Nama kayu Bajakah Kalteng kini sedang mencuat naik daun karena diklaim bisa dijaikan sebagai obat kanker alami. Masyarkat luas pun banyak mencari kayu ini untuk pengobatan berbagai penyakit degeneratif. Untuk mengetahui apa kayu bajakah dan manfaatnya maka simak terus ulasannya sampai selesai.

Mengenal Bajakah Kalteng

Bajakah adalah tanaman khas Kalimantan Tengah yang dipakai secara turun temurun oleh masyarkat Dayak untuk mengobati kanker. Tanaman ini tumbuh subur di lahan gambut dengan cara merambat pada pohon lain.

Bajakah tidak bisa dibudidayakan karena hanya tumbuh pada lokasi rimbun sehingga matahari tidakbisa memasukinya. Seandainya Bajakah Kalteng dibudidayakan maka kandungannya akan berbeda karena struktur zat hara tanahnya berbeda.

Apa itu Bajakah

Akar Bajakah tunggal kini sedang naik daun dalam dunia pengobatan. Bajakah merupakan tumbuhan merambat yang hidup di hutan hujan tropis Kalimantan dan menyimpan khasiat untuk obat kanker.

Nama lengkap kayu ini adalah Bajakah Tampala. Sedangkan nama latinnya yakni Spatholobus Littoralis Hassk. Spatholobus yaitu genus tumbuhan merambat pada pohon kayu dari suku Paseoleae.

Ahli botani asal Jerman bernama Justus Karl Hasskarl menemukan Genus ini tahun 1842. Terdapat 29 jenis genus Spatholobus Hassk yang mayoritas tersebar di hutan hujan Tropis Indonesia.

Bajakah Kalteng banyak hidup di hutan Kalimantan baik yang masuk Indonesia maupun Malaysia. Tanaman ini pun disebut berkerabat dekat dengan Genus Vigna. Vegetasi Vigna ini tumbuh di Pegunungan Kalimanjaro, Afrika.

Di Kalimantan, Bajakah tumbuh sampai ketinggian 50 meter. Daunnya berbentuk tajam dengan warna kuning, putih, dan coklat. Sedangkan bunganya berbentuk kecil dengan variasi warna putih, pink, dan ungu.

Masyarakat Kalimantan telah menggunakan bajakah sebagai obat alami dari dulu kala.Mereka juga menggunakan kayu ini untuk berbagai pengobatan alami.

Awal Mula Penelitian Bajakah

Awal penelitian kayu Bajakah adalah dari Yazid. Dia mempunyai nenek yang mengidap sakit kanker stadium empat. Neneknya sembuh dari sakit tersebut setelah rutin mengonsumsi air Bajakah. Setelah itu, timbul ide Yazid untuk membuktikannya secara ilmiah. Padahal sebelumnya Uhat Bajakah Kalteng ini suka dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Kemudian Yazid bersama dua temannya Aysa dan Anggina melakukan penelitian. Mereka menyuntikan zat penyebab tumor pada seekor tikus putih kecil. Setelah tumor itu tumbuh pada mencit, lalu mereka memberinya ekstrak tanaman Bajakah. Tumor itu pun hilang setelah dua bulan pemberian ekstrak Bajakah.

Untuk mendapatkan ekstrak Bajakah sangatlah mudah. Batang Bajakah dijemur sampai kering. Lalu dicacah untuk merebusnya selama 30 menit.

Air rebusan tersebut berwarna seperti teh dengan rasa hambar yang bisa langsung diminum. Tim peneliti belum bisa mengungkapkan takaran Bajakah Kalteng.

Bajakah Tampala pun telah dibahas dalam Jurnal Ilmiah Ibnu Sina oleh Mochammad Maulidie Alfiannor Saputera dan rekan ilmuwannya. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kayu ini banyak dipakai untuk mengobati berbagai penyakit oleh masyarakt Kalimantan sejak dulu.

Kandungan Farmakologis pada Bajakah

Berbagai jenis tumbuhan banyak mengandung antioksidan yang sangat diperlukan untuk memertahankan kesehatan tubuh. Salah satu tumbuhan yang memiliki antioksidn tinggi adalah Bajakah. Berikut ini adalah macam-macam antioksidan yang terkandung dalam Bajakah Kalteng.

