telah terjadi pada saat ada beberapa sel di leher rahim yang diketahui tidak normal dan juga tumbuh tanpa terkontrol. Leher rahim alias serviks merupakan organ yang berupa semacam tabung. Gunanya ialah menghubungkan Miss V dengan rahim.

Sel-sel abnormal tersebut dapat tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya tumbuh jadi penyebab kanker serviks.

Kanker leher rahim ini merupakan salah satu tipe kanker yang sangat banyak terjadi pada perempuan di seluruh dunia. Tetapi, uji pap smear selaku salah satu uji buat penaksiran yang dilakukan secara teratur bisa menolong mengenali terdapatnya kanker leher rahim semenjak awal.

Kanker ini kerap kali masih dapat dipulihkan bila ditemui sejak dini. Tidak hanya itu, terdapat sebagian tata cara buat mengatur resiko kanker leher rahim, yang membuat angka permasalahan kanker ini menyusut.

Apa Saja Aspek Resiko Kanker Serviks?

 Di samping virus HPV yang jadi penyebab kanker serviks. Ada sebagian aspek resiko yang lain yang ikut bisa memperbesar kesempatan seorang perempuan hadapi kanker serviks.

Aspek resiko ini dapat dari bermacam hal. Baik sebab lingkunga , ataupun style hidup yang tidak sehat. Jadi tanpa adanya salah satu ataupun beberapa aspek resiko dari kanker serviks, maka seorang perempuan itu bisa jadi tidak akan bisa mengalami penyakit tersebut.

Berikut bermacam-macam aspek resiko kanker serviks:

Mempunyai kebiasaan bergonta-ganti pasangan seks

Hobi bergonta-ganti pendamping saat melaksanakan hubungan intim menempatkan Kamu pada resiko besar buat terinfeksi virus HPV yang berujung jadi penyebab kanker serviks. Semakin banyak jumlah orang yang sempat melaksanakan hubungan intim dengan Kamu ataupun pendamping Kamu, akan semakin besar pula kesempatan Kamu buat terserang virus HPV.

Melakukan seks sangat dini

 Tidak hanya sebab mempunyai banyak pasangan dalam berhubungan seks, kegiatan intim yang dilakukan sangat dini nyatanya pula dapat memperbesar resiko Kamu terkena virus HPV yang nantinya hendak jadi penyebab kanker serviks.

Kenapa perihal ini dapat jadi pemicu kanker serviks? Alasannya pada usia ini struktur dari organ reproduksi termasuk juga serviks akan lebih rentan terhadap suatu peradangan virus HPV. Anak akan jauh lebih gampang menderita virus yang dapat jadi pemicu kanker serviks ini bila anak anak muda tidak memperoleh vaksinasi HPV.

Merokok

Rokok itu bukan cuma akan jadi pemicu penyakit kanker paru-paru ataupun juga kanker yang lainnya termasuk kanker serviks. Tetapi, orang-orang yang berada di sekitar perokok aktif pula mempunyai resiko yang sama buat terpapar zat beresiko tersebut. Perkaranya, zat ini berpotensi jadi pemicu Kamu hadapi kanker leher rahim.

Zat berbahaya yang biasa terdapat di dalam sebuah rokok itu akan diserap langsung ke dalam paru-paru. Dan nantinya akan dibawa menuju ke seluruh tubuh dengan melewati aliran darah. Tidak heran bila kebiasaan ini tingkatkan resiko perempuan hadapi kanker serviks.

Perihal ini disebabkan zat beresiko yang terdapat di dalam rokok jadi pemicu rusaknya DNA pada sel serviks, yang setelah itu berpotensi meningkatkan pemicu dari kanker leher rahim.

Tidak selesai sampai di sana, merokok pula bisa membuat sistem imunitas badan jadi kurang efisien guna memerangi peradangan virus HPV. Oleh sebab itu, bila mempunyai kebiasaan ini, segeralah menyudahi serta jalani deteksi awal kanker serviks, misalnya pap smear ataupun uji IVA buat mengenali keadaan kesehatan Kamu.

Mempunyai sistem imunitas badan yang lemah

 Badan tiap orang dilengkapi dengan sistem imunitas ataupun sistem imun yang bertugas buat memerangi bermacam virus, termasuk virus HPV. Kala sistem imun badan lemah, otomatis akan mempermudah virus HPV buat masuk serta tumbuh di dalam.

Umumnya, sistem imun badan yang lemah lebih rentan dirasakan oleh orang yang hadapi penyakit HIV/AIDS. HIV ialah kependekan dari human immunodeficiency virus, yang pula bisa menimbulkan terbentuknya AIDS. Perempuan yang hadapi penyakit HIV/AIDS mempunyai imunitas badan yang lemah. Apalagi pada perempuan dengan HIV, waktu pertumbuhan virus HPV dapat cenderung lebih cepat.

Alami peradangan meluas di bagian intim lain

 Bila tadinya Kamu telah terserang penyakit peradangan meluas, resiko Kamu dapat semakin besar buat alami kanker serviks. Walaupun bukan pemicu utama, tetapi hadapi penyakit meluas intim akan lebih mempermudah peradangan virus HPV, yang merangsang pertumbuhan sel-sel abnormal yang menimbulkan kanker leher rahim.

Salah satu contoh penyakit meluas intim misalnya klamidia. Klamidia ialah tipe kuman yang bisa memunculkan peradangan pada sistem reproduksi. Kuman yang satu ini umumnya meluas lewat kontak intim.

