Bajakah Untuk Kesehatan Terdapat di Teh Bajakah. Beberapa tahun yang lalu ada kehebohan tentang manfaat kayu Bajakah untuk kanker. Sangat meresap, tanaman ini  banyak dicari pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, pertanyaannya apakah kayu bajakah bisa menyembuhkan kanker atau tidak?

Kayu Bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan pohon dari pedalaman provinsi Kalimantan yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk menyembuhkan  berbagai penyakit. Selain itu, tanaman ini belum  banyak ditanam karena hanya sedikit orang yang mengetahui kegunaannya.

Bajakah adalah jenis tumbuhan yang tumbuh di pedalaman Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah. Kayu pohon ini telah lama digunakan oleh penduduk setempat sebagai obat  penyakit secara turun temurun.

Anda mungkin pernah mendengar nama kayu ilegal ini. Kayu ini sebenarnya sudah diluncurkan beberapa waktu lalu karena sifat anti kankernya. Pernyataan ini datang dari 3 siswa SMA  Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada ajang World Innovation Olympiad di Seoul, Korea Selatan tahun 2019.

Kayu bajakah sendiri telah diteliti senyawa fenolik, flavonoid, tanin dan saponinnya. Kandungan senyawa dalam tanaman ini dinilai mampu menunjang kesehatan manusia. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pisang raja dapat digunakan oleh manusia sebagai obat oles atau salep.

Mengenal Kayu Bajakah

Spatholobus Littoralis Hassk atau yang dilafalkan “Bajakah” di Indonesia. Ini adalah tanaman yang, untuk penggunaan tradisional  Asia, memiliki efek positif pada kesehatan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Spatholobus Littoralis Hassk memiliki antioksidan  yang sangat baik yang dapat mencegah radikal bebas.

Kandungan antioksidan dari tanaman bajakah dikatakan ribuan kali lebih tinggi dari tanaman lain. Bubuk bajakah  bagi pengguna tradisional di Asia memiliki efek positif bagi kesehatan. Dari hutan alam Kalimantan Tengah, campuran ini dikemas dengan antioksidan dan banyak zat baik lainnya.

Bagi Universitas Lambung Mangkurat, tanaman ini mengandung 40 zat yang dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. Zat-zat tersebut antara lain saponin, fenol, steroid, terpenoid, tanin, alkaloid, dan terpenoid.

Ada juga tanin, flavonoid dan fitokimia sehat lainnya seperti steroid. Fitokimia atau fitonutrien yang mengoptimalkan sistem imun tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin A, membunuh sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, dan mendetoksifikasi senyawa penyebab kanker.

Bajakah secara tradisional digunakan oleh suku Dayak. Suku tersebut menggunakan bajakah sebagai obat kanker tradisional. Ini juga berkontribusi pada banyak perhatian senyawa ini dalam beberapa tahun terakhir.

Jenis Kayu Bajakah

Dikutip dari Kraatje, beberapa bagian tanaman Bajakah seperti akarnya kaya akan flavonoid yang baik dan fitokimia yang menyehatkan lainnya. Ada beberapa jenis bajakah, dilansir DetikHealth, yaitu:

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk). Biasa digunakan oleh penduduk pedalaman Kalimantan Tengah karena zat yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan membuat epitel baru. Oleh karena itu, sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Bajakah Lamei. Menurut situs Institut Pertanian Bogor (IPB), itu adalah tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di lahan basah. Cairan dari tanaman ini konon bisa mengobati diare.
  • Bajakah Kalalawit (Uncaria gambir Roxb). Tinggi dalam sifat fenolik dan antibakteri, tanaman ini dikatakan tinggi katekin. Katekin dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan membantu membangun kolagen.
  • Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) adalah spesies pohon dalam famili Hering yang tumbuh setinggi 50 m. Tumbuhan ini sering diperbanyak pada tumbuhan berkayu dari suku Phaseoleae. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Justus Karl Hasskarl, seorang ahli botani Jerman pada tahun 18

Tumbuhan bajakah memiliki 29 jenis yang sebagian besar tumbuh di hutan tropis Indonesia. Daun pohon bajakah tampala berwarna kuning, putih dan coklat, dengan bentuk yang runcing. Di sisi lain, bunganya berwarna ungu, putih dan merah muda dengan bentuk kecil.

Efektivitas akar bajakah dalam pengobatan herbal baru diketahui belakangan ini. Memang ada beberapa senyawa baik yang tercantum  dalam kayu tanah, antara lain:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Phenolic
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tanin
  • Steroid
  • Fenol

.Untuk Kanker Juga Kayu Bajakah Ada manfaat kesehatan lainnya. Apa manfaat Alas Kayu Bajakah tidak hanya untuk kanker? Pohon Bajakah dimanfaatkan oleh masyarakat Dayak sebagai obat herbal alami.

Selama beberapa generasi, mereka telah menggunakan setiap bagian dari kayu selundupan untuk membuat obat. Sedangkan di daerah Return Knife Kalimantan Tengah, manfaat kayu bajakah adalah digunakan sebagai obat disentri, pereda nyeri dan pengobatan luka.

Keuntungan lain dari root hack adalah dapat menghentikan pendarahan. Dalam uji laboratorium, kayu bajakah menunjukkan hasil positif untuk senyawa fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Saponin dan tanin ini mengaktifkan angiogenesis, bagian penting dari proses penyembuhan luka.