Flavonoid

Yang dimaksud dengan flavonoid adalah kelompok senyawa bioaktif terdapat pada bahan makanan berasal dari tumbuhan. Flavonioid ini sama dengan antioksidan yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Biasanya antioksidan ini memperbaiki sel rusak karena radikal bebas. Bila Anda mengonsumsi suplemen flavonoid maka berguna untuk mengurangi resiko kanker, hipertensi, dan diabetes. Adapun khasiat flavonoid dari Bajakah adalah sebagai berikut:

  • Antioksidan
  • Mengobati alergi, infeksi, radang sendi
  • Untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas
  • Memaksimalkan manfaat vitamin C dalam tubuh
  • Melindungi struktur sel
  • Antibiotik
  • Anti peradangan

Terpenoid

Jika dilihat dari senyawa atau variasi kerangka dasar strukturnya, terpenoid sebagai kelompok senyawa metabolit sekunder terbesar. Kandungan terpenoid ini terdapat banyak pada tanaman tingkat tinggi seperti Bajakah Kalteng.

Namun menurut hasil penelitian jamur, serangga, dan arganisme laut juga menghasilkan terpenoid. Di samping dalam bentuk bebasnya, di alam terpenoid banyak terdpat dalam bentuk iridoid, dan glikosida ester. Adapun manfat dari terpenoid dalam kesehatan adalah:

  • Antiseptik
  • Anti microba
  • Mengatasi gangguan mentruasi
  • Mengurangi peradangan
  • Obat malaria
  • Pengobatan diabetes

Steroid

Senyawa Steroid merupakan obat antiradng karena mempunyai efek yang bagus untuk mengatasi implamasi. Beberapa penyakit perdangan yang diobati oleh steroid yaitu radang usus, radang ginjal, radang mata, rdang rematik, dan asma.

Di samping itu, steroid digunakan sebagai obat untuk stamina. Adapun steroid dalam Teh Uhat Bajakah Kalteng berguna untuk:

  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menjaga stamina tubuh

Tanin

Senyawa Tanin yaitu senyawa polifenol berasal dari tumbuhan dengan rasa pahit dan kelat. Reaksi tanin yaitu dengan menggumpalkan protein atau berbagai senyawa organik lain, seperti asam amino dan alkaloid.

Senyawa tanin terdapat pada banyak tumbuhan yang menimbulkan rasa pahit dan sepat seperti buah muda atau air teh. Tanin berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan melindungi  tumbuhan dari pemangsa herbivora.

Sifat tanin pada tumbuhan tersebut banyak dipakai untuk obat-obatan. Tanin dalam bajakah bermanfaat untuk:

  • Antibakteri
  • Obat diare
  • Antioksidan
  • Anto dotum atau penawar racun

Alkaloid

Senyawa Alkaloid yang terkandung dalam Bajakah Kalteng yaitu senyawa orgnik terdapat di alam dan bersifat basa atau alkali. Atom N (Nitrogen) yang memengaruhi sifat basa dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur aromatis atau lingkar heterosiklik.

Alkaliod dalam dosis kecil bersifat farmakologis bagi hewan dan manusia. Misalnya morfina, reserfina, atrofin, kokain, dan strisina. Maka dari itu, alkaliod dalam Bajakah bermanfaat untuk:

  • Pereda nyeri
  • Menghentikan pendarahan

Fenolik

 

Senyawa Fenolik adalah kelompok senyawa terbesar yang berguna sebagai antioksidan alami pada tumbuhan. Maka dari itu, manusia banyak memanfaatkan senyawa fenolik untuk menangkal radikal bebas karena adanya kandungan antioksidan. Fenolik dalam kayu bajakah bermanfaat sebagai:

  • Antioksidan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah pertumguhan sel kanker
  • Mencegah diabetes

Saponin

Kini banyak orang yang mencari jenis tumbuhan dengan kandungan antioksidan tinggi seperti  Bajakah Kalteng. Masyarakat memercayai bahwa sponin pada kayu ini dapat berguna untuk mengobati berbagai penyakit degeneratif.

Kini kayu ini menjadi primadona dalam dunia pengobatan alami. Konsumen pun banyak mencari kayu ini dengan memesannya ada pra penjual secara online.

Saponin termasuk salah satu antioksidan yang ada pada tumbuhan. Anda bisa memanfatkan saponin yang terkandung pada kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sebagai:

  • Antibakteri
  • Menurunkan kadr kolesterol
  • Melawan sel kanker
  • Mencegah tumor
  • Meningkatkan kekebalan atau imun tubuh

7 Manfaat Bajakah untuk Kesehatan

Nama kayu Bajakah Kalteng kini sedang booming dalam dunia kesehatan. Setelah tiga pelajar SMAN 2  Palangkaraya (Yazid Rafli Akbar,Aysa Aurealya Maharani, dan Anggina Rafitri) meneliti kandungan Bajakah sebagai obat kanker yang dilombakan di Seoul Korea Selatan.