Tetapi sayangnya, peradangan klamidia yang dirasakan oleh seorang perempuan kadangkala tidak memunculkan indikasi yang mencolok. Terkadang seorang perempuan tidak mengetahui jika dirinya tengah hadapi klamidia sampai dilakukan pengecekan. Tidak hanya klamidia, masih terdapat penyakit meluas intim yang lain yang dapat jadi penyebab kanker serviks, ialah gonore serta sifilis.

Memakai kapsul KB jangka panjang

Minum kapsul KB dalam jangka waktu lama, khususnya lebih dari 5 tahun, bisa jadi salah satu pemicu Kamu alami kanker serviks. Resiko dari keadaan ini umumnya akan semakin bertambah bersamaan dengan semakin lamanya Kamu memakai kontrasepsi oral ataupun kapsul KB.

Tetapi sehabis tidak lagi memakai kapsul KB, resiko ini dapat menyusut. Apalagi, kondisinya bisa kembali wajar setelah menyudahi dari kapsul KB selama sekitar 10 tahun.

Sebagai solusi terbaiknya, coba konsultasikan terlebih dulu dengan dokter saat sebelum memakai kontrasepsi oral. Terlebih bila Kamu mempunyai satu ataupun lebih aspek resiko kanker serviks.

Mempunyai riwayat keluarga pernah terserang kanker serviks

Tidak menutup mungkin, kesempatan Kamu hadapi kanker serviks pula dapat menyusut di dalam keluarga. Misalnya, bila ibu ataupun kerabat perempuan Kamu pernah menderita kanker serviks, Kamu akan lebih rentan mengalaminya dibanding perempuan lain yang tidak mempunyai riwayat kesehatan keluarga.

Kecenderungan hadapi keadaan ini diakibatkan oleh keadaan bawaan. Walhasil, keadaan tersebut membuat seorang perempuan kurang mempunyai keahlian buat melawan peradangan virus HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks.

Memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat

 Mengerti kah Kamu kalau pola makan yang kurang sehat bisa jadi pemicu terbentuknya kanker serviks? Ya, terdapat sebagian makanan yang merangsang keadaan ini terjadi pada sebagian besar perempuan. Alasannya, kebuasaan makan yang kurang sehat bisa merangsang seseorang buat hadapi kenaikan berat badan.

Sedangkan untuk orang yang memiliki berat badan berlebih itu memang akan memiliki resiko yang dianggap lebih besar terserang penyakit kanker serviks. Oleh karena itu, jauhi makanan-makanan yang berpotensi tingkatkan berat badan.

Selaku contoh, junk food ataupun makanan cepat saji, makanan yang kaya akan lemak jenuh, daging merah, sampai alkohol. Lebih baik mengkonsumsi banyak makanan pencegah kanker serviks serta jalani style hidup yang bisa menolong menghindari kanker leher rahim ini.

Adanya kanker ini bisa Anda coba obati dengan menggunakan obat herbal yang berasal dari kayu bajakah dalam bentuk teh bajakah. Produk ini sudah banyak terjual di pasaran tinggal Anda harus teliti dalam memilih supaya tidak tertipu.

Kandungan Teh Kayu Bajakah

 Lebih lanjut, terdapat beberapa senyawa baik yang terkandung di dalam kayu bajakah. Di antaranya sebagai berikut:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Manfaat Unggul

 Kayu bajakan berpotensi menjadi obat untuk atasi kanker. Kayu bajakah memang dinilai memiliki manfaat kesehatan untuk manusia. Hal ini bisa Anda lihat dari masyarakat sekitar yang telah menggunakan tanaman herbal ini untuk mengatasi masalah kesehatan. Berikut beberapa khasiat teh bajakah yang bisa diolah jadi teh dinilai baik untuk kesehatan tubuh:

Obat Kanker

 Manfaat kayu bajakah selanjutnya yaitu dipercaya sebagai obat kanker. Manfaat kayu bajakah yang satu ini sempat heboh di masyarakat Indonesia. Penelitian kayu bajakah yang diaplikasikan di tubuh tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Meski penelitian ini memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan bahwa manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut. Ini karena adanya keterbatasan penelitian sebelumnya yang baru memperlihatkan positif dari efek kayu bajakah pada hewan.

Meningkatkan Imunitas

 Manfaat kayu bajakah yang terdapat dalam olahan teh pertama adalah untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Manfaat bajakah ini didapat berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencoba menyeduh teh kayu bajakah rutin setiap hari, terutama pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong.

Kaya Antioksidan

Menurut penelitian yang telah dilakukan, akar bajakah ditemukan memiliki kandungan antioksidan melimpah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis antioksidan yang terkandung dalam akar bajakah berperan dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya.

Mempercepat Penyembuhan Luka

 Manfaat bajakah yang kedua yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka. Bajakah juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta dapat menghentikan perdarahan pada luka.

Ini tidak lepas dari kandungan senyawa saponin dan tannin yang ada pada bajakah. Senyawa-senyawa ini diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Hal ini tentu sangat berguna untuk mendukung proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah bisa menjadi pilihan untuk mengobati luka.

Menangkal Radikal Bebas

 Khasiat teh bajakah yang ketiga yaitu dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, akan menyebabkan kerusakan pada sel lainnya, hingga dapat menjadi sumber penyakit.

Bajakah memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain untuk menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga memiliki peran penting lainnya bagi tubuh, seperti untuk penyembuhan penyakit degeneratif, seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

Cobalah menggunakan Teh Uhat Bajakah yang merupakan salah satu produk dari Uhat bajakah. Anda bisa merasakan khasiat teh bajakah untuk mengobati kanker serviks yang di derita.