Keunggulan Kayu Bajakah

Kayu bajakah memiliki kemampuan untuk membuat obat untuk menyembuhkan kanker. Kayu bajakah dianggap bermanfaat bagi kesehatan  manusia. Hal ini dapat kita amati dari warga sekitar yang telah menggunakan tanaman herbal ini untuk mengatasi masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaat kayu bajakah yang dianggap baik untuk kesehatan tubuh :

Meningkatkan kekebalan

Manfaat kayu bajakah yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Manfaat kayu bajakan ini dikaitkan dengan adanya sejumlah besar antioksidan. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk  mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Keuntungan, Anda dapat mencoba menyiapkan teh kayu atau secara teratur setiap hari, yang paling penting di pagi hari ketika perut selalu kosong.

 Menangani efek luka

Bajakah baik juga dapat mendukung perawatan cedera dan dapat menghentikan cedera pendarahan. Ini tidak dapat dipisahkan dari isi senyawa saponin dan tanin pada kayu. Senyawa  ini diketahui mengaktifkan penciptaan pembuluh  darah baru cedera. Hal ini tentunya sangat membantu dalam membantu proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, penggunaan salep ginkgo biloba atau air matang dapat menjadi pilihan untuk penyembuhan luka.

Menangkal radikal bebas

Keuntungan ketiga dari kayu ilegal adalah dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas merupakan  sel rusak yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ketika tubuh mengandung radikal bebas berlebih yang akan merusak sel-sel lain, hal ini bisa menjadi sumber penyakit.

Kayu bajakah mengandung senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan ini dianggap memiliki kemampuan untuk mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

Selain mencegah efek radikal bebas, antioksidan juga memiliki peran penting lainnya dalam tubuh seperti mengobati penyakit degeneratif seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit jantung dan kanker.

Menyembuhkan Disentri

Manfaat kayu bajakah yang keempat adalah untuk meredakan disentri. Penduduk setempat percaya bahwa khasiat  kayu bajakah juga dapat digunakan sebagai obat disentri atau radang usus yang menyebabkan diare. Pengobatan disentri saluran cerna dinilai lebih cepat karena kandungan zat antibakteri pada kucai kayu.

Pereda Nyeri

Manfaat kayu bajakah selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri. Tidak hanya dianggap memiliki kemampuan untuk meredakan disentri, kayu bajakah juga dianggap oleh warga sekitar dapat membantu meredakan nyeri.

Orang yang sering merasa tidak enak badan karena pekerjaan atau aktivitas lain harus minum air matang atau teh quince. Dengan meminum air kayu bajakah ini rasa sakitnya bisa berkurang dan badan akan terasa lebih ringan.

Obat Anti Penuaan Dini

Khasiat utama kayu bajakah adalah mencegah penuaan dini. Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan akan mencegah kerutan pada kulit, menjadikannya lebih kencang dan halus.

Menghindari infeksi

Manfaat utama screed oak adalah untuk mencegah pembentukan peradangan. Dalam sebuah penelitian, hasil menunjukkan bahwa akar atau ekstrak kayu dari pohon bajakah dapat digunakan untuk mencegah peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Akar kayu giling dapat mencegah infeksi terutama bakteri Escherichia coli. Sifat-sifat tersebut karena adanya kandungan senyawa alami seperti flavonoid, tanin, saponin dan polifenol.

Mencegah rusaknya jantung

Seperti yang kita ketahui bersama, hati memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia. Hati bertanggung jawab untuk menghancurkan racun dalam darah, memproduksi protein dan juga membantu proses pencernaan dalam tubuh manusia. Efektivitas basa bajakah juga dapat mencegah kerusakan hati yang sangat penting bagi tubuh karena aktivitas antioksidan yang dikandungnya berkat senyawa fenolik.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Penduduk lokal khususnya suku Dayak yang percaya bahwa morning glory dapat menurunkan kolesterol, telah membuktikan bahwa mereka jarang menghadapi masalah tentang kolesterol jahat, meskipun studi lebih lanjut dan uji klinis belum selesai.

Menurunkan gula  darah

Manfaat kayu lainnya adalah membantu diabetes. Diabetes biasanya disebabkan oleh fungsi pankreas. Fungsi utama pankreas adalah memproduksi insulin  di dalam tubuh agar gula darah tidak menumpuk di dalam darah.

Mengobati malaria

Dalam kehidupan sehari-hari, penduduk lokal Kalimantan sering pergi ke alam, mencari atau mencari emas atau berlian. Penggunaan kayu gubal untuk pengobatan malaria tersebar luas di hutan.

Dengan  banyaknya manfaat dari akar ginseng Panax yang disebutkan di atas, tidak mengherankan jika banyak  orang yang memburunya sebagai obat herbal. Ada digunakan sebagai obat untuk mengobati kanker payudara, atau untuk mengobati jenis kanker lainnya, dan ada juga jenis yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit degeneratif lainnya.

Melihat banyaknya keuntungan dari kayu ilegal, melihat banyak orang yang menjual kayu ilegal secara acak dan murah, mana yang lebih dulu. Sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Sebelum membeli kayu Bajakah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kayu Bajakah asli, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika Anda ingin merasakan khasiat kayu bajakah ini maka bisa Anda temukan di produk Uhat Bajakah, salah satu produknya yaitu Teh Uhat Bajakah.