Mereka pun mendapat medali emas dalam lomba tersebut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kayu Bajakah untuk kesehatan yaitu:

Meredakan Disentri

Kandungan antibakteri yang ada pada Bajakah bisa untuk mengobati sakit diare. Soalnya kayu Bajakah efektif untuk mengobati disentri atau infeksi pada usus sebagai faktor penyebab diare.

Memang masih jarang orang mengenal bahwa kayu ini bisa untuk mengobati disentri pada saluran pencernaan. Padahal salah satu manfaatnya untuk mengobati diare dengan cepat.

Mengatasi Pegal-Pegal

Aktivitas sehari-hari  dalam jangka lama bisa menyebabkan badan pegal-pegal. Bila Anda merasa tubuh pegal-pegal maka manfaatkanlah Madu Uhat Bajakah Kalteng untuk merilekskan kembali otot-otot.

Ada beberapa cara untuk mengambil manfaat dari kayu ini. Anda bisa merebusnya atau meyeduh teh Bajakah.

Menyembuhkan Luka

Adakalanya tanpa sengaja Anda terluka baik saat beraktivitas di rumah, tempat bekerja, atau di luar ruangan. Pendarahan harus segera dihentikan agar bagian yang terluka tidak terus-terusan mengeluarkan darah.

Banyak orang menggunakan kayu ini untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan. Manfaat ini berasal dari kandungan saponin dan tanin dari Bajakah.

Kedua senyawa tersebut dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada bagian tubuh yang luka. Cara mengobatinya yaitu dengan mengoleskan salep Bajakah Kalteng atau meneteskan air rebusan kayu ini.

Mengobati Kanker

Obat kanker alami bisa memanfaatkan kayu Bajakah. Penelitian dari labortorium Universitas Lambung Mangkurat menunjukan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu pada percobaan tikus putih.

Meskipun hasil penelitian Universitas tersebut menunjukan hasil positif, tetapi Kementrian Kesehatan RI menyatakan hal lain. Kementrian Kesehatan mengatakan masih perlu penelitian lebih lanjut kayu Bajakah untuk obat kanker.

Pasalnya ada keterbatasan dari penelitian sebelumnya yang memperlihatkan khasiat Bajakah untuk kesehatan hewan. Sebaliknya masyarakat luas sudah memercayai bahwa kayu ini berkhasiat untuk mengobati tumor atau kanker. Mereka pun menggunakannya untuk mengobati penyakit tersebut.

Meningkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh memang harus dipertahankan agar selalu sehat. Bila daya tahan tubuh menurun maka akan mudah terkena berbagai macam penyakit.

Salah satu cara meningkatkan imunitas secara alami adalah dengan memanfaatkan kayu Bajakah Kalteng. Soalnya Bajakah mengandung antioksidan yang tinggi.

Oleh karena itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menghindari serangan penyakit. Anda bisa mengonsumsi teh seduh Bajakah saat perut masih kosong untuk meningkatkan imunitas.

Mencegah Infeksi Bakteri

Sebenarnya masih banyak orang tidak mengetahui manfaat Bajakah untuk mencegah infeksi tubuh. Menurut hasil penelitian ekstrak Bajakah dapat mencegah infeksi bakteri khususnya Echercia coli.

Manfaat ini berasal dari kandungan saponin, tanin, polifenol, dan flavonoid. Maka dari itu, banyak orang memanfaatkan kayu ini sebagai herbal untuk mengobati penykit degeneratif.

Bajakah juga bisa bermanfaat untuk menghambat bakteri seperti Staphylococcus aureus. Sebab itu, jangan lupa mengonsumsi teh Bajakah saat Anda memerlukannya untuk kesehatan.

Menangkal Radikal Bebas dan Penuaan Dini

Radikal bebas adalah sel-sel tubuh yang rusak dan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Seandainya tubuh mempunyai radikal bebas berlebih maka akan menjadi sumber penyakit.

Kandungan senyawa fenolik bermanfaat sebagai antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, kayu ini berguna untuk mengobati penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, kerusakan hati, dan kardiovaskuler.

Selain itu, antioksidan yang tinggi pada Bajakah dapat mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan kulit yang sehat Anda bisa mengonsumsi seduhan teh Bajakah.

Kayu Bajakah sedang naik daun dalam pengobatan alami karena mempunyai antioksidan tinggi. Bajakah Kalteng pun banyak dicari untuk mengobati berbagai penyakit degeneratif secara alami.